Selain China, Mazda EZ-6 EV Juga Bakal Dijual Global!

by  in  Berita & International & Mazda
Selain China, Mazda EZ-6 EV Juga Bakal Dijual Global!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara segmen mobil listrik, mayoritas nama pabrikan asal Jepang memang terbilang agak ketinggalan. Padahal, pangsa pasar BEV atau mobil listrik murni kini cukup berkembang di sejumlah negara, termasuk di China. Dan salah satu pabrikan Jepang yang melakukan pendekatan yang menarik untuk pasar BEV adalah Mazda. Dimana mereka beberapa waktu lalu memperkenalkan Mazda EZ-6 sebagai BEV yang dikembangkan bersama dengan rekan mereka, Changan Auto.

Selain China, Bakal Dijual Juga di Eropa

Kalau kita perhatikan, Mazda EZ-6 memang berbeda dengan jajaran Mazda-Mazda lain yang kita kenal. Dan faktanya, memang Mazda EZ-6 menggunakan basis yang berbeda dari saudara-saudaranya. Mobil ini dibangun dari basis Changan Deepal SL03 yang sama-sama berbentuk sedan dan sudah dipasarkan lebih dahulu. Mazda EZ-6 sendiri akan dijual resmi di China pada musim gugur tahun 2024 ini, dan kabar baiknya, mobil ini tak hanya akan dipasarkan di China. Awalnya, kami mengira bahwa Mazda EZ-6 akan berstatus CDM karena mobil ini dikembangkan bersama dengan Changan. Namun, nyatanya Mazda EZ-6 akan go international di tahun ini juga.

Selain China, kabarnya Mazda EZ-6 juga akan dipasarkan di Eropa. Yap, Eropa juga memiliki pangsa pasar BEV yang lumayan menjanjikan, walaupun dalam beberapa waktu terakhir cenderung menurun. Artinya, Mazda EZ-6 tidak akan berstatus CDM, namun akan menjadi global model. Hanya saja, belum jelas negara mana saja yang akan mendapatkan sosok Mazda EZ-6 ini, termasuk juga negara Eropa mana saja. Pun begitu dengan Indonesia, kami masih cukup ragu bahwa Mazda Indonesia akan memboyong Mazda EZ-6 ke Indonesia. Apalagi, nampaknya belum ada versi setir kanan dari Mazda EZ-6 sejauh ini.

Spesifikasi Mazda EZ-6

Mazda EZ-6 sendiri akan dipasarkan di China dengan 2 opsi yaitu BEV maupun EREV. Varian BEV dari Mazda EZ-6 kabarnya akan menggunakan baterai berukuran besar yang diklaim punya range sejauh 600 kilometer. Sedangkan versi EREV dari Mazda EZ-6 diklaim akan memiliki range maksimal di 1.000 kilometer untuk 1 tangki bahan bakarnya. Belum ada informasi mengenai peforma motor listrik di mobil ini, namun jikalau berkaca pada Changan Deepal SL03, maka opsinya adalah motor listrik 215 hp dengan torsi 320 Nm, atau malah motor listrik 255 hp dengan torsi yang sama. Akankah Mazda EZ-6 jadi suksesor Mazda6 di sejumlah negara tujuannya? Kita tunggu saja.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: