Teaser IONIQ 5 SUV Disebar, Hyundai Gaspol EV!

by  in Hyundai&Mobil Listrik
Teaser IONIQ 5 SUV Disebar, Hyundai Gaspol EV!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebelum memulai artikel ini, kami ingatkan bahwa IONIQ sekarang sudah menjadi sub brand dari pabrikan Korea tersebut. Dideklarasikan pada Agustus 2020, artinya secara resmi Hyundai memiliki dua sub brand khusus menyasar segmen tertentu yaitu luxury dan electric vehicle (EV). Akhirnya sesuai janji mereka, IONIQ menyambut 2021 dengan model perdana mereka, mid-sized crossover IONIQ 5.

Diperkenalkan sebelumnya sebagai 45 Concept, model versi produksi massal IONIQ 5 rencananya akan diperkenalkan bulan depan. Melihat dari desain yang beredar lewat teaser, EV ini akan memiliki bahasa desain yang berbeda dari brand intinya tersebut. Layaknya Genesis, IONIQ terlihat mengaplikasikan bahasa desain secara mandiri. Fascia depan yang memiliki banyak unsur garis tegas membuat mobil ini layak berada dalam game Cyberpunk 2077 dengan subtitle hangul.

Dari sisi sampingnya, terlihat IONIQ sudah mengaplikasikan bentuk clamshell hood guna meminimalisir panel gap serta menambah kesan high-tech. Ditambah cladding yang memiliki ‘codet‘ dengan warna cukup kontras, pemakaian digital side mirror, serta penggunaan velg berukuran sekitar 20-inci dengan motif diamond cut yang terlihat seperti hasil 3d printed, semakin menambah kesan futuristik sang crossover. Pindah ke bagian belakang, terlihat taillight yang menganut bentuk kotak pixelated mengikuti headlight dan juga garis tegas bertabrakan yang seirama dengan fascia depan.

Walaupun spesifikasi di atas kertasnya masih dirahasiakan, namun pada Desember lalu Hyundai Austria secara tak sengaja membeberkan ‘jeroan’ IONIQ 5 lewat webpage pemesanan mobil tersebut. Jika benar adanya, maka mobil ini akan memiliki drivetrain all-wheel drive (AWD) dengan output sebesar 309 hp dan butuh 5,2 detik saja dari 0-96 km/h! Untuk spek baterainya yang bertegangan 800 V diharapkan dapat menempuh jarak hingga 450 km menurut standar WLTP.

Data yang sudah dikonfirmasi oleh pihak Hyundai adalah kemampuannya sebagai ‘power bank‘ dengan tegangan 110/220 V, ultra fast charging yang mampu mengisi IONIQ 5 dari 10 – 80% hanya dalam waktu 18 menit sesuai siklus WLTP, dan juga pemakaian sasis khas Hyundai yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Secara keseluruhan IONIQ 5 bisa dibilang sebagai bentuk nyata dari 45 Concept.

Jika teaser ini akan sesuai nantinya dengan bentuk produksi sang crossover, maka IONIQ akan memiliki model yang sangat teramat eye-catching untuk sebuah mobil perdana. Terlebih jika spesifikasi yang tak sengaja bocor tersebut benar, patut menjadi perhitungan manufaktur lain jika ingin menghadapi mobil Korea ini. Bagaimana menurut kalian soal produk perdana IONIQ? Berikan komentarmu pada kolom komentar di bawah!

Read Prev:
Read Next: