Qoros 3, Sedan Cina Pertama Yang Meraih Rating Tertinggi Euro NCAP

Qoros 3, Sedan Cina Pertama Yang Meraih Rating Tertinggi Euro NCAP
0  komentar

Qoros_3_sedan

AutonetMagz – Apa yang terlintas di benak anda waktu mendengar atau melihat label “Made in China”? Mungkin langsung terbayang barang-barang replika atau tiruan dengan harga murah dan berkualitas rendah, susah mencari suku cadangnya, dan beberapa citra kurang bagus dari Negeri Tirai Bambu tersebut. Namun bersiaplah untuk membuang anggapan itu jauh-jauh saat bertemu Qoros 3, karena mobil buatan Cina ini menjadi mobil Cina pertama yang mampu meraih nilai keamanan maksimal di Euro NCAP.

Qoros Auto adalah pabrikan otomotif yang berdiri tahun 2007 dan bermarkas di Shanghai, Cina. Qoros dimiliki oleh sebuah perusahaan Israel dan pabrikan mobil asal Cina, Chery. Salah satu model terbaru mereka adalah Qoros 3, yang tampil dalam wujud sedan 4 pintu pada Geneva Motor Show Maret 2013 lalu, namun baru dijual menjelang akhir 2013. Selain sedan, Qoros 3 juga akan tampil dalam versi hatchback yang akan diluncurkan tahun ini, sementara versi Crossover, Hybrid dan Estate baru sebatas konsep saja.

Qoros 3 Sedan Rear

Entah kebetulan atau tidak, langkah yang diambil Qoros untuk mendesain mobil mereka mirip dengan merek terkenal asal Korea, KIA. Seperti yang kita ketahui, presdir KIA sekarang adalah Peter Schreyer yang dulunya adalah desainer Audi. Sementara itu, Qoros 3 didesain oleh Gert Hidebrand, yang dulunya adalah desainer Mini. Sepertinya Qoros melihat kesuksesan KIA setelah disentuh oleh tangan dingin desainer mobil Eropa, dan Qoros mencoba peruntungan mereka dengan melakukan langkah yang sama.

Eksterior Qoros 3 benar-benar terkesan elegan dan berkelas. Desainnya sangat kental akan nuansa sedan Eropa yang sarat akan garis-garis kemewahan, namun bila kita jeli, masih tampak beberapa garis yang mirip dengan detail dari mobil lain, seperti headlamp yang agak menyerupai BMW seri-3 E90, serta desain airdam dan foglamp depan yang mirip Volkswagen Scirocco. Dari samping pun, bentuknya mirip dengan sedan-sedan keluaran BMW, terutama di bagian pilar C mobil. Sementara tampak belakang, lampu rem LED model garis seperti milik BMW sangat sedap dipandang, dipadu dengan dual muffler yang menggenapi penampilannya.

Qoros 3 Sedan Driver Seat

Kesan mewah juga berlanjut ke interior. Qoros 3 memiliki interior berwarna coklat muda dan hitam yang terkesan lapang dan simple. Tidak banyak warna atau lekukan aneh di dashboard atau sekitar panel instrument, jadi mata kita akan mudah terbiasa dengan interiornya. Di tengah, kita akan menemukan layar TFT touchscreen resolusi tinggi yang menampilkan banyak informasi, seperti GPS dan kondisi kendaraan.

Untuk pilihan mesin, Qoros 3 tersedia dalam mesin bensin 1.6 liter 4 silinder, dengan varian non-turbo dan turbo. Versi non-turbo menghasilkan tenaga 128 HP dan torsi 155 Nm, sedangkan versi turbo mampu mencapai tenaga 156 HP dan torsi 210 Nm. Keduanya tersedia dalam transmisi 6-pecepatan manual dan transmisi otomatis dual clutch berpenggerak roda depan.

Qoros 3 Sedan Interior

Untuk urusan keamanan, Qoros 3 tidak tanggung-tanggung. Qoros dilengkapi 6 airbag, kontrol stabilitas, struktur bodi dan sasis yang kokoh serta jok ISOFIX. Euro NCAP pun memberikan hasil 5 bintang setelah melalui beberapa tes tabrak untuk Qoros 3, dan Qoros 3 membukukan 95% untuk perlindungan orang dewasa dan 87% untuk perlindungan anak-anak. Qoros 3 juga mendapat penghargaan sebagai Small Family Car terbaik di tahun 2013 dan menjadi yang terbaik dari 33 mobil yang dites oleh Euro NCAP di tahun 2013.

Saat ini, Qoros 3 telah dipasarkan di China dan Slovakia seharga ¥119,900 hingga ¥167,900, atau sekitar 150 juta hingga 220 juta rupiah dan hanya tersedia dalam versi setir kiri. Wah, coba kalau mobil ini masuk Indonesia, bisa jadi ancaman serius buat sedan Jepang bahkan Eropa nih!

Read Prev:
Read Next:
  • Kalo ada nama israel-nya,kayaknya ga laku di jual disini

    • Hillarius Satrio

      wah, kalo gitu harusnya cukup bilang kalo ini buatan china aja ya seandainya masuk sini.. haha