Suzuki Siapkan Sistem Hybrid 48V di 2020

Suzuki Siapkan Sistem Hybrid 48V di 2020
0  komentar

AutonetMagz.com – Walaupun dunia otomotif mengarah pada mobil listrik, namun perkembangan segmen hybrid juga tengah digenjot. Bagaimanapun, Hybrid dan PHEV adalah jembatan yang pas antara mesin ICE dan EV, apalagi di daerah yang infrastruktur EV-nya belum siap. Langkah yang senada juga dilakukan oleh Suzuki. Ada sebuah kabar menarik dimana pihak Suzuki akan memperkenalkan sebuah sistem hybrid baru 48 Volt untuk beberapa produk di line up mereka tahun 2020 mendatang. Cekidot.

Mengutip informasi via Carscoops, pihak Suzuki akan memperkenalkan sistem sistem hybrid 48 volt pada tahun 2020 mendatang, dan teknologi ini akan diterapkan di beberapa produk mereka seperti Suzuki Vitara (Bukan Brezza), Suzuki Swift Sport, dan juga Suzuki SX-4 S-Cross. Nah, kalau kalian jeli, sebenarnya ada kesamaan yang dimiliki oleh ketiga produk tersebut. Ketiganya sama – sama menggunakan mesin 1.400cc Boosterjet Turbo, yang mana nantinya akan digantikan oleh mesin 48 volt Hybrid ini. Nah, mesin ini sendiri diklaim Suzuki lebih ramah lingkungan karena kadar CO2 yang dihasilkan bisa ditekan sebanyak 20%.

Selain itu, pihak Suzuki juga mengklaim bahwa mesin hybrid ini menghasilkan torsi yang lebih besar. Sedangkan di waktu yang bersamaan, konsumsi BBM yang dihasilkan oleh mesin ini juga diklaim lebih irit 15% menggunakan metode pengujian WLTP. Pihak Suzuki juga mengakali mesin ini supaya lebih ringan, dan usaha tersebut berhasil mengurangi bobot mesin sebanyak 15 kg. Seperti namanya, sistem hybrid ini akan menggunakan baterai lithium ion berkapasitas 48 volt dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan juga converter 48V-12V.

Nah, sistem ini akan dipadukan dengan meisn K14D Boosterjet Turbo yang sudah ditingkatkan. Pihak Suzuki mengklaim bahwa mesin Boosterjet mereka yang digadukan dengan ISG akan memberikan tambahan torsi mencapai 235 Nm pada putaran mesin 2.000cc. Sedangkan saat berjalan dengan kecepatan di bawah 16 km/jam, mobil akan menggunakan mode electric sehingga bisa menghemat bahan bakar. Oiya, baterai di sistem hybrid baru Suzuki ini akan diletakkan di bawah kursi depan, sepaket dengan converter unit-nya. Posisi ini diklaim bisa memberikan distribusi beban yang lebih baik.

Jadi, kita tunggu saja bagaimana nantinya teknologi hybrid lansiran Suzuki ini. Apa tanggapan kalian?

Read Prev:
Read Next: