Ramaikan LA Auto Show, Saleen Bawa Mobil Baru Saleen S1

by  in International
Ramaikan LA Auto Show, Saleen Bawa Mobil Baru Saleen S1
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang ingat Saleen? Ini merek mobil asal Amerika yang namanya pernah menempel di beberapa unit Mustang, Camaro, Challenger dan Tesla. Selain mengutak-atik mobil lain, mereka punya supercar sendiri di tahun 2000 bernama Saleen S7 bermesin 7.000 cc V8 dari Ford, bertenaga 550 hp. Tahun 2005, mereka merilis versi twin turbo yang bisa tembus 750 hp. Mobil ini pernah muncul dalam beberapa game balap mobile.

Selain dari Saleen S7, Saleen pernah membuat sebuah mobil konsep bernama Saleen S5S Raptor. Merasa familiar dengan bentuknya? Tidak heran, sebab mobil listrik buatan Indonesia, Selo agak mirip dengan Saleen S5S Raptor kala dibandingkan fotonya secara bersebelahan. Yang jelas, Saleen lebih dulu memperkenalkan bentuk S5S Raptor daripada Selo. Bedanya lagi, Selo pakai listrik, kalau Saleen S5S Raptor pakai mesin 5.000 cc V8 supercharger.

Menjelang persiapan LA Auto Show, Steve Saleen selaku CEO Saleen memastikan bahwa Saleen mempersiapkan debut mobil baru bernama S1. S1 sendiri adalah kependekan dari Saleen 1, didesain dan dirancang seutuhnya oleh tim Saleen, termasuk Steve Saleen sendiri di California. Produksinya pun dikatakan sudah bisa dilakukan saat perintahnya sudah masuk. Sebelumnya, Saleen S1 tertangkap tangan muncul di China.

Awal mulanya, rencana untuk membuat Saleen 1 bermula saat sebuah perusahaan bernama JSAT (Jiangsu Saleen Automotive Technology Group) membeli segala peralatan dari lini produksi Artega GT, mobil sport RWD bermesin tengah buatan Jerman yang hadir dari 2009 hingga 2012. Melihat alat-alat produksi tersebut nganggur, Saleen memutuskan untuk membuat mobil baru daripada harus membuat Artega GT baru.

Nantinya, semua Saleen S1 akan dibuat di Amerika Utara, tapi pabrik JSAT yang berlokasi di Rugao, China juga akan mempertimbangkan membuka lini produksi baru untuk mobil-mobil Saleen, termasuk Saleen S1 tentu saja. Menurut Autoguide, Saleen S1 akan pakai mesin 2.300 cc 4 silinder turbo eks Ford Focus RS dan Mustang EcoBoost, bertenaga 450 hp dan torsi 577 Nm dan sanggup berlari hingga 299 km/jam. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: