Toyota : Direct Automatic Transmission Bakal Jadi Game Changer!

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Toyota : Direct Automatic Transmission Bakal Jadi Game Changer!
0  komentar

AutonetMagz.com – Hadirnya Toyota GR Yaris versi masspro sebagai bentuk homologasi untuk kejuraan WRC memang menjadi salah satu gebrakan mengejutkan dari Toyota. Dan mobil tersebut memang menargetkan para pure enthusiast karena hanya tersedia dalam opsi transmisi manual. Namun, seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan transmisi otomatis pun muncul. Dan Toyota enggan memasangkan transmisi otomatis ‘biasa’ pada mobil mereka ini. Lalu, apa solusinya?

Transmisi Otomatis Baru Dari Toyota

Jadi, beberapa tahun terakhir, Toyota memang cukup getol mengembangkan opsi transmisi otomatis baru yang akan digunakan di jajaran mobil sport mereka. Dan salah satunya tenty adalah Toyota GR Yaris. Dan akhirnya, di ajang Gazoo Rally Racing Challenge yang digelar di Jepang tahun lalu, sosok Toyota GR Yaris bertransmisi otomatis pun muncul. Sayangnya, mereka memang belum menjualnya hingga detik ini. Toyota terus melakukan pengembangan dan pengujian pada transmisi ini, termasuk di Super Taikyu Series bulan lalu. Akio Toyoda, Chairman Toyota pun menjelaskan seperti apa transmisi otomatis baru yang disebut dengan nama “Direct Automatic Transmission” (DAT).

“Saya sangat ingin mewujudkannya (transmisi DAT) dan berharap agar banyak orang akan mengendarai mobil-mobil ini. Misalnya, untuk mereka yang hanya bisa mengendarai mobil otomatis, juga bisa menikmati motorsport. Mereka bisa merasakan sensasi suara yang berbeda dan sensasi perpindahan gigi naik maupun turun yang juga berbeda” jelas Morizo-san, nickname Toyoda di ajang balap. Toyoda-san juga menyebutkan bahwa DAT akan menjadi game changer di dunia transmisi otomatis. Sayangnya, beliau juga menjabarkan bahwa banyak rintangan yang masih harus dihadapi Toyota. Sehingga, opsi transmisi ini tidak akan muncul dalam waktu dekat.

Kurangi Waktu Yang Terbuang Saat Shifting

Toyoda-san juga menjabarkan pengalamannya dalam mengendarai Toyota GR Yaris. Beliau menuturkan bahwa dirinya kehilangan beberapa waktu berharga saat harus mengoper gigi di varian manual Toyota GR Yaris. Dan hal tersebut diklaim tidak akan terjadi pada opsi bertransmisi otomatis. “Dengan DAT, tidak ada waktu yang terbuang percuma untuk shifting, dan pengguna bisa berfokus pada akselerasi, pengereman, dan juga steering” jelasnya. Transmisi DAT sendiri akan menambah portfolio transisi otomatis di jajaran produk Gazoo Racing. Saat ini, ada 2 opsi transmisi matik yang ditawarkan di jajaran produk GR. Ada transmisi otomatis 6 percepatan di Toyota GR86 dan 8 speed di Toyota GR Supra.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Sumber : Motor1

Read Prev:
Read Next: