Stability Control Bermasalah, BMW i8 Kini Mendapat Recall Kedua

by  in Berita&BMW&International
Stability Control Bermasalah, BMW i8 Kini Mendapat Recall Kedua
0  komentar
bmw-i8

AutonetMagz.com – Ya, recall kedua. Anda pasti bertanya, memang recall pertamanya kapan dan apa masalahnya? Jadi begini, dulu, di penghujung tahun 2014, sebanyak 223 unit BMW i8 harus kembali ke bengkel BMW untuk diperbaiki karena berpotensi mengalami kebocoran bensin dan kebakaran. Hal itu sudah selesai diurus, tapi sekarang temuan baru NHTSA masih menemukan adanya masalah pada mobil sport hybrid BMW itu.

Temuan baru ini tidak ada hubungannya dengan tangki atau saluran bensin lagi, melainkan dengan sistem keselamatan. Fungsi dari Dynamic Stability Control (DSC) dari BMW i8 terdeteksi memiliki salah satu komponen hidraulik yang pengeboran lubangnya tidak sesuai standar. Akibatnya, hal ini bisa mempengaruhi karakter DSC menjadi lebih tidak aman daripada yang seharusnya.

BMW i8 platform

Lebih rincinya, dia bisa mempengaruhi fungsi rem saat harus mengerem mendadak, karena DSC itu kan selalu aktif saat mobil berjalan (kecuali dimatikan sendiri oleh pengemudi). Untung sekali sejauh ini tidak ditemukan laporan kecelakaan dari i8-i8 yang berseliweran di jalan yang menyalahkan cacat fungsi DSC sebagai kambing hitamnya.

Mau tahu berapa unit yang kena masalah ini? Well, tidak banyak dibanding recall pertama, hanya 16 unit BMW i8 yang diduga memiliki problem tersebut. Persisnya, adalah BMW i8 yang dibuat pada 29 Mei 2015 hingga 5 Juni 2015. Sedikit juga sebenarnya ya 16 unit itu? Semua dealer BMW sudah dikoordinasikan untuk memperbaiki unit hidraulik itu, jika perlu, diganti sekalian.

BMW i8 pictures HD

Karena hanya 16 unit yang di-recall dan asal investigasinya ada di Amerika Serikat, kami yakin, kemungkinan kecil BMW i8 yang beredar di tanah air mengalami masalah yang sama. Oh ya, jika ada yang tidak tahu, tidak ada satu pun i8 di Indonesia merupakan dagangan resmi BMW Indonesia, semuanya adalah dagangan importir umum. Apa pendapatmu tentang recall 16 unit BMW i8 ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • conk

    Kayanya biarpun rusak, masih lebih aman bmw daripada lcgc …

  • conk

    Kayanya biarpun rusak, masih lebih aman bmw daripada lcgc ..

  • otomoto

    d indo sp yg punya ? ..
    review donk.. B-)

    • Aryo Wicaksono

      iya, nih. kan sering ditampilkan di pameran BMW atau Ivan’s Motor di Indonesia.

  • Aryo Wicaksono

    Pas dulu nonton review memang sistem stabilitas i8 memang aneh, cuma memang dasar i8 bagus jadi nggak masalah. kalau bisa diperbarui malah lebih bagus lagi. 🙂