Porsche Cayenne Akan Mulai Dirakit di Luar Eropa? Dimana?

Porsche Cayenne Akan Mulai Dirakit di Luar Eropa? Dimana?
0  komentar

AutonetMagz.com – Porsche merupakan pabrikan mobil asal Jerman yang memiliki pabrik utama di Stuttgart, Jerman. Semua jenis mobil Porsche diproduksi disana. Salah satunya adalah SUV bongsor mereka, Porsche Cayenne. Namun, Porsche mengumumkan untuk pertama kalinya, mereka akan merakit Cayenne di luar Eropa. Dimana ya kira-kira?

Porsche CKD Cayenne di Malaysia

Pada September tahun lalu, Porsche pertama kali mengumumkan rencana mereka untuk memulai perakitan lokal mereka di Malaysia. Ini merupakan pabrik Porsche pertama yang berletak di luar benua asalnya yaitu Eropa. Porsche akan merakit CKD Kit (Completely Knocked-Down) dari Porsche Cayenne khusus untuk pasar Malaysia. Pabrik baru Porsche tersebut mendapatkan listrik tambahan dari panel surya, sementara teknologi pemanenan air hujan juga telah digunakan untuk mengurangi air limbah. Pabrik ini juga dikelola secara eksklusif oleh pihak Malaysia.

Dengan merakit Porsche Cayenne di Malaysia, Porsche mampu menurunkan harganya secara signifikan. Porsche Cayenne buatan lokal dibanderol mulai dari harga RM 550.000 atau setara dengan 1,9 Miliar Rupiah, sedangkan model yang diimpor dari luar negeri membuat pembeli lokal membayar RM 665.000 atau setara dengan 2.3 Miliar Rupiah. Lumayan jauh kan selisihnya? Bisa buat beli minyak goreng selama beberapa tahun.

Fitur Jadi Lebih Komplit

Porsche Cayenne Malaysia menggunakan mesin bensin V6 3.0 liter turbocharged dengan tenaga 335 HP antara 5.300 rpm dan 6.400 rpm dan torsi 450 Nm dari 1.340 rpm hingga 5.300 rpm. Porsche Cayenne tersebut juga menggunakan transmisi 8 Speed Automatic Tiptronic S yang disalurkan ke empat roda atau AWD (All Wheel Drive).

Porsche Cayenne versi standar di Malaysia memiliki banyak fitur yang sebelumnya opsional pada model impor. Misalnya, mobil ini menggunakan velg RS Spyder 21 inci, sistem suara Surround Bose, kursi kenyamanan 14-arah yang dapat disesuaikan dengan fungsi memori, dan sistem Park Assist Porsche dengan tampilan depan, belakang, dan surround. Fitur utama lainnya termasuk Porsche Dynamic Light System, lampu belakang LED, layar infotainment 12 inci, setir sport, dan kontrol iklim empat zona.

Masih belum diketahui apakah Porsche Cayenne yang diproduksi di Malaysia akan dijual di Indonesia atau tidak. Namun, jika masuk ke Indonesia dari segi harga akan jauh lebih murah dibandingkan impor langsung dari Jerman dan dengan fitur yang lebih lengkap. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: