Test Drive Mini Cooper S Paceman : Seni Dalam Sebuah Crossover

by  in Mini&Review
Test Drive Mini Cooper S Paceman : Seni Dalam Sebuah Crossover
0  komentar
Review MINI Cooper S Paceman Indonesia

Jakarta, Autonetmagz – Jika MINI identik dengan mobil-mobil kecil yang hanya cocok di jalan perkotaan, tapi sesuai dengan tren dan kebutuhan, MINI mencoba keluar dari pakem dan membuat sebuah crossover 5 pintu dengan nama MINI Countryman. Tidak hanya Countryman ternyata, Mini juga membuat Countryman versi 3 pintu dengan nama MINI Cooper S Paceman. Sayangnya karena keterbatasan waktu, test drive kali ini kami tidak sempat membuatnya dalam video review seperti biasa.

Eksterior

Eksterior MINI Cooper S Paceman ini bisa dibilang sangat identik dengan MINI Countryman, kecuali pada jumlah pintu dan wheelbase-nya yang lebih pendek. Sangat mudah untuk membedakan Paceman dengan Hot Hatch MINI Cooper dari eksterior depan dan belakang. Meskipun berbeda, dari wajahnya sangat mudah sekali menebak bahwa mobil ini merupakan varian dari MINI.

Jika diminta opini singkat mengenai desain MINI Paceman ini, kami sepakat dengan beberapa ahli yang mengatakan bahwa desain MINI merupakan seni yang di-aplikasikan pada sebuah mobil. Sehingga penggunanya memiliki kebanggaan sendiri ketika mengendarai mobil ini. Uniknya lagi, MINI Paceman memiliki detailing yang amat luar biasa pada bagian-bagian kecil sekalipun, mulai dari headlight, tailight, grille dan pernak-pernik yang menempel pada mobil ini.

Interior

Sama seperti eksterior, MINI masih membuat interior mobil ini layaknya sebuah seni. Kami sangat menyukai detail-detail kecil yang diterapkan pada instrumen dashboard, tombol-tombol hingga tuas lampu sein dan wiper dibuat sangat cantik dan unik. Model speedometer juga dibuat unik dengan diletakan di bagian tengah melingkar yang memiliki sebuah layar besar ditengahnya.

Interior MINI Cooper S Paceman

Layar besar ditengah speedometer tersebut juga memiliki fungsi yang sama seperti teknologi i-Drive yang dimiliki BMW, mulai dari kontrol keseluruhan mobil hingga audio, memiliki mode pengaturan yang terintegrasi dengan tuas yang unik. Kualitas suara audio yang dihasilkan juga amat baik dan jelas karena kabin mobil ini cukup senyap.

Soal akomodasi tidak perlu berharap banyak, karena memang mobil ini di desain bukan untuk membawa penumpang sebanyak mungkin. MINI Paceman di desain untuk mengakomodasi 4 orang saja karena kursi di bagian belakang memiliki sebuah separator yang membuatnya terpisah. Untungnya meskipun memiliki 3 buah pintu saja yang terdiri dari 2 pintu samping dan 1 buah pintu belakang. Mobil ini memiliki akses keluar masuk ke kursi belakang yang cukup mudah karena atapnya lebih tinggi dibandingkan MINI Cooper biasa.

Mesin

Mesin yang digunakan oleh MINI Cooper S Paceman memiliki performa yang sudah lebih dari cukup, output tenaga 184 Hp yang dihasilkan oleh mesin 1.600 cc nya mampu membawa mobil ini melesat dari 0 ke 100 Km/jam dalam waktu 7.8 detik saja.

Menarik memang jika berbicara akselerasi dan kecepatan. Namun yang paling menggembirakan dari MINI Cooper S Paceman ini ada pada konsumsi BBM-nya yang sangat irit dengan angka 6 liter per 100 kilometer untuk luar kota dan 10.1 liter per 100 kilometer. Padahal tenaga dan akselerasi mobil ini tidak mencerminkan sebuah mobil yang hemat bahan bakar.

Fitur

Jika berbicara tentang fitur yang dimiliki MINI Cooper, pasti akan sangat panjang sekali untuk menjelaskannya, terutama pada fitur safety yang dibekali di mobil ini.

Multi Information Display MINI Cooper S Paceman

MINI Cooper S Paceman sudah dilengkapi dengan perangkat keamanan aktif mulai dari Active Stability Control + Traction Control serta Dynamic Stability. Termasuk 6 Airbags, adaptive headlights yang dapat berbelok mengikuti arah setir dan tentunya Run Flat Tyres yang sangat berguna ketika ban tertusuk paku.

Sedangkan fitur entertainment di dalam kabin juga sudah sangat lengkap dengan audio yang terkoneksi Bluetooth, USB, iPod dan koneksi internet.

Ride and Handling

Jika sebelumnya anda pernah menggunakan MINI Cooper S yang memiliki suspensi sangat keras namun mempunyai handling yang sangat menyenangkan seperti mengendarai sebuah GoKart. Maka MINI Cooper S Paceman ini sebaliknya, mobil ini justru lebih mengutamakan kenyamanan dengan memberikan suspensi yang lebih empuk dibandingkan adiknya. Ketika bermanuver pun masih terasa body roll meskipun masih dalam kategori lebih baik dibandingkan dengan crossover merek lain yang pernah kami coba sebelumnya.

Mungkin MINI sengaja memberikan suspensi yang lebih empuk agar mobil ini bisa dikendarai di medan off-road ringan seperti crossover lainnya. Meskipun harus memangkas sedikit handling rasa GoKart khas MINI Cooper.

Kesimpulan

Harga sebuah benda seni umumnya beragam sesuai dengan selera pembelinya. Begitupula dengan MINI Cooper, banderol harga 709 Juta Rupiah bisa terlihat murah bagi pecinta seni dan bisa terlihat mahal jika kita menilai sebagai mobil biasa.

Well, jika anda orang yang menyukai seni dan memiliki sebuah MINI, bisa diibaratkan anda membeli sebuah benda seni dengan bonus mobil berperforma kencang, irit dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Tertarik?

Read Prev:
Read Next: