Tidak Laris Lagi, Toyota FJ Cruiser Stop Produksi Agustus Nanti

by  in International&Toyota
Tidak Laris Lagi, Toyota FJ Cruiser Stop Produksi Agustus Nanti
0  komentar

AutonetMagz.com – Ide Toyota dalam menggelontorkan FJ Cruiser sebagai versi modern dari Toyota FJ40 yang legendaris dan banyak diminati sebenarnya bagus, karena bisa memuaskan rasa penasaran seperti apa FJ40 sekarang jika terus dilanjutkan produksinya. Memakai basis Lan Cru (Land Cruiser) Prado, FJ Cruiser muncul sekitar tahun 2005-2006 di gelaran NAIAS, berarti usianya sudah 10 tahun sekarang.

Dengan tampang FJ Curiser yang meminjam gaya off-roader retro dari sang pendahulu FJ40, tidak susah bagi FJ Cruiser tampil mencolok di jalan. Mesinnya memakai versi 4.000 cc V6 yang punya 268 hp dan 380 Nm yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 5 atau 6 percepatan. Biar tidak disebut SUV banci dan bikin malu FJ40 yang asli, pastinya ia punya penggerak 4WD. Tangguh? Ya, tapi kami yakin FJ40 lawas pasti masih lebih tangguh.

toyota fj cruiser yellow

Waktu masih hangat dari oven, mobil ini bisa menghipnotis konsumen, tapi rupanya setelah 10 tahun beredar pesonanya sudah mulai redup. Memang gaya retro-modern milik FJ Cruiser tiada duanya di jalanan, bukan mustahil juga kalau desain ini bakal long lasting, tapi usianya yang sudah 10 tahun rupanya tidak cukup menarik bagi konsumen. Perlahan-lahan, penjualan FJ Cruiser menurun terus.  Toyota pun terpaksa menghentikan penjualan FJ Cruiser di Amerika Serikat karena sepi peminat.

Satu-satunya pasar paling potensial bagi model ini paling hanya Australia. Kenapa tak laris? Apa karena jarang disegarkan? Tidak juga, di tahun 2013 FJ Cruiser pernah dapat menu pembaruan berupa cruise control off road CRAWL serta tangki bensin lebih besar jadi 87 liter, dari yang tadinya 72 liter supaya jarak tempuh dari bensin habis hingga kosong naik jadi 1.400 km, tapi tak begitu berefek bagus. Dengan demikian, FJ Cruiser akan pensiun pada bulan Agustus tahun 2016 ini.

toyota fj cruiser family

FJ Cruiser akan meninggalkan memori abadi sebagai satu dari kendaraan ikonik dalam sejarah SUV Toyota yang kaya, membantu Toyota menemukan energi baru bagi merek ini,” kata Tony Cramb, direktur eksekutif pemasaran dan penjualan Toyota Australia. Di sini, Toyota FJ Cruiser adalah barang dagangan importir umum, dan memang agak jarang kelihatan di jalan dibandingkan Land Cruiser atau Lexus LX570, entah apa alasannya. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • AE86

    Kangen dgn BJ40.

  • Masih kecil

    Sayang…. padahal modelnya bagus

  • japa

    ane suka sama design mobil ini tapi yg ngeri harganya d brosur aja 1m lebihh. seandainya ada versi sport nya yg lebi murah…

  • Mika

    Tangguh? Ya, tapi kami yakin FJ40 lawas pasti masih lebih tangguh. –> duh. udah pernah ngetest lom sih Sat? Asal bunyi saja….. i-Vtec pasti mainannya…..

    • Danis Anindano

      emang situ udh pernah ngetes FJ40 lawas ama yg baru?mungkin bisa dijelasin disini bro gimana rasanya

      • Mika

        Saya kan tidak memulai beropini seolah fakta, saya bertanya udah pernah ngetest gak? Logika aja mobil thn 70an dengan thn 2000an……

        Kalau mau lihat reviewnya FJ Cruiser kan gampang, the best money can buy for an out of the box 4WD.

        Apa iya gak lbh bagus dari mobil 70an… HP nya aja 2X lipat lebih…

        Apa iya, Innova Reborn lbh gak tangguh daripada Kijang Bebas dempul sasisnya…

        Balik lagi, wartawan atau penulis haram hukumnya beropini tanpa pembuktian

  • sony

    padahal di arab laku ya dipake bwt maen pasir

  • ars m.k

    Mungkin karena kalo sekarang, lebih terkenal jeep kali ya?? Dan lebih murah dikit dengan tampang yang lebih bisa diterima mata. Wkwkw. Kalo gue, buat harga 1m-an lebih milih hummer/escalade lama. Daripada seekor toyota hardtop versi modern.

  • Masih kecil

    Semoga di masa depan nanti ada penerus fj40

  • Adi

    Sayang gk ada pilihan mesin yg lain