Renault Megane RS 2017 : Ancaman Serius Bagi Civic Type R!

Renault Megane RS 2017 : Ancaman Serius Bagi Civic Type R!
0  komentar

AutonetMagz.com – Renault juga mengambil ajang Frankfurt Motor Show untuk mendeklarasikan sebuah mobil yang telah lama dinanti. Setelah sekian lama beredar spyshot maupun penampakan dengan kamuflase, akhirnya mobil ini resmi menampakkan diri. Ya, inilah Renault Megane RS generasi terbaru yang siap membuat Ford Focus ST, VW Golf GTI dan Honda Civic Type R berkeringat dingin.

Dibanding Megane standar, Megane RS ini memiliki rongga roda yang lebih lebar dan juga dilengkapi dengan ventilasi asli pada bagian fender. Sekilas pandang, bagian roda ini tampak penuh dan proporsinya pas dengan bodi Megane. Meskipun bodinya terlihat gambot, keempat rodanya dapat berbelok dengan menggunakan teknologi 4Control kepunyaan Renault.

Sebenarnya 4Control ini hanya nama marketing saja, aslinya adalah teknologi 4 wheel steering yang pernah dirasakan di sini via Honda Accord Maestro puluhan tahun lalu, namun sekarang mobil-mobil seperti Porsche 918 Spyder, Ferrari F12tdf, Mercedes-AMG GT R dan Renault Megane RS ini mulai ramai lagi memakainya. Di kecepatan rendah, roda depan dan belakang akan berbelok secara lawan arah biar radius putar makin kecil, lalu di kecepatan tinggi, roda depan dan belakang akan berbelok searah biar mobil makin stabil.

Pada bagian bumper depan, terdapat lampu yang berbentuk menyerupai motif bendera finifsh terdapat diffuser yang bersanding dengan center muffler di bagian belakang. Beralih ke interior, setir yang memiliki garis merah di jam 12, bucket seat dan kombinasi warna merah dan sentuhan aluminium semakin memperkuat aura sporty, agar siapa pun yang mengendarainya seolah dipancing untuk menggeber mobil ini hingga performa terbaiknya.

Lalu, bagaimana soal mesin? Renault Megane RS menggunakan mesin 1.800 cc dengan turbocharger milik Alpine, bukan 2.000 cc seperti rumor yang beredar. Mesin ini mampu memproduksi tenaga sebesar 276 hp dengan torsi 390 Nm, dan semuanya disalurkan ke transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan dengan kopling ganda.

Kalau speknya seperti ini, sepertinya Honda Civic Type R sudah tidak bisa leha-leha lagi. Untuk menebar ancaman lebih, kemungkinan Renault Megane RS akan dibawa ke Nurburgring untuk mencoba memecahkan rekor mobil FWD tercepat yang saat ini dipegang oleh Civic Type R. Tentu saja Renault sangat berambisi, sebab sebelum ditendang oleh Civic dan Golf, Renault Megane RS adalah mobil FWD tercepat di sana.

Kira-kira dari kedua mobil FWD ini siapa yang menang ya? Kalau pun yang RS ini masih kurang joss, Renault berjanji akan ada Renault Megane RS Trophy yang lebih pedas. Menurut kalian perlu tidak mobil ini datang ke Indonesia dan melawan Civic Type R? Tak salah kan, toh Renault Indonesia juga pernah menjual Megane RS lama. Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next: