Royal Enfield Bonneville Racer, Tunggangan Pemecah Rekor

by  in Berita&Royal Enfield
0  komentar

Autonetmagz.com – Sepertinya kami tak perlu lagi mengenalkan manufaktur motor ini kepada kalian lagi bukan? Ciri khas desain retro ala perang dunia selalu melekat pada nama Royal Enfield (RE). Walaupun memang pabrikan motor ini sudah berpusat di Chennai, India, tetap saja cita rasa british masih tertuang dalam setiap karya mereka. Setelah sebelumnya mengeluarkan Concept KX yang bertema tak biasa yaitu classic concept, baru-baru ini RE kembali ‘berulah’ dengan coba menjajal kemampuan top speed motor custom-nya di Bonneville Salt Flats, Amerika.

Kali ini ulah RE memang sedikit nyeleneh, yaitu mencoba jadi pabrikan motor yang membuat café racer tercepat di dunia. Yup mereka lebih memilih desain sebuah café racer ketimbang motor yang lebih streamline, cukup keras kepala memang menjaga heritage-nya. Namun untuk mempersiapkan sang café racer RE tidak main-main sama sekali. Menggaet langsung rumah modifikasi S&S Cycle untuk men-tuning jantung v-twin dari RE Continental GT 650 dan juga Harris Performance untuk membuatkan kerangkanya. Dua nama tersebut telah lama malang melintang dalam ajang adu kecepatan sepeda motor, jadi apa perlu mempertanyakan mengapa pihak riset RE di Inggris memilih mereka? Gabungan tiga institusi otomotif roda dua tersebut pun menghasilkan, The Bonneville Racer.

Sesuai dengan namanya, RE Bonneville Racer memiliki tema desain sebuah café racer sejati yang lebih menukik ke depan. Memang tidak keluar dari bahasa desain sebuah RE sama sekali, namun ada beberapa poin yang bisa menjadi highlight desain motor ini. Pertama ada pada bagian depannya yang minus lampu-lampu, suspensi upside down (USD), dan sepatbor depan besarnya. Lalu yang kedua ada pada bagian buntut yang bergaya tawon tapi tak membulat, malah meruncing! Terlihat juga pemakaian panel bodi diminimalisir untuk meringankan café racer tersebut.

Adapun ubahan yang terjadi berpusat pada sektor mesin, namun sayang data output-nya masih dirahasikan oleh pihak RE. Tetapi untuk ubahan apa saja yang dilakukan, semuanya dibeberkan secara gamblang. Mau tahu apa saja? Berikut daftarnya:

  1. S&S High Compression Piston Kit
  2. S&S Cylinder Sleeves
  3. S&S Forged Connecting Rod kit
  4. S&S Slide Throttle body kit
  5. S&S Camshaft kit
  6. S&S ECM & Harness kit
  7. S&S Undercut Transmission
  8. S&S High Flow Injector kit
  9. S&S Heavy Duty Stud kit
  10. S&S CNC Ported Cylinder Head
  11. S&S Manual Cam Chain Tensioner
  12. Translogic Power Shifter
  13. Rekluse High Performance Clutch kit
  14. Nitrous Express Nitrous Oxide system

Iya tabung biru yang berada di bawah jok itu adalah sebuah nitrous can jika kalian bertanya sejak melihat fotonya. Dengan 14 parts yang diubah tersebut, Bonneville Racer melalui 22 kali uji coba untuk mendapatkan waktu tercepatnya terlebih dahulu. Terus setelahnya berapa kecepatan maksimal yang didapat? Bukan angka yang terlalu menghebohkan sih, hanya mencapai 256 km/h saja. Tapi ingat, motor ini bukanlah sebuah hyperbike dengan kubikasi ribuan cc. Hanya sebuah custom café racer namun RE berhasil membuat Bonneville Racer menjadi motor tercepat dalam aliran desain tersebut! Hal ini sekaligus membuktikan bahwa potensi motor porduksi Royal Enfield sangatlah besar untuk di-custom.

Fun trivia, siapakah orang yang berada dibalik setang sepeda motor pemecah rekor ini? Ialah Cayla Rivas, seorang gadis berumur 18 tahun asal Fresno (bukan Tresno tolong), California, Amerika Serikat yang memang sudah berpengalaman dalam dunia balap motor. Lihat saja aksinya pada video yang telah kami tautkan untuk kalian. Pada saat berumur 18 tahun, apa yang sudah anda capai? Kalau penulis sih baru berani ngebut pakai motor matic yang sudah berumur 8 tahun. Jadi bagaimana menurutmu pencapaian baru dari pabrikan Royal Enfield ini? Kami ingin mengetahuinya dalam kolom komentar di bawah.

Read Prev:
Read Next: