Selain di Indonesia, Negara Ini Masih Punya Isuzu Panther

by  in Isuzu
Selain di Indonesia, Negara Ini Masih Punya Isuzu Panther
0  komentar

AutonetMagz – Isuzu Panther memang mobil yang legendaris, setelah kita membahas Mitsubishi Kuda atau Mitsubishi Adventure yang masih ada di Filipina pada artikel sebelumnya disini. Tentunya Isuzu Panther adalah salah satu mobil yang tidak bisa kita lupakan.

Sama seperti Mitsubishi Kuda, di Filipina Isuzu Panther juga masih dijual dengan nama Isuzu Crosswind. Disana Crosswind menjadi salah satu mobil diesel yang cukup populer meski dari tahun 2001 tidak ada ubahan yang berarti hingga saat ini. Fitur-fitur keselamatan seperti airbags dan ABS pun masih absen.

Isuzu juga mencoba menyegarkan Isuzu Crosswind dengan beberapa kali facelift, mulai dari penggunaan lampu LED Positioning Lamp, lampu belakang model baru, beberapa ornamen grille, bumper, tutup ban serep hingga varian tertinggi mereka yang dinamakan Isuzu Crosswind Sportivo X tanpa embel-embel TRD.

Uniknya, meskipun mobil ini tergolong cukup lawas, ia sedikit lebih advanced dibandingkan dengan Mitsubishi Adventure, karena selain memiliki mesin diesel dengan turbo, ia juga memiliki varian transmisi automatic.

Lalu ngomong-ngomong soal turbocharged, mobil ini juga punya mesin turbo yang mungkin bisa dibilang kecil sekali boost bawaannya. Karena mobil ini hanya punya tenaga 85 Ps dan torsi 185 Nm di 2.000 Rpm, padahal ccnya cukup besar di angka 2.500 cc.

Selain di Filipina, Isuzu Panther juga masih dijual di India dengan nama Chevrolet Tavera. Ini lebih extrim lagi, tidak hanya nama mobilnya saja yang berbeda, tetapi brand mobilnya juga berbeda. Bukan Isuzu, tetapi Chevrolet.

Chevrolet Tavera ini punya mesin yang sama dengan Panther di Indonesia, hanya saja tenaganya turun menjadi 73.4 PS dan torsinya 171 Nm, tetapi RPM-nya lebih rendah di angka 1.800 rpm saja. Tavera juga tidak tersedia varian transmisi automatic.

Chevrolet Tavera di India tersedia 4 buah tipe, mulai dari Neo3, Neo3 Max, Neo3 LS dan Neo3 LT. Di varian tertingginya ia memiliki kursi captain seat dan kursi dengan bahan kulit. Terakhir, Tavera ini juga memiliki bentuk dashboard yang berbeda dengan Panther yang kita kenal.

Sampai kapan Isuzu Panther dan kembarannya yang beda nama dan merek ini bisa bertahan menghadapi mobil-mobil baru yang terus berinovasi? Kabarnya Isuzu Indonesia memang sedang menyiapkan Isuzu Panther Facelift sih, kita tunggu saja!

Read Prev:
Read Next: