Inilah Mercedes Benz E-Class 2017 Baru, Apa Pendapatmu?

Inilah Mercedes Benz E-Class 2017 Baru, Apa Pendapatmu?
0  komentar
mercedes benz e class 2017 silver

AutonetMagz.com – Untuk kali ini, kami rasa Mercedes Benz bakal menuai banyak sekali pro dan kontra mengenai konsep mereka soal bagaimana sedan-sedan andalan mereka harus tampil. Kenapa demikian? Soalnya coba simak bocoran foto-foto resmi dari Auto Press Jerman ini. Kami sih langsung garuk-garuk kepala,”Seriusan E-Class modelnya begini?” Bukan karena jelek, malah mobilnya bagus, tapi karena ia ini terlalu mirip dengan C-Class dan S-Class.

Pertama, bahas kontranya dulu. Saking miripnya, coba lihat foto di bawah ini. Yang mana C-Class, yang mana E-Class dan yang mana S-Class? Beda yang paling kelihatan jelas ada pada ukuran mobilnya, tapi coba deh, sekilas antar ketiga mobil ini sama persis bukan? Sepertinya masih lebih gampang membedakan Mazda 2 Sedan, 3 Sedan dan 6 Sedan, BMW Seri 3,5 dan 7 atau Audi A4, A6 dan A8.

mercedes benz c-class e-class s-class

Kedua, lihat dari sisi pro. Bagi yang menghargai tradisi, bisa menilai bahwa Mercedes Benz kembali ke sejarahnya dulu saat baby Benz pertama kali muncul. Saat itu, antara C-Class, E-Class dan S-Class dibuat mirip-mirip, hanya beda dari dimensi bodi. Itu konsep yang sama dengan hari ini, di mana ketiga sedan ini sangat mirip meski beda ukuran. Apalagi dengan kata-kata,”Mercedes Benz Original” di video teasernya, kami sepakat kalau ini memang kembali ke origin sedan Mercedes Benz dulu.

sejarah mercedes benz

Jadi, pro atau kontra, silakan dinilai masing-masing, tapi menurut saya pribadi, E-Class W212 pra-facelift masih jauh lebih proper. Entah kenapa, rasanya ada wibawa, kemewahan dan kedewasaan yang paduannya pas di E-Class W212 (plus darah sporty dan tenaga bak binatang liar di E63 AMG). Singkatnya, E-Class W212 terasa sama seperti E-Class new eyes yang sangat digandrungi di sini bagi saya. Kualitas dan engineering? Jangan ditanya.

mercedes benz e class 2017 dashboard

Setidaknya, interiornya sudah sesuai untuk kalangan pembeli E-Class. Semuanya mewah dan presisi, dan ini adalah E-Class pertama yang dilengkapi panel instrumen dengan layar full LCD, menyambung ke layar Mercedes Benz COMMAND di tengah. Masing-masing layar berukuran 12,3 inci, alias mirip ukuran layar sebuah netbook. Konsep kabinnya? Simpel, campurkan kemewahan S-Class dengan sedikit unsur sporty dari C-Class, maka jadilah E-Class.

mercedes benz e class 2017 interior

Tapi jatuhnya kabin ini benar-benar jauh lebih mirip ke S-Class daripada C-Class, jadi bagi anda yang kepincut S-Class tapi dananya belum cukup dan tidak mau C-Class karena terlalu kecil, E-Class adalah jawabannya. Oh ya, untuk pertama kalinya, setir E-Class punya touch control buttons di spoke kanan dan kiri setirnya, jadi jari bisa melakukan gerakan swipe untuk mengatur sistem infotainment mobil. Hal ini tidak kami temukan di rivalnya sejauh ini.

mercedes benz e class 2017 rear seat

Fasilitas premium dalam kabin sudah termasuk sistem audio Burmester 3D surround sound system, LED hemat energi yang diklaim punya 64 warna berbeda yang bisa dipilih, mode semi-autonomous untuk membantu pengendara dan opsi lampu depan MULTIBEAM yang sorotnya bisa berubah-ubah. Nuansa interior yang anda dapat nanti tergantung varian apa yang anda pilih, karena nanti E-Class baru akan memiliki 4 trim : Base, Avangarde, Exclusive dan AMG.

mercedes benz e class 2017 black side

Pilihan mesin E-Class baru termasuk mesin bensin 2.000 cc 4 silinder turbo pada E200 sebagai varian termurah, dan ada E220d yang menggendong mesin diesel 2.000 cc 4 silinder turbo baru dengan tenaga 192 hp dan konsumsi BBM sekitar 25 km/liter. Seperti E-Class lawas, akan ada pilihan mesin 6 silinder untuk mendampingi mesin 4 silinder yang hadir, tapi kini dengan tambahan turbo.

mercedes benz e class 2017 silver back

Varian hybrid E-Class, yakni E350e akan memadukan mesin bensin 2.000 cc 4 silinder dengan motor listrik supaya bisa menghasilkan 275 hp saat keduanya bekerja sama. Lalu, apa kabar E63 AMG? Pasti bakal hadir kok, namun pastinya ia memakai mesin 4.000 cc V8 twin turbo yang setipe dengan milik C63 AMG dan AMG GT, namun setelannya akan dibedakan supaya bisa menghasilkan tenaga di atas 600 hp-an. Diklaim, E63 AMG baru muncul tahun 2017.

Meski foto-foto resminya sudah beredar, sejatinya E-Class baru masih berstatus “belum diluncurkan”. Baru hari Senin tanggal 11 Januari nanti, Mercedes Benz menggelar seremonial untuk menandakan hadirnya E-Class W213. Apa opinimu mengenai E-Class baru ini? Sampaikan di kolom komentar!


Read Prev:
Read Next: