Renault Triber Dirilis Resmi Di India, Penantang Calya-Sigra?

Renault Triber Dirilis Resmi Di India, Penantang Calya-Sigra?
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, pihak Renault India memperkenalkan sosok MPV kompak mereka, Renault Triber. Peluncuran resmi dari Renault Triber sendiri baru dihelat kemarin, dan mari kita bedah apa saja keunggulan dan selling poin dari sosok penantang Datsun Go+ dan kawan – kawannya ini.

Pertama, kita akan bahas urusan desain eksterior dari mobil ini. Dari sisi depan, Renault Triber memiliki tampilan yang cukup modern, dan juga cakep. Lampu utama yang menggunakan model proyektor ini terlihat sama sekali berbeda dengan saudaranya, Renault Kwid. Grille yang digunakan di mobil ini cukup khas Renault dengan bentuk 3 bilah horisontal dengan gerigi dan dilabur warna abu – abu yang dipadukan dengan ornamen krom. Logo Renault yang besar terpampang di tengah grille mobil ini. Bumpernya berkesan sporty, dengan LED DRL yang penempatannya terasa pas untuk mendongkrak tampilan mobil ini.

Ada body cladding berwarna hitam di sekujur body mobil ini, yang berarti mobil ini memang serius menerapkan styling ala Crossover.Skid plate silver juga diberikan di bumper depan mobil ini untuk menegaskan kesan crossover-nya. Pindah ke sisi samping, di fender depan terlihat ada lampu sein samping, yang mana penempatan semacam ini juga bisa kita temukan di Renault Kwid. Velg yang digunakan memiliki model palang 5 dual spoke dengan warna silver, dan sudah 4 baut dong. Terlihat ada roof rail berkelir hitam di atapnya, dan antena model biasa di sisi depan atapnya. Di sisi bawah, Renault Triber dibekali dengan side body moulding yang persis dengan milik Renault Kwid, tapi tanpa sticker.

Masih dari sisi samping, ada dua bagian yang menarik dari mobil ini. Pertama, body cladding yang membalut body mobil ini ternyata terputus di area tengah, jadi di bawah side body moulding mobil ini tidak ada aksen hitam ala crossover pada umumnya, sama seperti Kwid. Dan yang kedua, pilar C dari Renault Triber ini memiliki sedikit tonjolan yang nampaknya bakal menjadi ‘ciri khas’ dari mobil ini. Oiya, jika kalian perhatikan, overhang depan dan belakang mobil ini terbilang cukup minim. Pindah ke sisi belakang, kami rasa desainer Renault memang berhasil membuat desain yang rapi dari mobil ini. Buritan mobil ini cukup cantik untuk sebuah MPV kompak.

Lampu belakangnya dibuat memanjang dengan bentuk yang sekilas mengingatkan kami pada lampu belakang Wuling Cortez atau Suzuki SX4 SCross. Terdapat rear defogger dan rear wiper, rear camera serta sensor parkir 3 titik di buritan mobil ini. Aksen silver juga masih bisa ditemukan di bumper belakang mobil ini untuk memperkuat kesan ala ala CUV-nya. Masuk ke sisi dalam, interior dari Renault Triber sebenarnya biasa – biasa saja, dengan perpaduan warha beige dan abu – abu gelap. Layar sistem infotainment-nya berukuran 8 inci dan sudah mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Sedangkan panel instrumennya bergaya ala – ala futuristis dengan warna biru dan putih, serta MID berukuran 3,5 inci.

Yang menarik, Renault Triber sudah dibekali dengan sistem passive keyless entry menggunakan smart card dan juga push start stop button. Setirnya tidak ada steering switch, namun sudah menggunakan model flat bottom dengan ornamen silver. AC mobil ini masih model biasa, namun tombol hazard, dan defogger diatas kontroler AC terlihat cukup keren. Sedangkan di bawah kontroler AC terdapat sebuah laci terbuka. Sedangkan laci tertutup ada 2 tingkat di dashboard depan penumpang kiri. Renault Triber juga dilengkapi dengan double blower hingga baris ketiga, dimana blower untuk bangku baris kedua diletakkan di pilar B, dan untuk baris ketiga di atap. Kontroler double blower sendiri adal di konsol tengah, di belakang tuas rem parkir.

Renault Triber dipasarkan dengan mesin 1.000cc 3 silinder tanpa turbo yang memiliki tenaga maksimal di angka 72 PS pada 6.250 rpm dan torsi 96 Nm pada 3.500 rpm. Pilihan transmisinya ada manual 5 percepatan dan juga AMT Easy-R 5 percepatan. Dimensi dari Renault Triber sendiri memiliki panjang 3.990mm dengan lebar 1.739mm dan tinggi 1.643mm, plus jarak sumbu roda 2.636mm. Ground Clearance dari mobil ini ada di angka 182mm dan kapasitas bagasinya hanya 84 liter jika seluruh kursi ditegakkan. Kabarnya, harga jual dari Renault Triber akan dimulai dari 5 atau 5,5 lakh atau setara 100 hingga 120 jutaan Rupiah.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Nah, kami akan mencoba membandingkan spesifikasi mobil ini dengan Daihatsu Sigra – Toyota Calya – Datsun Go+/Cross di kesempatan yang lain. Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: