Shell Eco-marathon Asia-Pacific & Middle East Kembali Hadir, Diikuti Lebih dari 80 Tim!

by  in  Berita & CSR & Nasional
Shell Eco-marathon Asia-Pacific & Middle East Kembali Hadir, Diikuti Lebih dari 80 Tim!
0  komentar

AutonetMagz.com – Shell Indonesia akan menyelenggarakan Shell Eco-marathon Asia-Pacific and Middle East 2024 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok. Acara ini akan digelar pada 2-6 Juli 2024 dan ini merupakan ketiga kalinya sejak tahun 2022 Indonesia menjadi tuan rumah. Terdapat dua kategori kendaraan yakni Urban Concept dan Prototype dengan tiga kategori sumber energi yaitu internal combustion engine (bensin, solar atau etanol), baterai elektrik, dan sel bahan bakar hidrogen.

Tim Yang Berlaga

Ada lebih dari 80 tim pelajar dari 12 negara di kawasan Asia-Pasifik dan Timur Tengah akan berpartisipasi dalam program berskala regional ini. Hingga Juni 2024, ada lebih dari 40 tim pelajar dari Indonesia yang berpartisipasi dalam kompetisi ini. Mereka akan bertanding dengan tim yang berasal dari negara lain seperti Arab Saudi, Brunei Darussalam, Filipina, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Thailand, Tiongkok, dan Vietnam.

Tahun ini, Tim Arjuna Universitas Indonesia (UI) dan Tim Bumi Siliwangi 2 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) akan kembali bertanding. Berhasil menempati posisi keempat pada regional championship tahun lalu, tahun ini Tim Arjuna UI akan berkompetisi di Urban Concept dengan subkategori baterai elektrik. Sementara tim Bumi Siliwangi 2 UPI, pemenang posisi ketiga untuk subkategori bahan bakar hidrogen pada kategori Prototype tahun 2023 akan kembali berlaga di kategori yang sama tahun ini.

Wujudkan Semangat Berinovasi

Susi Hutapea, Vice President Corporate Relations Shell Indonesia, mengatakan, “Penyelenggaraan Shell Eco-marathon di Indonesia dalam tiga tahun terakhir merupakan upaya kami dalam memberdayakan generasi pemimpin energi untuk masa depan, termasuk para pelajar di tanah air. Program ini mewujudkan semangat generasi muda untuk berinovasi dan berkolaborasi dalam menciptakan teknologi yang dapat mendorong efisiensi. Hal ini diharapkan dapat menjawab tantangan energi di masa depan dan menghadirkan solusi transportasi yang inovatif.”

Shell Eco-marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 juga menggelar berbagai rangkaian acara (side events) dalam pemberdayaan generasi muda. Yaitu Shell LiveWIRE (program pengembangan wirausaha muda di bidang energi), Shell NXplorers (program pendidikan untuk generasi muda tentang critical thinking dan creative problem solving), dan Shell Indonesia Women’s Network (program diskusi dan pemberdayaan para siswa dalam menggali potensi untuk masa depan).

Read Prev:
Read Next: