Sergio Marchionne Mengundurkan Diri Dari FCA Karena Kesehatan Memburuk

by  in Berita&Chrysler&Fiat
Sergio Marchionne Mengundurkan Diri Dari FCA Karena Kesehatan Memburuk
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian yang selalu mengikuti pemberitaan tentang mobil – mobil dari aliansi Fiat Chrysler Automobile (FCA), seperti Alfa Romeo, Fiat, Chrysler, Abarth, Maserati, dan Jeep, maka kalian tentunya tak akan asing dengan nama Sergio Marchionne. Yap, Marchionne adalah CEO dari FCA dan memang sangat sering kita lihat beliau hadir dalam beberapa acara – acara yang melibatkan merk – merk di bawah FCA. Nah, kabar terbaru yang kami dapatkan adalah mundurnya Sergio Marchionne dari posisinya tersebut.

Sejatinya masa bakti dari Sergio Marchionne masih menyisakan sekitar 10 bulan ke depan, karena masa bakti dari Marchionne baru akan berakhir pada bulan mei 2019 mendatang. Namun, Sergio Marchionne harus mengawali pensiunnya karena masalah kesehatan yang dialamninya. Pihak FCA menyebutkan dalam rilis resminya bahwa pria keturunan Italia dan Canada tersebut baru saja menjalani operasi pada bahunya, dan selama masa pemulihan pasca operasi, sebuah komplikasi malah muncul dan membuat kesehatan dari Sergio Marchionne menurun. Komplikasi tersebut membuat kesehatan dari Marchionne semakin memburuk, dan membuat peluang dari Marchionne untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang CEO menjadi sangat kecil. Oleh karenanya pihak FCA lantas membuat keputusan ini.

Mike Manley (Pic by Bloomberg)

Salah satu Petinggi FCA, John Elkann menyebutkan pada minggu lalu bahwa pihaknya sangat sedih mengetahui kondisi kesehatan dari Sergio. John menambahkan bahwa kondisi saat ini tidak terpikirkan hingga beberapa jam yang lalu (Hari Sabtu silam), dan pihaknya merasa bahwa kondisi ini sangatlah tidak adil. Dengan pensiunnya Marchionne, pihak FCA menunjuk Mike Manley sebagai suksesornya. Manley sendiri akan langsung menjalankan perannya sebagai CEO, khususnya untuk kawasan yang ada di lingkup North America Free Trade Agreement alias NAFTA. Manley sendiri sebelumnya adalah petinggi dari Jeep dan juga RAM, dan Manley sendiri adalah aktor yang berberan dalam mengembangkan merk Jeep secara global. Manley sendiri akan melanjutkan blueprint dari rencana jangka besar Marchionne dalam 5 tahun ke depan.

John Elkann (Pic By Fortune)

Sergio Marchionne sendiri adalah salah satu personil lawas dari FCA, dimana laki – laki berusia 66 tahun ini sudah bergabung bersama dengan Fiat sejak tahun 2004. Sergio Marchionne  juga menjadi aktor yang penting yang membuat Fiat terhindar dari kebangkrutan. Selain itu, Sergio Marchionne juga menjadi dalang penting di balik aliansi FCA, karena beliaulah yang menjadi penengah dalam merger antara Fiat dan Chrysler di tahun 2009 silam. Sejak berdiri tahun 2014, FCA sendiri kini telah berkembang dengan positif di bawah Marchionne. Saat ini, FCA adala aliansi kedelapan terbesar secara global, dalam hal jumlah produksi. Selain FCA, Ferrari juga mengumumkan kemunduran Sergio Marchionne dari posisi Chairman dan CEO. Posisi Marchionne akan digantikan oleh John Elkann.

Tentunya kami berharap supaya kondisi kesehatan dari Sergio Marchionne berangsur – angsur membaik, dan di kemudian hari masih bisa beraktivitas dan juga memberikan sumbangsihnya pada dunia otomotif secara umum dan FCA secara khusus. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: