Nissan Ariya : Mulai 680 Jutaan, Bisa Jalan Sejauh 610 km

Nissan Ariya : Mulai 680 Jutaan, Bisa Jalan Sejauh 610 km
0  komentar

AutonetMagz.com – Nissan akhirnya memperkenalkan secara resmi mobil listrik terbaru mereka yang sudah membuat banyak mata memandang sejak Tokyo Motor Show 2019 lalu. Yap, apalagi kalau bukan Nissan Ariya EV. Dan kehadiran Nissan Ariya EV kali ini tentunya menjadi harapan besar bagi Nissan ditengah penurunan penjualan dan juga pandemi COVID-19. Mari kita bahas mobil ini.

Secara desain, kami tidak bisa banyak berkomentar mengenai mobil ini. Bukan berarti ini hal buruk, karena kalau diperhatikan versi produksi dari Nissan Ariya memiliki kemiripan yang tinggi dengan versi konsepnya. Wajah depannya cukup identik dengan versi konsep, termasuk shape lampu utamanya yang didalamnya terdapat LED model proyektor. Selain itu, grille berbentuk hitam nan futirstik dengan aksen V-Motion baru yang terpisah juga masih sama dengan versi konsep. Bumpernya terlihat fluid dengan tampilan minimalis dan modern yang memadukan warna body dan warna hitam glossy.

Dari samping, postur juga nampak persis dengan versi konsep, termasuk velg gunmetal yang modelnya futuristis dan tersedia dalam ukuran 19 dan 20 inci. Di sisi belakang, atapnya melandai ala sebuah coupe SUV dengan lampu belakang yang kesannya menyatu dan terdapat emblem tulisan Nissan. Bumper belakangnya senada dengan sisi depan yang dibalut warna hitam glossy. Nah, yang menarik, di atap Nissan Ariya terdapat 2 antena shark fin, unik namun sedikit lebay. Saat eksteriornya memberikan wow effect karena kemiripan dengan versi konsep, interior mobil ini malah terbilang flop.

Konsep minimalis yang diterapkan di interior mobil ini memang berhasil membuat kabin terasa luas. Namun sayangnya, kesan futuristis tidak sekuat di sektor interior. Nissan sudah berupaya menghadirkan kesan tersebut dengan memberikan panel instrumen full digital yang sekilas menyambung dengan layar sistem infotainment. Pun begitu dengan setir palang 2 yang penuh dengan tombol, iluminasi warna biru di interior, dan konsol tengah yang minimalis. Walaupun tidak wow, namun kami tetap apresiasi usaha Nissan yang berhasil membuat interior mobil ini terlihat fungsional dan cukup modern.

Aspek paling penting di Nissan Ariya EV ada pada dapur pacunya. Nissan Ariya EV menggunakan 2 macam konfigurasi motor listrik. Pertama, adalah motor listrik yang diletakkan di roda belakang dengan tenaga 215 hp dan torsi 300 Nm yang dipadukan dengan baterai 65 kWh. Perpaduan ini diklaim Nissan mampu membuat Nissan Ariya EV berjalan sejauh 450 km, dengan akselerasi 7,5 detik hingga 100 km/jam dan top speed 160 km/jam. Nissan juga menyediakan versi dengan baterai 90 kWh yang mampu berjalan lebih jauh, yaitu 610 km. Tenaga di versi ini juga naik ke 239 hp. Sedangkan opsi kedua adalah versi dengan 2 motor yang artinya ini adalah varian e-AWD.

Di varian ini, Nissan Ariya EV memiliki figur tenaga 335 hp dengan torsi 560 Nm yang mampu membuatnya berakselerasi hingga 100 km/jam hanya dalam 5,4 detik dan top speed-nya 200 km/jam. Sama seperti versi single motor, Nissan membekali Nissan Ariya EV dengan dua opsi baterai, yaitu 65 kWh dan 90 kWh. Bedanya, di versi 90 kWh Nissan Ariya EV mampu menghasilkan tenaga 389 hp dan torsi 600 Nm. Jarak tempuhnya sendiri mencapai 430 km di versi 65 kWh, dan 580 km di versi 90 kWh. Untuk fitur, Nissan Ariya EV akan dibekali dengan ProPILOT 2.0 dan ProPILOT Remote Park.

Nissan Ariya EV akan menyapa konsumen di Jepang pada pertengahan 2021 dengan harga jual mulai 5 juta Yen atau setara 680 jutaan Rupiah. Jadi, bagaimana menurut kalian si Nissan Ariya EV ini?

Read Prev:
Read Next: