Daihatsu Gembira, Marketshare Tembus 17,3% di 2020!

by  in Berita&Daihatsu&Merek Mobil
Daihatsu Gembira, Marketshare Tembus 17,3% di 2020!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun 2020 lalu menjadi tahun yang suram untuk pasar otomotif. Kehadiran pandemi COVID-19 berhasil membuat penjualan mobil di Indonesia luluh lantah. Walaupun begitu, ternyata masih ada banyak poin menarik yang bisa kita bahas dalam hal capaian penjualan di segmen otomotif. Salah satunya adalah capaian Daihatsu dalam hal penjualan yang malah naik secara marketshare. Pabrikan asal Jepang ini membukukan marketshare sebesar 17,3% di sepanjang 2020 silam.

Daihatsu Granmax PU & Daihatsu Sigra

Retail Turun, Marketshare Naik

Dalam rilis resmi yang kami terima, Astra Daihatsu Motor (ADM) membagikan data bahwa capaian penjualan ritel otomotif di Indonesia. Secara total, panjualan ritel otomotif di Indonesia ada di angka 578 ribu unit. Angka ini turun sebesar 45% dibandingkan dengan tahun 2019 silam. Sedangkan Daihatsu sendiri mampu mencapai penjualan ritel di angka 100.026 unit. Secara angka, memang ada penurunan sebesar 44%.

Penjualan Daihatsu di 2020

Namun, angka itu masih lebih baik 1% dibandingkan penurunan secara global. Dan oleh karenanya, ada kenaikan marketshare sebesar 0,3% yang diraih oleh Daihatsu. Lantas, produk apa saja yang laris manis di 2020? Jawabannya adalah Astra Daihatsu Sigra.

Sigra Selamatkan Daihatsu

Yap, Daihatsu Sigra memimpin penjualan secara retail dengan angka 26.219 unit atau 26,2% dari total retail. Sedangkan di sisi wholesales, Daihatsu Granmax PU-lah yang memimpin tabel dengan capaian 23.742 unit atau setara 26,2% dari total wholesales. Nah, menariknya, baik Astra Daihatsu Sigra maupun Daihatsu Granmax PU bak bertukar peran dalam hal wholesales dan retail.

Selain kedua mobil itu, tak ada model lain yang berhasil mencapai angka 20 ribuan, baik secara wholesales maupun retail. Di posisi ketiga ada Daihatsu Terios, disusul Astra Daihatsu Ayla, dan Daihatsu Granmax MB. Sisanya, ada Daihatsu Xenuia, Daihatsu Luxio dan Daihatsu Sirion. “Daihatsu bersyukur dapat menutup tahun 2020 dengan market share 17,3%. Penurunan penjualan Daihatsu juga masih lebih baik dibandingkan penurunan pasar secara nasional,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Dengan modal ini, nampaknya pihak Daihatsu ingin mengapungkan asa untuk tahun 2021 ini. Banyak insan otomotif yang berharap tahun 2021 ini akan memberikan harapan yang lebih baik. Faktor kunci seperti kehadiran vaksin di Republik ini menjadi harapan baru bagi penggiat otomotif. Tahun ini, GAIKINDO sendiri mematok target penjualan di angka 750 ribu unit. Angka ini masih jauh dibandingkan capaian di 2019, namun sudah meningkat dibandingkan 2020 silam.

Jadi, apa pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: