Toyota Avanza Terbaru Batal Meluncur Tahun Ini?

Toyota Avanza Terbaru Batal Meluncur Tahun Ini?
0  komentar

AutonetMagz.com – Mobil satu ini memang menjadi mobil yang sangat lekat dengan Indonesia dan masyarakatnya dalam kurun waktu lebih dari satu dekade terakhir. Bahkan, Toyota Avanza kini lebih dekat dengan masyarakat daripada Toyota Kijang yang kini semakin tak terjangkau masyarakat. Awal tahun 2018 ini Toyota Avanza yang menjadi tulang punggung utama dari Toyota Astra Motor (TAM) mendapatkan kejutan dari rival barunya, Mitsubishi Xpander. Lantas, apakah ini menjadi pertanda bahwa Toyota Avanza akan segere melakukan pembenahan secara menyeluruh? Yuk kita bahas.

Sejak gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam, kita sudah banyak berandai – andai mengenai kemunculan Toyota Avanza. Selain adanya rival baru yang mengancam seperti Mitsubishi Xpander, dan Wuling Confero serta All New Suzuki Ertiga, kita juga sempat diberikan tontonan akan konsep Daihatsu DN-Multisix yang sangat berpeluang diwujudkan menjadi produk riil dalam diri All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia. Nah, bola panas tersebut bergulir hingga akhir tahun 2017, dengan harapan bahwa di GIIAS 2018 akan muncul kedua sosok baru tersebut. Apalagi jika melihat peforma dari Toyota Avanza di awal 2018 yang kalah dengan Mitsubishi Xpander secara wholesales. Apakah penjualan Toyota Avanza jelek? Tidak, tidak sama sekali. Malahan bagus untuk produk yang sejatinya secara fitur dan kelengkapan sudah kalah jauh dengan rival – rivalnya.

Nah, lalu apakah ini berarti Toyota Avanza generasi terbaru memang akan rilis tahun ini? Nampaknya tidak. Kami bisa menjawab hal tersebut jika mengacu pada pernyataan dari Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto yang kami kutip via CNN IndonesiaMenurut Pak Soerjo, pihak TAM tidak ingin tergesa – gesa untuk meluncurkan produk yang menjadi volume maker mereka ini, apalagi melihat tahun 2018 dan tahun 2019 ini adalah tahun politik di Indonesia. Dengan kondisi tersebut, menurut beliau para calon konsumen akan lebih banyak menunggu dan melihat bagaimana perkembangan sektor ekonomi. Pak Soerjo bahwa menyebutkan bahwa market baru akan naik pasca pemilihan presiden 2019 mendatang, dan nampaknya disanalah pihak TAM akan memanfaatkan momen.

Jadi, menjawab pertanyaan di judul, Apakah Toyota Avanza Terbaru Batal Meluncur Tahun Ini? Kemungkinan besar iya jika mengacu pada pernyataan Pak Soerjo. Jadi, bagi kalian yang berharap bisa menebus generasi terbaru dari LMPV Toyota ini di tahun 2018, maka kalian bisa jadi harus gigit jari. Nah, bersamaan dengan kabar ini, Pak Soerjo juga memberikan beberapa clue lain dari Toyota Avanza terbaru. Antara lain adalah akan adanya perubahan pada sisi penggerak mobil. Yap, melihat mayoritas kelas LMPV menggunakan penggerak depan, nampaknya pihak TAM sedang mempertimbangkan adanya perubahan sistem gerak di Toyota Avanza terbaru. Namun Pak Soerjo menekankan bahwa hal tersebut bukan menjadi fokus utama TAM, karena menurutnya sisi desain-lah yang cukup berperan pada produk ini. Pak Soerjo menyebutkan jika look dari Toyota Avanza menarik, maka orang akan membeli.

Nah, terlepas dari seperti apa dan kapan Toyota Avanza terbaru akan meluncur, pada dasarnya Toyota Avanza yang dijual saat ini tetap saja laris manis, walaupun digempur di sana – sini oleh rival. Walaupun begitu, kita akan nantikan kejutan apa yang akan dibawa oleh Toyota Avanza Terbaru di masa depan. Mau FWD silahkan, RWD pun oke, asalkan sisi spesifikasi, fitur, kelengkapan dan build quality harus terkoreksi dengan baik. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: