Aston Martin DB11 : Mesin V8 AMG dengan Aston Martin Rumble

by  in Aston Martin&Mobil Baru
Aston Martin DB11 : Mesin V8 AMG dengan Aston Martin Rumble
0  komentar

AutonetMagz.com – Mercedes-Benz AMG dan Aston Martin DB11 pada dasarnya adalah sebuah mobil yang memiliki mesin sama. Mesin bensin 4.000 cc twin-turbo yang sama berada dibalik kap mesin 2 mobil tersebut. Namun banyak dari petrolhead yang bertanya – tanya apa yang telah dilakukan oleh Aston Martin sehingga memiliki karakter suara yang begitu berbeda dengan AMG.

Beberapa waktu silam pertanyaan ini dijawab oleh Simon Croft selaku senior manager dari Aston Martin global. Pada prinsipnya, mereka tetap ingin menunjukkan karakter Aston Martin dari suaranya. Maka dari itu, sejumlah penyesuaian mereka lakukan demi terciptanya karakter sejati Aston Martin.

Memang kenapa sih suara mesin bawaannya itu? Suara mesin V8 ini kurang disukai Aston Martin karena memiliki range suara agak rendah sehingga menimbulkan kesan bass yang dalam. Bagi sebagian orang suara ini keren, namun tidak untuk Aston Martin.

Mereka lebih suka suara mesin dominan di frekuensi yang lebih tinggi dan mereka mewujudkannya dengan melakukan ubahan dari segi intake, exhaust hingga mengubah manajemen mesin itu sendiri. Respon gas juga memegang peranan penting untuk mengubah karakter suara.

Intinya dengan ubahan sebanyak itu, Aston Martin tetap memiliki suara yang mereka inginkan, berkarakter dan tetap kencang. Ribet juga ya dunia tarik suaranya mobil. Jadi ingat bagaimana Honda merancang knalpot untuk Civic Type-R. Jika setiap mekanik bisa memikirkan hal semacam ini, bukan tidak mungkin bila karakter suara menjadi bahan jualan di setiap toko knalpot, betul tidak?

Read Prev:
Read Next:

Aswin Guntara - seorang mahasiswa kedokteran penyuka teknologi dan mobil. Memiliki ketertarikan pada mobil tangguh, bermesin diesel, serta torsi besar. Bercita - cita menjadi pembalap WRC dan drifter nasional. Saat ini sering menerima konsultasi seputar kesehatan, teknologi dan (tentunya) otomotif.