Tata Motors Indonesia Akan Stop Menjual Mobil Penumpang, Fokus di Segmen Komersial

Tata Motors Indonesia Akan Stop Menjual Mobil Penumpang, Fokus di Segmen Komersial
0  komentar
truk besar Tata Prima

AutonetMagz.com – Untung kali ini bukan soal ATPM yang minggat lagi dari Indonesia, tapi sedikit lebih halus dari itu. Baru awal tahun ini, kita dikagetkan dengan Ford dan Abarth yang mundur dari Indonesia, dan berita sekarang datang dari produsen asal India, Tata Motors. Bukan, mereka bukan mundur juga dari sini, melainkan mengalihkan fokus mereka ke pasar yang lebih menghasilkan profit bagi mereka, yakni di pasar niaga.

Bukan tanpa alasan mereka melakukan hal ini. Berdasarkan rangkuman penjualan mobil Tata tahun 2015, mereka berhasil menjual 1.388 unit mobil, alias naik 32% dari penjualan tahun 2014 yang hanya 914 unit. Model mana yang menyumbang penjualan terbesar bagi Tata? Aha, rupanya bukan MPV Tata Aria atau SUV Tata Safari Storme, melainkan pick-up Tata Super Ace. Pantas saja mereka melakukan hal ini.

Tata-Super-Ace-Diesel

Dengan demikian, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) selaku ATPM Tata akan mengubah haluan dan menghentikan impor mobil penumpang. Praktis, di dealer Tata nanti tidak akan dijual lagi unit Vista, Aria atau Safari Storme yang baru, dan fokus kepada pick-up Super Ace. Ini berarti langkah Tata nanti akan bersaing dengan Suzuki, Daihatsu dan Isuzu yang notabene adalah merek kuat di pasar mobil niaga.

Langkah berikutnya, belum lama ini Tata Motors menyediakan 50 truk LPTA 715 4×4 untuk keperluan anggota Brimob, utamanya tim Search and Rescue (SAR). Nah, kelihatan kan mereka mau fokus dulu di sektor lain yang lebih bagus prospeknya? Tapi jika kondisi perekonomian kembali memulih, bukan mustahil Tata akan kembali menjual mobil penumpang lagi, apalagi dengan fokus di pasar niaga, penetrasi brand image Tata bisa lebih tepat sasaran.

tata lpta 715 4wd

Tapi sebenarnya merek mobil yang sudah resmi jadi pemilik Jaguar dan Land Rover ini bagaimana sih? Well, jika suka menyimak informasi yang beredar di luar sana, Tata Motors sendiri terkenal sebagai produsen mobil yang tangguh dan reliable alias bisa diajak kerja rodi, bahkan kadang lebih tangguh dari Toyota. Tapi ya itu, karena masih baru masuk di sini dan model-model mobilnya sedikit aneh sebab bercita rasa Indihe, jadi wajar kalau penjualannya tidak seberapa.

Apa opinimu mengenai langkah Tata Motors ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • zul ari

    pernah ketemu sama tata aria sekali pas turing di lintas timur….desainnya ngak banget….pas berhenti di spbu rupanya yang punya orang india ?

    • Always35

      Style indihe emang enggak cocok sama selera kita walau gak semua ??

      Liat aja tuh etios yg agak “indihe” modelnya walau dikembanginnya bareng brazil…

      • metzh

        iya tuh, etios modelnya jg ga oke ?

        • Always35

          Emang, malah lebih cakep Agya modelnya daripada Etios ?

  • Always35

    Good strategy. Karena Tata emang lebih dikenal di kelas komersial terutama truknya. Dulu juga indonesia pernah kemasukan impor bus tata kalo gak salah cmiiw dan itu tanda kalo tata udah punya nama~ sekarang sih tinggal tata aja berani gak buat lawan mitsu fuso, isuzu sama hino di kelas medium truk meski imagenya agak “indihe” wkwk

    Oh iya aftersalesnya jangan lupa buat dikembangin~

    • Rizki

      Betul, dulu (sekali) Tata sempat dipakai Damri buat jadi bus reguler di Surabaya CMIIW

  • asd

    bang ridwan, tolong dong bang review mobil tata super ace. Saya penasaran sekali dengan mobil itu soalnya udah banyak yang pake dijalan …

    • mico

      Setuju..

  • Indra

    Tata sadar kalo penjualan passanger car memang masih kurang dibanding duo korea, utk kelas itu nama TATA masih ga kuat di Indonesia yg japan minded. Mereka butuh differenisasi sbg merek baru agar ga kalah saing dgn merek2 yg sudah ada, jd pilihlah commercial vehicle sbg andalan (dan memang itulah yg sering dipromosikan Tata disini). Tapi Tata Tiago (Zica) jg bagus tuh buat masuk sini, tinggal apm mau serius ga jualan di kelas itu.

  • mico

    Saya rasa produk dr indihe gak terlalu jelek. Kualitas g kalah ama mobil jepang. Cuman nama nya aja yg blm terkenal…
    Semoga tambah sukses tata

  • Aryo Wicaksono

    nah, begini dong, Tata kan memang lebih jago urusan kendaraan niaga dibandingkan kendaraan penumpang, jadi kemungkinan besar bakal lebih laku nih setelah ganti strategi di indonesia.

  • Green Coconut

    apakah ni kendaraan bisa goyang2 n meliuk2 di pohon…