Toyota Corolla Sedan 2019 : Anti Konservatif dengan Tampang Sporty!

Toyota Corolla Sedan 2019 : Anti Konservatif dengan Tampang Sporty!
0  komentar

Autonetmagz.com – Toyota bisa dibilang sebagai merek yang menghasilkan produk-produk yang terlalu konservatif beberapa tahun lalu. Produknya jarang ada yang benar-benar fokus atau mencolok di satu aspek. Bukan yang paling bertenaga, bukan yang paling sporty, bukan yang paling fun to drive, semuanya cenderung dibuat supaya pas di tengah-tengah sehingga mobilnya terasa konservatif. Belakangan ini, Toyota mulai keluar dari kotak konservatif yang jadi zona nyamannya.

Produk-produk seperti Toyota C-HR, Toyota RAV4 dan Toyota Camry baru itu hanya awalnya saja. Toyota Corolla sebagai salah satu mobil terlaris Toyota pun kini berbenah dan mengikuti darah baru Toyota yang wajib tampil lebih atraktif. Sekarang yang kita lihat adalah Toyota Corolla versi Amerika (USDM), sementara di hari yang sama Toyota juga merilis Corolla sedan dan Levin sedan di China dengan muka yang berbeda, dan keduanya akan dibahas di artikel terpisah.

Toyota Corolla sedan 2019 ini memiliki wajah yang agresif, berkat lampu sipit dan bumper depan dengan air dam besar. Desain LED DRL-nya dinamai Toyota sebagai “Triple J Design” karena memang nampak seperti deretan 3 huruf J. Jangan tertipu kisi udara di kiri-kanan bumper depan, sebab itu palsu. Di saat mobil lain makin hari makin bengkak, Toyota Corolla ini malah sedikit lebih kecil dan pendek dari Corolla yang sekarang ada, namun wheelbase tetap sama seperti yang lama.

Tak banyak yang bisa diceritakan dari sisi samping Toyota Corolla sedan 2019 ini. Meski kami suka tarikan garis di bahu dan bagian bawah pintunya, sekilas ia mirip dengan Toyota Vios Joker yang pertama kali muncul di Indonesia saat IIMS 2018, hanya saja jelas ukurannya lebih besar. Pelek besar 18 inci ini khusus varian XSE yang memang dibuat tampil lebih menarik, sementara varian standar hanya dapat pelek 16 inci.

Sisi belakang Toyota Corolla pun punya desain lampu rem yang mirip Vios, namun lampunya sudah LED dan ada garis yang menghubungkan lampu kiri dan kanan. Bumper belakangnya keren juga secara desain, khususnya dengan aksen ala-ala diffuser dan cetakan waffle plastik ala air vent palsu di tengahnya. Knalpot ganda itu sekali lagi hanya diperuntukkan bagi trim XSE, sementara varian lain pakai knalpot tunggal. Pemanis final hadir dalam wujud antena shark fin dan duck tail spoiler.

Bagian kabin Toyota Corolla sedan 2019 kini mulai mencampurkan elemen Eropa di dalamnya, Desain dashboard minimalis nan resik serta head unit berdesain ala tablet PC bikin mobil ini terlihat sedikit lebih berkelas daripada yang lama. Pada varian termahalnya, Toyota Corolla akan menghadirkan head unit dengan Entune multimedia system yang kompatibel dengan Apple CarPlay, GPS dan tata suara racikan JBL.

Sama seperti Toyota Corolla hatchback, varian sedan ini punya layar di panel instrumen yang menyatukan fungsi spidometer dan MID-nya. Hanya itu saja, soalnya takometer dan indikator bensinnya masih analog biasa. Untuk orang yang akan duduk di bangku pengemudi, Toyota menjanjikan visibilitas yang lebih mudah berkat pilar A tipis, garis jendela bagian bawah yang lebih turun dan spion yang sudah diatur ulang posisinya.

Sementara untuk penumpang belakang, rasanya Toyota Corolla ini bakal menjanjikan ruangan kepala yang jauh lebih wajar dan nyaman buat dihuni. Bisa dilihat dari garis atapnya sendiri, sebab saat Honda Civic dan Mazda 3 mengejar garis atap rendah demi tampilan memukau, Toyota keukeuh dengan atap yang agak meninggi demi ruang yang pantas dihuni oleh penumpang dan jauh dari kesan claustrophobic. Kaca jendelanya juga tidak sekecil rival lainnya.

Mengenai mesin, Toyota Corolla sedan 2019 diperkuat dengan mesin 2.000 cc 4 silinder Dynamic Force baru, dan ini masih bersaudara dengan mesin Lexus UX. Tenaganya 169 hp dan torsinya 204,73 Nm, di mana kedua angka tersebut sudah bagus untuk mesin 2.000 cc 4 silinder normal non-turbo. Selain pilihan transmisi manual biasa, Toyota juga menyediakan opsi CVT yang punya launch gear untuk akselerasi awal. Saat mode Sport di Toyota Corolla diaktifkan, CVT ini bakal menyajikan perpindahan gigi virtual sebanyak 10 percepatan.

Kemiripan antara Toyota Corolla dengan model Toyota lain seperti Camry, C-HR, RAV4, Prius dan Prius Prima adalah ia sudah pakai sasis TNGA baru. Spesifiknya, khusus Corolla adalah sasis GA-C yang dipakai, ditambah dengan suspensi independen multi link di keempat rodanya, harusnya driving quality Toyota Corolla sedan ini membaik. Apa opinimu mengenai Toyota Corolla sedan 2019 versi USDM ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: