KIA Grand Carnival 2021 Siap Rilis, Makin Gagah!

by  in Mobil Baru
KIA Grand Carnival 2021 Siap Rilis, Makin Gagah!
0  komentar

Autonetmagz.com – Dalam dunia otomotif yang kini didominasi mobil berjenis SUV (sports utility vehicle) dan crossover, sebuah manufaktur akan berpikir dua kali sebelum merilis mobil seperti MPV (multi purpose van) ataupun sedan. Karena faktanya mayoritas orang sekarang lebih menyukai mobil SUV atau crossover berkat bentuknya yang macho dan memiliki sense of adventure. Tapi bagaimana kalau ada sebuah MPV berbeda dengan yang lain? Memiliki mesin dengan tenaga besar dan styling ala-ala SUV, well KIA memiliki jawabannya.

Perkenalkan KIA Grand Carnival terbaru untuk tahun 2021, sebuah MPV yang KIA kategorikan sebagai Grand Utility Vehicle. Pertanyaannya adalah, mengapa mobil ini memiliki kategori nya sendiri? KIA menjelaskan bahwa mereka ingin membedakan KIA Grand Sedona dari MPV biasa dan memberikan esensi bahwa mobil ini adalah sebuah van yang macho dan gagah. Dan memang ini adalah MPV yang ganteng, dengan aksen-aksen ala SUV seperti skid plates di bagian bemper depan dan belakang, body cladding berwarna hitam dan juga roof rails. Dibanding generasi sebelumnya yang lebih elegan, dimensi KIA Grand Carnival terbaru ini sudah di revisi sedikit dengan overhang yang lebih pendek dan kap mesin yang lebih panjang, hasil dari KIA memundurkan sedikit pilar A mobil ini.

Fascia depan KIA Grand Carnival masih menggunakan konsep “Tiger Nose” khas KIA dengan sedikit perubahan desain grille lebih cekung. Lampu depan LED dengan desain baru yang memiliki LED Daytime Running Lights khas untuk mobil ini terintegrasi dengan rapih kedalam grille. Pindah ke samping, desainer KIA menyederhanakan garis-garis mobil supaya lebih enak dipandang dan tidak berlebihan. Pilar A dan D menggunakan aksen hitam untuk memberi aksen ala-ala floating roof yang lagi tren zaman sekarang. Bagian Pilar C nya berbentuk fin yang secara elegan menyambung ke bagian belakang.

Di sisi belakang, terdapat taillight LED baru yang memanjang diseluruh bagian belakang mobil, memberikan kesan tegas namun mewah. Mengakhiri tur eksterior mari bahas velg dimana KIA menawarkan tiga opsi dengan pilihan ring 17, 18 dan 19. Kalau ingin membeli mobil ini, disarankan mengambil yang 19 supaya seimbang dengan dimensi mobil.

Nah sekarang ayo bahas interior dan sebuah fun fact, KIA Grand Carnival saking besarnya bisa mengangkut 11 penumpang. Yes 11, ini sudah menjadi ciri khas MPV Flagship KIA tersebut selama beberapa tahun terakhir. Untuk KIA Grand Carnival 2021 bisa dibilang semua 11 orang yang naik mobil ini akan merasa aura premium kabinnya. KIA telah merombak besar-besaran kabin mobil ini dengan memberikan teknologi dan kenyamanan sekelas kompetitor dari Eropa. Mulai dari layar sebesar 12,3 inci yang nampak mengambil inspirasi dari Mercedes-Benz dengan mengintegrasi layar infotainment dengan driver display.

Untuk beberapa pasar, KIA memberikan fitur-fitur seperti Apple Car Play, Andoroid Auto, Live Telematics, KIA Live Services yang termasuk informasi jalanan secara langsung, informasi cuaca, informasi parkir dan point of interest kota atau tempat yang sedang dikunjungi. Yang menarik dari ini semua adalah, kalian bisa input tujuan kalian ke sistem navigasi mobil sebelum jalan, ini bisa dilakukan lewat sambungan Bluetooth di sistem infotainment.

Soal kelegaan kabin, mobil ini interiornya lebih lebar karena dimensinya bertambah dari generasi sebelumnya. KIA Grand Carnival terbaru lebih panjang 40mm, dimana 30mm-nya bertambah di wheelbase dan lebar juga bertambah 10mm, ini semua berdampak pada kapasitas kargo dan dimensi kabin. Sudah dijelaskan kalau mobil ini bisa bawa 11 penumpang betul? Nah untuk baris kedua, para penumpang bisa merasakan “Premium Relaxation Seat“-nya KIA dengan pengaturan untuk armrest dan ottoman. Adapun tombol “Relaxation” dimana kursinya bisa masuk kedalam posisi yang memberikan kesan duduk di kelas bisnis pesawat.

Sekarang mari kita bahas soal fitur keselamatan dan disini KIA sama sekali tidak pelit dan mengeluarkan semua senjata mereka, tapi tergantung pasarnya rilis dimana ya. Mulai dari airbag mobil ini ada tujuh, pilar-pilarnya diperkuat menggunakan besi kuat dan hot pressed untuk bisa menahan tabrakan besar. Teknologi keselamatannya tidak ada yang dilupakan, diantara fitur-fitur keselamatannya ada Autonomous Emergency Braking With Cyclist and Pedestrian Detection, Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Traffic Sign Recognition dan Driver Attention Warning. Cap jempol untuk KIA dengan ketersediaan fitur-fitur keselamatannya.

Untuk menambah kepercayaan diri pengemudi dan penumpang saat berada di jalan, kaki-kaki KIA Grand Carnival sudah mendapatkan penyegaran dengan adanya suspensi independen yang memberikan rasa berkendara lebih senyap dan nyaman. Chassis mobil inipun sudah dibuat lebih stiff demi meminimkan bodyroll.

Dan terakhir kita harus bahas mesinnya karena soal dapur pacu, mobil ini sangat menarik. KIA menawarkan tiga varian mesin, tapi yang paling memancing perhatian adalah mesin V6 nya dengan tenaga sebesar 294ps dan torsi 355nm. Untuk sebuah mobil keluarga, angka ini sangat impresif, tapi perlu di konsiderasi bobot mobil ini, memang mesin besar sangat diperlukan jika ingin membawa full load. Varian mesin lain termasuk V6 versi port injection dengan tenaga dan torsi lebih kecil, lebih tepatnya 272ps dan 332nm. Demen torsi dan ingin mengubah KIA Grand Carnival kalian menjadi geng cumi? Tenang KIA juga menyediakan mesin diesel 2.200cc Smartstream empat silinder turbo yang menghasilkan tenaga 202ps dan torsi 400nm. Semua pilihan mesin mobil ini akan menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis.

Jadi itulah KIA Grand Carnival terbaru, mobil ini akan dijual KIA di Korea Selatan mulai hari ini. Apa opini kalian soal mobil ini? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: