PLN Sedang Mengembangkan SUV & MPV Bertenaga Listrik!

by  in Berita&Nasional
PLN Sedang Mengembangkan SUV & MPV Bertenaga Listrik!
0  komentar

AutonetMagz.com – Era elektrifikasi kendaraan bermotor memang menjadi sebuah perbincangan yang sedang hangat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini membuat banyak pihak tertarik untuk terjun di dalam segmen kendaraan bertenaga listrik, utamanya mobil listrik. Nah, salah satu perusahaan yang baru – baru ini menyatakan ketertarikannya pada segmen mobil listrik adalah salah satu BUMN, yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Sumber CNN Indonesia

Mengutip informasi via CNN Indonesia, pihak PLN melalui anak perusahaannya yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) ternyata tengah mengembangkan mobil listrik produksi mereka sendiri, dan mobil tersebut berjumlah 2 model dimana model pertama adalah sebuah MPV dan model kedua adalah sebuah SUV. Nah, mengutip dari sumber, Manajer Pengembangan Energi Baru Terbarukan dari PT PJB, yaitu Dimas Kaharudin mengamini hal tersebut. Menurutnya, pihak PLN memang memberikan tugas pada PT PJB untuk membuat kendaraan dengan konsep yang ramah lingkungan dalam rangka riset mobil listrik.

Sumber CNN Indonesia

Nah, jika kalian berharap mobil ini sudah ada dan siap dipamerkan, maka kalian harus sedikit bersabar. Saat ini, proyek mobil listrik milik PLN sendiri masih ada di tahap sketsa, sehingga untuk urusan detail spesifikasi dari sang mobil listrik tentunya masih belum tergali. Hanya saja, Dimas mengkonfirmasi bahwa masing – masing mobil listrik tersebut bakal memiliki dua motor listrik yang masing – masing memiliki tenaga 268 hp dan juga torsi 750 Nm, wow. Sketsa dari kedua mobil listrik PLN ini sendiri sudah dikerjakan dalam 2 tahun terakhir, dan dijadwalkan prototipenya akan hadir di tahun kelima.

Artinya, kedua mobil ini nampaknya baru terlihat wujud aslinya 3 tahun mendatang. Namun, di kemudian hari, PT PJB tidak akan menjadi pihak yang bertanggung jawab lagi pada proyek mobil listrik ini, melainkan bakal ada satu anak perusahaan baru yang khusus menangani proyek tersebut. Satu detail lain yang menarik pada proyek mobil listrik PLN ini adalah penggunaan bahan carbon fiber pada rangkanya yang tentunya bakal membuat mobil ini menjadi lebih ringan. Untuk SUV dari PLN ini sendiri akan bernama S-Series dengan kapasitas 5 penumpang, sedangkan MPV-nya bakal bernama E-Series dengan kapasitas 7 penumpang.

Jadi, apa pendapat kalian pada proyek milik PLN ini? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: