Sayounara Honda Vario 110 : Stop Produksi Desember 2019

by  in Berita&Honda&Merek Motor
Sayounara Honda Vario 110 : Stop Produksi Desember 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita mundur sekitar 15 tahun lalu, sebenarnya segmen roda dua di Indonesia saat itu sudah jauh berbeda dengan yang ada saat ini. Kalau kala itu motor bebek alias moped masih merajai penjualan, maka kini skutik-lah yang memimpin pasar. Kalau kita bicara skutik dan juga merk Honda, maka nama Honda Vario jelas tidak bisa kita kesampingkan. Walaupun kini bukan merupakan skutik terlaris Honda, namun Honda Vario merupakan skutik pertama Honda yang melakukan penetrasi ke pasar lokal.

Yap, nama Honda Vario memang cukup identik dengan skutik pertama Honda di Indonesia, dimana kala itu motor ini menggunakan kubikasi 110cc dengan pendingin cair. Seiring berjalannya waktu, nama Honda Vario pun makin dikenal dan ada cukup banyak perubahan dari generasi ke generasi. Kubikasi pun mulai naik menjadi 125cc, lalu ke 150cc. Kehadiran Honda BeAT juga membuat nama Honda Vario terkatrol naik secara kelas dan segmentasinya. Di tahun 2012, pihak Honda secara resmi menaikkan kubikasi Honda Vario ke angka 125cc, namun menariknya, di tahun 2014 pihak Honda malah mengembalikan varian 110cc pada motor ini.

Yap, jika kita menghitung per tahun 2019 kemarin, maka usia dari Honda Vario 110 sudah mencapai 5 tahun. Dan selama itu jugalah Honda Vario 110 sudah eksis. Per bulan Desember 2019 kemarin, Honda Vario 110 pun akhirnya disuntik mati. Posisi dari Honda Vario 110 digantikan oleh line up baru yang lebih segar, yaitu Honda Genio, dengan kubikasi yang sama namun teknologi rangka baru. Saat ini, nama Honda Vario 110 sendiri sudah hilang dari situs resmi Astra Honda Motor, dan menyisakan sisa unit untuk dihabiskan di diler – diler Honda. FYI, walaupun menyandang nama ‘Vario’, namun sejatinya Honda Vario 110 tidak dibangun dari basis Honda Vario di jamannya.

Honda Vario 110 dibangun dari basis Honda BeAT pada jamannya, plus menggunakan mesin yang juga dicomot dari Honda BeAT. Oleh karenanya, tidak mengejutkan jikalau Honda Vario 110 tidak menggunakan pendingin cair seperti jajaran Vario Series lainnya. Honda Vario 110 bak menjadi Glorified BeAT dengan sejumlah fitur yang menarik. Sebut saja answer back system, lampu depan LED, teknologi mesin eSP, dan juga ACG Starter serta rem CBS. Beberapa fitur tersebut absen di Honda BeAT pada jamannya, sehingga bagi konsumen yang ingin fitur tersebut harus menebus sosok Honda Vario 110.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Adakah diantara kalian yang pernah atau masih menggunakan Honda Vario 110? Boleh share pengalaman kalian sob.

Read Prev:
Read Next: