Polemik Uang, CEO Nissan Hiroto Saikawa Mengundurkan Diri

Polemik Uang, CEO Nissan Hiroto Saikawa Mengundurkan Diri
0  komentar

AutonetMagz.com – Selain Carlos Ghosn yang sudah dipecat, sosok lain dari pucuk pimpinan Nissan yang cukup sering muncul dalam acara – acara penting pabrikan asal Jepang ini adalah CEO mereka, Hiroto Saikawa. Namun sayangnya Saikawa-san tidak akan lagi muncul di hadapan awak media sebagai CEO dari Nissan, karena beliau baru – baru ini menyatakan pengunduran dirinya. Masalah yang terendus adalah terkait pembayaran yang diterima dari Saikawa-san dianggap melebihi angka yang seharusnya.

Nampaknya, mimpi buruk yang dialami oleh Ghosn juga melibatkan lebih banyak pihak. Saikawa-san yang menyatakan mundur dari posisi CEO Nissan juga bermasalah dengan uang, lebih tepatnya pembayaran dari skema apresiasi saham Nissan. Nah, masalahnya bukan karena Saikawa-san merasa angkanya kurang, melainkan beliau tertangkap tangan menerima pembayaran dengan angka yang lebih besar dari seharusnya. Oleh karenanya, BoD dari Nissan meminta Saikawa-san untuk mengundurkan diri, dan Saikawa-san sendiri mengiyakan hal tersebut.

Pengunduran diri ini akan efektif per tanggal 16 September 2019 mendatang. Sementara, COO dari Nissan, Yasuhiro Yamauchi bakal memerankan tugas ganda sebagai COO sekaligus CEO dari Nissan hingga ada kandidat CEO baru yang muncul. Mengutip informasi via Bloomberg, investigasi menyebutkan bahwa Saikawa-san telah menerima pembayaran dari skema apresiasi saham Nissan, namun angkanya lebih 90 juta Yen dari seharusnya. Kalau dirupiahkan, maka angka tersebut mencapai 11,7 Milyar Rupiah. Saikawa-san mengakui adanya kondisi tersebut, dan menyebutkan bahwa dirinya tidak sendiri.

Saikawa-san menyebutkan bahwa ada eksekutif Nissan lain yang juga mendapatkan pembayaran diatas yang seharusnya, walau tak ada nama yang disebutkan oleh beliau. Yasushi Kimura, Bos dari Nissan, menyebutkan bahwa pihaknya akan memutuskan siapa suksesor dari Saikawa-san pada akhir bulan Oktober 2019 mendatang. Dari rekam jejaknya, Saikawa-san sendiri menjabat menjadi CEO Nissan sejak tahun 2017 silam. Sedangkan sebelumnya, Saikawa-san menduduki posisi Co-CEO yang mendampingi Carlos Ghosn.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian? Apa yang kalian harapkan dari calon CEO Nissan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: