Perkenalkan Yamaha Sports Ride, Ini Dia Konsep Mobil Sport Mini Yamaha!

Perkenalkan Yamaha Sports Ride, Ini Dia Konsep Mobil Sport Mini Yamaha!
0  komentar
yamaha sports ride concept

AutonetMagz.com – Seperti janjinya kemarin, kini Yamaha resmi memperkenalkan visi mereka soal berkecimpung di pasar otomotif roda 4. Konsepnya bukan city car seperti Yamaha Motiv, tapi lebih ke arah mobil sport. Yap, apa yang anda lihat ini adalah mobil sport konsep Yamaha yang dinamai Sports Ride. Hmm, kenapa namanya Sports Ride ya? Menurut kami bakal lebih pas jika namanya Sports Drive, mengingat ini bukan motor, tapi mobil.

Di balik tampangnya yang menyeringai, Yamaha tergolong total dalam merancang bodinya. Seluruh panel bodinya menggunakan bahan carbon, bukan fiberglass. Seluruh strukturnya yang dibuat dengan variasi carbon fiber dari layout iStream, namanya iStream Carbon. Berarti ia mirip dengan Alfa Romeo 4C yang juga menggunakan sasis carbon fiber. Perlu diketahui, desainernya bukan anak kemarin sore, melainkan seorang Gordon Murray, desainer McLaren F1 yang legendaris.

yamaha sports ride concept istream layout

Yamaha bilang, Sports Ride berbobot kurang dari 750 kilogram, dan bobot yang ringan dimaksudkan supaya kenikmatan berkendaranya sama dengan sensasi berkendara saat naik motor. Ya sih, tapi kalau naik Sports Ride, nggak perlu neduh di kolong jembatan layang atau halte kalau tiba-tiba hujan turun dan tidak bawa jas hujan, lain ceritanya kalau naik Yamaha R1 sekalipun. Kalau hujan ya kehujanan, nrimo wae.

Produsen motor berlogo garpu tala itu mengatakan bahwa proses manufaktur iStream dapat digunakan untuk menghasilkan layout yang ringan dan kaku untuk segmen yang berbeda, mau itu mobil sport, city car atau SUV. Proses yang dibuat dan dikembangkan oleh Murray dan timnya, melibatkan ikatan panel komposit untuk frame tubular, mampu menekan biaya produksi dan berat keseluruhan kendaraan yang sudah jadi.

yamaha sports ride concept interior

Kabin Sports Ride didesain minimalis, menggabungkan material logam, kulit dan carbon. Tujuannya untuk menjaga kesan simpel dan lightweight, dan banyak media internasional yang memprediksi bahwa mobil ini bakal masuk ke ranah Lotus Elise dkk. sebagai lightweight sportscar. Tapi memangnya mesinnya bagaimana sih?

Sayang sekali, Yamaha memilih bungkam saat ditanya soal mesinnya. Akan tetapi, warta dari Carscoops menyebutkan kalau mesinnya merupakan mesin yang sama dengan Yamaha Motiv, 1.000 cc 3 silinder 80 hp dengan sedikit revisi. Lah, setara mesin city car dong? Kami harap sih rumor ini salah, tapi kita lihat saja nanti.

yamaha sports ride concept rear

Banyak pihak yang menagih Yamaha untuk memproduksi mobil ini segera, tapi apa mereka serius? Harusnya sih iya, soalnya mereka sudah keluar banyak uang untuk membuat pabrik yang didedikasikan untuk mobil produksi mereka, mubazir dong kalau nggak dipakai. Apa menurutmu Yamaha Sports Ride ini layak masuk jalur produksi? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • subaru

    seperti biasa..yamaha konsen ke sasis dulu…ntar tinggal templokin mesin piksen 15 biji dilakban udah deh 1500cc kuenceng

  • Andy Ma’sum

    Yamaha sudah berpengalaman membuat mesin Mobil..bahkan Yamaha pernah suplai mesin until Mobil Volvo