Pertamax Turbo Gandeng WRT dalam Ajang World Endurance Championship 2024!

by  in  Berita & International & Motorsports
Pertamax Turbo Gandeng WRT dalam Ajang World Endurance Championship 2024!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pertamina sudah sejak lama masuk kedalam sponsor dari kancah motorsport internasional. Sejak tahun 2016, Pertamax Turbo sudah menjadi sponsor Sean Gelael berlaga di GP2 begitu juga dengan World Endurance Championship. pada tahun 2024 ini Sean Gelael akan menjadi pembalap untuk WRT dan Valentino Rossi akan bergabung secara full pada series WEC ini, dengan kendaraan yang berbeda.

Tim Balap dan Jalannya Balapan

Bagi yang belum familiar, W Racing Team (WRT) adalah tim balap yang berdiri pada 2009 dan bermarkas di Baudour, Belgia. WRT telah mengikuti FIA World Endurance Championship (FIA WEC), European Le Mans Series, GT World Challenge Europe, Intercontinental GT Challenge, dan ADAC GT Masters. Tahun 2024 merupakan kali pertama WRT ikut di kelas Hypercar, sementara program di kelas LMGT3 mereka menurunkan dua mobil yakni Car 31 dan Car 46. Yang mana salah satu pebalapnya adalah Sean Gelael.

Sementara FIA World Endurance Championship (WEC) adalah kejuaraan dunia utama jenis sportscar berbentuk lomba ketahanan mobil. FIA WEC 2024 digelar selama delapan putaran di Eropa, Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Timur Tengah. Jarak lombanya sendiri bervariasi, dari 6 jam hingga 24 jam. Tahun 2024, kelas Hypercar terdiri dari 19 mobil dari sembilan pabrikan ternama seperti Alpine, BMW, Cadillac, Ferrari, Isotta Fraschini, Lamborghini, Peugeot, Porsche, dan Toyota. Sementara kelas LMGT 3 diikuti oleh 18 mobil yang berasal dari tim Aston Martin, BMW, Corvette, Ferrari, Ford, Lexus, Lamborghini, McLaren, dan Porsche.

Mobil dan Driver

Pada tahun ini, mereka akan menggunakan BMW M4 GT3 yang nantinya akan dipajang pada booth Pertamina di IIMS. Mobil tersebut mengandalkan mesin M TwinPower Turbo berkode P58 dengan kubikasi 3.0l straight six. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya 590 hp dan dipadukan dengan transmisi X-trac 6-speed gearbox. Konsumsi bahan bakar sendiri berada di angka 9,8 liter/100 km, atau lebih dari 10 km/l (karena kalau balapan jangan terlalu sering isi bensin, durasi).

Di kelas LMGT3 mereka menurunkan dua mobil yakni Car 31 dan Car 46. Car 31 dikemudikan oleh Sean Gelael (Indonesia) sebagai driver 1, Augusto Farfus (Brasil) sebagai driver 2, dan Darren Leung (Inggris) sebagai driver 3. Sementara Car 46 dikemudikan oleh Valentino Rossi (Italia) sebagai driver 1, Maxime Martin (Belgia) sebagai driver 2, dan Ahmad Al-Harthy (Oman) sebagai driver 3.

Read Prev:
Read Next: