Ternyata Mobil Honda Indonesia Kena Recall Airbag Takata Juga!

Ternyata Mobil Honda Indonesia Kena Recall Airbag Takata Juga!
0  komentar
honda cr-v 2003

AutonetMagz.com – Sudah kami duga, cepat atau lambat kami akan menemukan kasus yang berhubungan dengan airbag Takata di mobil-mobil yang ada di Indonesia. Seperti kita tahu, kasus airbag inflator Takata yang berpotensi membunuh sudah menjangkiti jutaan mobil di dunia dari berbagai merek seperti Nissan, Mazda, Toyota, Chevrolet, Subaru dan Honda. Nah, mobil-mobil yang punya komponen tersebut harus di-recall dan diperbaiki, supaya tidak mengancam nyawa konsumen kalau ada apa-apa.

Kasus ini adalah kasus global, jadi bisa saja mobil di Indonesia kena, dan nyatanya, memang kena! Honda Prospect Motor selaku APM Honda di Indonesia sudah resmi mengedarkan pengumuman recall untuk mengganti airbag inflator buatan Takata yang ada di mobil-mobilnya dengan komponen baru. Jika ditotal, jumlah mobil yang di-recall mencapai 367.014 mobil dengan rentang produksi 2002-2011. Astaga, bukan banyak lagi ini mah, banyak banget.

honda jazz frontal crash test

Lebih lanjut lagi, mobil-mobil yang terjangkiti malfungsi airbag inflator memiliki gejala meledak terlalu kuat saat mengembangkan airbag di momen kecelakaan, berpotensi membuat lempengan besi terbang dan menusuk penumpangnya. Tentunya ini memutarbalikkan fungsi kantung udara yang sejak awal didesain untuk menyelamatkan nyawa, bukannya menghilangkan nyawa. Sudah ada banyak kasus soal kegagalan komponen Takata ini di luar sana.

Penasaran mobil-mobil apa saja yang kena dampaknya? Mobil-mobil tersebut adalah 2.856 unit Honda Accord produksi 2004–2007, 16.276 unit Honda Civic produksi 2002–2011, 41.538 unit Honda City produksi 2004–2013, 104.651 unit Honda CR-V produksi 2002–2012, 199.167 unit Honda Jazz produksi 2004–2014 dan 2.526 unit Honda Stream produksi 2002–2006. Jangan lupa, kemarin Honda sempat menarik kembali Brio dan Mobilio akibat airbag juga.

honda jazz side pole crash test

Konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk komponen baru, tinggal menunggu apakah surat pemberitahuan dari Honda masuk ke kotak pos anda atau tidak. Jika khawatir dengan mobil anda, bisa menelepon Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari hari Senin-Jumat, pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Perbaikan bisa dilakukan di dealer resmi Honda, dan hanya memakan waktu 1-2 jam saja.

Saran kami, sedia payung sebelum hujan. Honda baru akan memulai kampanye recall ini tanggal 21 Maret 2016, jadi tak ada salahnya menghubungi nomor di atas jika anda mau tahu status mobil anda. Apa opinimu mengenai kasus recall Honda Indonesia ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • A$AP

    Bakalan rame nih artikel

  • Yuhdi Baihaqi

    Ayo pabrikan yg lain ngaku saja hayo..udah di awali honda neh..bayangkan kalo merk atoyot jg recall berapa ribu unit tuh..hayoo atoyot ojo ngumpet dan buat alibi macam macam..

    • radit

      kok fitnah di dunia banget?

    • ToyotaLover

      Toyota mah aman aman aja kok
      Honda doang yang bermasalah

      • Aryo Wicaksono

        iya gitu? :v

      • hydrolancer

        yakin om :V takata semua mobil japs pake lho dan beberapa mobil luar masih inget kasus fortuner yg air bag nya g ngembang? dan ngeles di pengadilan?

      • avrz06

        yakin? lucu anda

      • Dean Kuncoro

        Bro recall itu baik, berarti produsen itu peduli sama konsumen nya

  • Oki Ngew

    Total hitungan kasar saya 370.000 mobilan. Rugi berapa tuh honda. Ayo… toyota kudu ngaku juga.. jangan alibi “beda komponen dgn produk luar” lah. Setau saya airbag kan belinya emang di takata

    • farid

      Dan setau saya produsen airbag gak cuma takata doang

      • Aryo Wicaksono

        memang ada autoliv dan kawan-kawan cuma rata-rata mobil jepang pakai takata. Carlos Ghosn yang pertama berani putus kontrak Nissan dengan takata, baru Honda sekarang-sekarang nggak pakai takata lagi karena jadi korban terbesar. sistem keiretsu Jepang susah diputus karena sesama Jepang mereka lebih suka melewati masa sulit bersama.

  • Aryo Wicaksono

    menurut harso kurniawan alias acoi snx dari Autokritik, kembaran Bertel Schmidt dari Daily Kanban, “Honda layak mendapatkan MURI sebagai APM yang paling banyak menarik mobil di Indonesia.” salut, deh. :v

    • farid

      Wewww…..rekor MURI,emang sampai saat ini baru honda yg menarik ratusan ribu unit mobil di indonesia yg secara massal,sedangkan atpm lain kalau melakukan recall jumlahnya gak banyak.kalau seandainya toyota melakukan recall massal di indonesia pasti jumlah unit yg kena melebihi jumlah unit recall honda,karena banyakan populasi toyota dibanding honda

    • avrz06

      yaialah, yg berani recall baru honda, yg lain berani gak? haha

      • Aryo Wicaksono

        jangan sombong dulu. nissan juga sering diam-diam “recall”, tapi masalah penanganan merk selain honda bagaimana untuk kantong udara takata jujur aku kurang tahu, sih.

        • nusantara nusantara

          yg pernah pake cr-v 3rd gen taon 2008 juga pernah dapet recall, masalah ban, tapi y silient recall

          • Aryo Wicaksono

            itu masalah ban gimana, ya? aku baru dengar, mohon diceritakan.

          • nusantara nusantara

            ban baru pake 10.000 km, bagian tapak ban mengelupas dan seperti parut, di komplain terus ganti baru deh 4 biji, ban diganti merk dunlop juga type dan spek sama, terus gak lama kisaran 20.000 km, ban mengalami masalah yang sama, tapi ane ganti sendiri ban BS, masalah klo bolak balik, masalah ban masalah nyawa

  • Enrile Indro Prasetyo

    Untuk airbag memang agak susah. Kita gak pernah tahu apakah airbag yang ada di mobil benar-benar berfungsi dengan baik sampe tabrakan, dan sekarang mobil-mobil LCGC standar safety-nya cuma airbag + safety belt (safety pasif), gak ada ABS, EBD, BA yang merupakan perangkat safety aktif dan lebih mudah diketahui berfungsi atau tidaknya sistem itu..

  • Indra

    Bagus deh apm honda sini mau recall ratusan ribu unit ttg airbag walau telat dibandiblng negara lain.

  • ekkyfir

    Ayo honda udh buka recall, tinggal yg lain nih, kalau bisa secepat nya nih, bikin deg2an di rumah miara honda, chevy, toyota, nissan

  • jason

    sy pemakai jazz rs 2012 , sdh cek ke toll free Honda diatas dan sebutin no rangka ternyata ngga kena recall airbag tsb…

    Dan setelah sy tanya detail ngga semua di recall … ada juga yg diganti cuma sisi kiri ( penumpang ) ada juga yang kiri kanan ( penumpang + supir ) yang harus diganti.. Jd kesimpulan CS Honda airbagnya ngga semua produksinya rusak…

    tapi ada pertanyaan lagi.. apa benar spt ini ? apa hanya supaya ngirit recall ?
    bro hilsat ada info tambahan ? atau cross check berita diluar negeri soal takata ini apakah totally semua kena recall ? yang artinya jika Honda tahun sekian2 pasti harus ganti ?

    taratenkyu

    • Hillarius Satrio

      ya kalo ada yang diganti, sekecil apapun, itu namanya kena recall dong. kalo ngirit soal recall mah bisa-bisa citra honda dipertaruhkan, ntar kalo ada apa-apa dan kegep honda menyalahi prosedur recall, bisa modyar nama baik honda.

      pokoknya kalo CS udah cross check dan yakin gak kena recall, dipegang dulu aja omongannya. kalo setelah tanggal yang ditentuin belom dapet surat penarikan kembali dari honda, kemungkinan besar memang mobilnya nggak ada apa apa.

  • sereal

    wah brarti… bentar lagi mbak cantik depan rumah ga pake mobil, ikut kena recall mobilnya… kudu bersih2 mobil nih….

  • luki

    Kok honda gw gak di panggil ya.

  • hydrolancer

    untunglah honda indonesia masih ada tanggung jawabnya recall, merek yg lain mana ya perasaan yg pake air bag takata bukan cuma honda?

  • avrz06

    toyota? nissan? dll kapan nih mau recall? ayoo mana tanggung jawabnyaa sebagai apm? menurut saya ini langkah baik yg di lakukan hpm.
    takata emang udah masalah global, bahkan mobil kelas premium juga sampe kena recall

  • Shin-Ra`

    Honda Freed kagak ada ya …. bagus donk buildnya …..

  • nusantara nusantara

    ane tunggu dah telponnya dari ahon, selamat anda jujur kepada konsumen, tapi klo berani pasang iklan donk di media cetak nasional

  • Hafidh Dwi setiawan

    Kalo honda crv 2001 kena gak ya? Crv generasi pertama