Pencipta Mobil Listrik Nasional Divonis Penjara 7 Tahun dan Denda 17 Miliar!

by  in International&Nasional
Pencipta Mobil Listrik Nasional Divonis Penjara 7 Tahun dan Denda 17 Miliar!
0  komentar
Selo Mobil Listrik Indonesia

Jakarta, AutonetMagz – Masih ingat kasus mobil listrik Indonesia yang tak lolos uji emisi dan dikasuskan? Kami mendapatkan kabar terbaru yang tidak kalah mencengangkan dan membuat kami bersedih ketika mendengar berita ini. Rasanya hampir tidak percaya!

Majelis Hakim Pengadilan Tipikor (Tindak Pidana Korupsi) menyatakan bahwa Dasep Ahmadi selaku Direktur PT Sarimas Ahmadi Pratama terbukti melakukan tindakan memperkaya diri yang menggunakan keuangan negara. Putusan tersebut diketuk palu oleh Arif Waluyo selaku Ketua Majelsi Hakim pengadilan Tipikor.

Dasep Ahmadi dan Mobil Listrik

Dasep Ahmadi bersama mobil listrik Evina

Atas putusan tersebut, Dasep dijatuhi hukuman selama 7 tahun penjara dan denda 17.1 Miliar yang harus dibayarkan ditambah denda subsider 200 juta Rupiah. Jika dalam 30 hari setelah putusan uang pengganti tidak dipenuhi oleh Dasep, maka harta benda milik Dasep Ahmadi akan disita, dan jika masih tidak cukup, ia akan ditambah 2 tahun penjara. Duh!

Kasus ini bermula dari permintaan Kementrian BUMN yang saat itu dipimpin oleh Dahlan Ishkan untuk mendukung kegiatan Konferensi APEC yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2013 silam. Kementrian meminta PT Sarimas Ahmadi Pratama untuk membuatkan 16 mobil listrik pada bulan April 2013. Dan selama kurun waktu 6 bulan, Dasep harus membuat mobil tersebut hingga bisa digunakan.

Dahlan Ishkan Mogok Mobil Listrik

Sayangnya, waktu yang begitu singkat terbatas membuat Dasep hanya bisa membuat 8 buah mobil dan bus listrik saja dan masih jauh dari kata sempurna. Menurut hasil investigasi, mobil karya Dasep akan overheat ketika digunakan lebih dari 70-80 km/jam dan tidak lolos uji emisi. Harga dari satu buah mobil prototype yang dibuat memakan biaya sekitar 2 miliar Rupiah perunit. Menurut kami, ini adalah harga yang sangat murah untuk sebuah prototype.

Kenapa murah? Karena memang membuat sebuah prototype kendaraan memakan biaya yang sangat mahal. Umumnya, produsen mobil menghabiskan dana berkali-kali lipat dan waktu bertahun-tahun untuk membuat sebuah mobil Prototype.

Baca Juga : Edan, Mobil Listrik Buatan Indonesia Tak Lolos Uji Emisi dan Diperkarakan!

Sebagai contoh, Tesla membutuhkan waktu 3 tahun untuk membuat Tesla Roadster Prototype dan 5 tahun untuk membuatnya menjadi produksi massal. Dalam pengembangannya, Musk mengeluarkan kocek 7.5 Juta US Dollar dari kantung pribadinya, kemudian ia mendapatkan investor sebesar 13 Juta US Dollar untuk membuat Prototype Roadster, dan setelah Roadster Prototype berhasil memikat masyarakat, ia mendapatkan penggalangan dana lagi sebesar 40 US Dollar dari Founder Google dan President eBay. Tidak sampai disitu, dalam mempersiapkan Tesla Roadster produksi Massal, Musk mendapatkan dana tambahan dari JP Morgan sebesar 45 Juta US Dollar yang membuat valuasi Tesla menjadi 105 Juta US Dollar. Dan dana tersebut hanya digunakan untuk mewujudkan produksi massal Tesla Roadster saja, belum termasuk Model S dan X.

Jeremy Clarkson Review Tesla Roadster

Lantas apakah Tesla Roadster sukses? Tentu saja, kesuksesan mobil ini membawa Tesla ke tahap selanjutnya untuk mengembangkan Tesla Model S dan X, tetapi dana sebesar itu ternyata masih belum sempurna. Dalam Top Gear series 12 Episode 7 (103), Clarkson mendapati mobil listrik Tesla mengalami overheat dan harus diistirahatkan ketika diuji. Dan claim jarak tempuh yang ditawarkan Tesla tidak sesuai yang diharapkan. Karena episode ini pula Top Gear di somasi oleh Tesla terkait jarak tempuh dan pengecasan mobil ini.

Tentu saja kami tidak berharap mobil yang diciptakan Dasep bisa seperti Tesla Roadster mengingat dana yang disediakan dan waktu yang diberikan dalam menciptakan mobil tersebut sangat terbatas. Kami akui mobil listrik ciptaan pak Dasep masih banyak kekurangan, tetapi itu masih dalam tahap wajar karena masih sebatas prototype. Apalagi menurut Aisar yang bekerja dengan pak Dasep pada saat itu menyatakan dalam status Facebooknya bahwa mobil tersebut sudah diuji coba oleh Kemenristek dan BPK, mobil tersebut dapat bekerja dengan baik dan tidak ada spesifikasi yang dikurangi dari spesifikasi yang disepakati.

Mobil Listrik Indonesia

Tapi sangat tidak bijak sekali jika menganggap pembuatan prototype adalah sebuah pemborosan dan kegiatan yang merugikan negara sehingga harus dibawa ke meja hijau. Tentunya putusan ini akan menjadi momok menyeramkan bagi para ilmuwan untuk berkreasi dan menciptakan hal-hal baru untuk kemajuan teknologi tanah air. Sedih ya?

Read Prev:
Read Next:
  • Blackjack

    Miris…. Ada yang takut “lahan bisnis” nya terganggu kalo mobil listrik berkembang di Indonesia

  • Yuda48

    ini dapet dananya dari kemenristek apa langsung dari bumn ya?.. kalo bukan dari kemenris sih ya bpk langsung kerjanya gila2 an kek orang ngejar2 taxpayer yang nunggak… bumn indo kan… ya sudahlah… :v

  • Aryo Wicaksono

    tanggapan pertama: wah, komentar Aisar masuk autonetmagz. aku masih “speechless”.

  • netrall

    Indikasi merk pesaing yang membawa ke meja hijau. Wkwkw kayak kasus m*rch boros yang di sidangkan. Eh trnyata yang nyeret merk sebelah. Irony.

    • HaHaHa

      Emang licik yang kayak gituan
      Makanya ane alergi sama merk sebelah yang doyan black campain

      • HaHaHa

        Campaign*

    • Dewa Yudhi

      Oh ya? Baru tau. Gmn ceritanya kok bisa ketauan diseret merek lain? Yg nyeret merek apa?

      • netrall

        March boros ente lihat siapa pmiliknya? Ibuk2 bos yg bekerja di astr× group. Alias petingginya.

  • Tarisvk

    Seharusnya seperti negri tetangga yang katanya musuh bagi indonesia. Pemimpinnya ngotot buat bikin mobil sendiri, dan buktinya sekarang menjadi lebih maju dari kita. Aneh, malah produsen luar yang dengan mudah masuk sini dan mengambil uang disini

    • tronton

      Waktu esemka dilaunching, yang mencibir bukannya banyak juga ya? Termasuk dari rakyat juga.

      • Lalu Fahmy Aditia

        Mobil SMK itu yg lakukak RnDnya siapa? Desainnya yg buat siapa?

  • Otaku_Racer

    Still
    >mobil listrik
    >gagal uji emisi

  • Anonymous

    Jangankan mobil listrik, mobil nasional aja juga pasti bakal disusahin buat diproduksi masal, karena JEPANG takut kehilangan konsumennya ketika Indonesia bisa produksi mobil sendiri

  • Levi

    Jangan harap negara maju kalo kita masih dikuasain parpol yg notabene 90% merupakan pabrik penghasil koruptor

    Para pejabat bego jg merupakan hasil samping dr koruptor. Miris liat negeri ini

    • Rafi M. P.

      Ya udah kalo pemilu golput aja, kalo masih kepilih parpol koruptor berarti masih banyak orang bodoh di negeri kita ini.

      • Levi

        Gw lbh mending ada calon independen sih

  • jadi peneliti di negri ini sunggu menyeramkan

  • bokor

    ada yang tidak mau negara ini mandiri dalam teknologi, misalnya listrik. coba tengok kasus2 yg menimpa ricky elson dkk. pihak yang harusnya jadi pendukung malah ikut menghambat. dalam tahap riset saja sudah dipersulit, bagaimana mau bikin mobil listrik beneran? pasar mobil listrik di indonesia adalah kue yang bakal jadi rebutan 10-15 tahun kedepan dan suramnya kita masih saja jadi penonton.

  • Adamgus

    Sesat pikir dah yg nuntut sama yg mutusinnya….
    Penelitian sekali berharap langsung sukses. Garuk pantat.

    Mobil listrik gagal uji emisi itu otaknya kemanaaaa… jadi kesel.

  • Reandy Ridwan

    Saran saya kalau mau bikin mobil listrik mah dari investor asing aja

  • erwin

    Yang koruptor ratusan miliar aja cuman penjara 3-4 tahun….hahahahahaa

  • joni MOPAR

    Polanya sama. Jika ada inovasi yang bisa mengancam industri minyak, bakal dibabat habis. Untuk decoy/pengalihan isu, dibuatlah ajang anak2 macam Shell Eco marathon yang dari dulu melombakan mobil matahari odong-odong tapi ga pernah jelas juntrungannya mau di bawa ke mana. Pak Dasep masih mending dipenjara, bukan dimatiin seperti Tom Ogle dengan terobosan paten Vapor Carburetornya. Waspadalah terhadap Mafia Minyak

  • nusantara nusantara

    6 bulan bikin mobil, bukan prototipe mobil lho, tentunya siapa yang bisa? sekelas Adrian Newey pun masih meraba, ini pak dasep masuk jebakan batman, kenapa pula malah minta PT Sarimas Ahmadi Pratama yang buat, lho bukanya kemenristek ada lembaga penelitian?, pak dasep cuman tumbal, klo gagal ada disalahkan dan tinggal tunjuk kambing hitam, klo berhasil ” INI IDE DARI SAYA LHO”

  • chelseaislanisme

    Peraturan di negara kita kali ya? Modal dikit harus cepet jadi dan bagus..masa bodo yang lain..hihihihi, abis ini jangan2 beliau akan cabut dari sini lagi?

  • aa ryant

    Bisnis memang kejam…..

  • Upik Upike

    miris sekali, di negeri ini orang ingin berinovasi malah dihalang – halangi. herraan.

  • Ryan

    Niat awalnya pak dahlan sangat bagus, utk showcase teknologi mobil listrik Indonesia mumpung ada event sebesar ktt apec 2013 itu. Tapi sayangnya dgn pakai kekuasaan dia mobilisasi bumn utk “nyumbang” proyek ini. Disitu yg jadi permasalahan. Ditambah lagi, (tanpa mengurangi rasa hormat & kagum pd tim yg kerja keras utk mobil ini hanya dlm 6 bulan), ternyata tidak lolos standar industri, seperti yg diharuskan para penegak hukum itu. Kalau melihat dari sisi ini sebenarnya harus kita akui memang ada kesalahannya

    Tapi kalo diliat dari sisi yg lain, pejabat pernah yg pakai kekuasaan utk “menggerakkan” alat negara ataupun bumn tentunya bukan cuma dahlan seorang. Toh ternyata ga ada yg permasalahin, pura2 gatau. Terlebih dia memang mentri bumn, dan niatnya baik utk memamerkan teknologi mobil listrik di dpn pemimpin negara se-asia pasifik.

    Begitu jg dgn proyek riset ini, sayangnya penegak hukum tutup mata dgn kata “riset”. Menurut mereka barang yg dipesan, dibayar pakai uang negara haruslah bekerja maksimal, aman, lolos standar industri dan lainnya. Kalau terjadi hal yg ga sempurna, ga sesuai dgn kontrak maka itu dianggap wanprestasi. Sama halnya dgn semisal proyek gedung yg ternyata miring, tentunya si kontraktor bakal dituntut pertanggungjawabannya.

    Menurut saya ini memang ada orang yg ga suka dgn pak dahlan, atau mungkin terancam dgn adanya proyek ini ke depannya. Pastinya mereka orang2 yg punya kekuatan besar di negeri ini.
    Ambil contoh eks ketua dpr setnov, yg sudah jelas bersalah tapi ga ada yg berani utak atik. Semua mafia kompak melindungi, sampe skrg justru jadi calon ketum partai. Mirisss

    • Ryan

      Mungkin bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Untuk lebih berhati-hati lagi dlm menghadapi kasus semacam ini. Terlepas dari niatnya baik atau ngga namanya hukum adalah hukum. Kita ga bisa nyalahin hakim dkk karena dari pak dahlan dan dasep sendiri memang ada kesalahan. Dan sudah rahasia umum kalau hukum disini tebang pilih. Mereka berdua lg apes aja krn ada orang yg gasuka dan blow up kesalahan mereka yg bisa dibilang kecil itu, dibanding impact positif yg dihasilkan

      Namun seharusnya bakal lebih bijak kalau hakim dkk pakai pandangan seperti diatas tadi bahwa ini niatnya baik, untuk riset, menunjukkan teknologi dlm negeri, bukan untuk memperkaya diri sendiri. Meskipun terdapat kesalahan dari proses yg mereka lakukan. Setidaknya diberi keringanan. Semoga ada orang baik di negara ini yg pegang kekuasaan tinggi dan bisa mengubah putusan ini. Bukan utk mengintervensi hukum tapi demi mengembalikan lagi kepercayaan para peneliti dlm negri yg sekarang memilih pindah ke negara lain krn takut kena kasus serupa. Dan iklim riset di Indonesia yg baru saja mau bangkit dari masa suram ga malah jadi tambah parah.

  • tronton

    Sebenernya yang dikerjakan Pak Dasep ini dalam rangka riset atau jualan? Kalo memang untuk riset, wah kegagalan itu kan bagian dari riset. Tapi kalo jualan, bikin berdasarkan pesanan, lihat kontraknya dulu.

    • ardian

      setuju…..
      kalo cuman dalam rangka riset tdk mungkin dlam jumlah banyak…

      • andi alizzah

        buat mobil 8 = 2Milyarx8=16 M dendanya 17.1 M gimana ini pemerintah? Uang sudah dipakai Riset dll….memang ada kesengajaan Bisnis Mobil Indonesia di patahkan….karena indonesia pasar yang sangat menjanjikan dengan sifat masyarakat yang konsumtif ….

    • Dump truk

      dimana mana riset bakal dijual bro, liat aja bmw riset mobil hybrid akhirnya dijual dalam seri i, tesla riset mobil listrik, dijual dlm model x, s dll

  • miris

    jadi inget bus mercedes ga lolos uji, sedangkan bus merek ga jelas pada lolos uji.
    pemeintah disini kanya ga ada yg bisa ngehargain anak bangsa.
    makanya banyak yg lebih milih berkarya di negara laen

  • markus

    sedih, miris, sampah….. udh ber prestasi, dipenjara, dituduh macem – macem
    konyol…. menajiskan

  • halo

    orang mau bikin mobil nasional malah dipersulit, sampe dipenjara + didenda lagi-_-. kalo masalah mobilnya masih jauh dari sempurna, ya wajar lah. mobil produksi lain juga banyak kok yang jauh dari sempurna.

  • ///AMG

    dua kata aja deh buat artikel ini #STUPIDINDONESIA?

  • Idris Afandi

    Mirisss

  • Noname

    Mobil yg jadi 8 unit.. Per unit hbis 2 milyar, total biaya 16 milyar.. Terus skrng dia dituntut gnti rugi 17.1 M plus 200 juta plus 7 thun pnjara.. Gilaa, uda ambil untung 1.3 Milyar masih nuntut dipenjara 7 tahun pulak… Jelas sudah siapa sebenarnya yg jahat/korup.. Nauzubillah..

  • Ars

    Njir, 6 bulan harus jadi mobil. jangankan mobil listrik, mobil konvensional aja belom tentu jadi. udah bagus bisa kebentuk tuh mobil, malah di tuntut sama di denda lagi.

  • ardian

    menurutku, ketika disuruh membuat dan bilang siap mengerjakan beliau sdh siap dengan resiko. juga berani menerima proyek ini pasti tau berpa profit kalo proyek ini sukses,,,

  • MbakE

    Buat yang punya ide ide cemerlang? Ente mending keluar aja deh. Kasih tu prototype sama negara asing. Pasti diterima. Pasti di bantu. Toh itu mereka yang yang di atas juga ga peduli kalo mereka ga di sorot media. Gua bakal tetap bangga kalo kalian di luar sana sukses (meskipun bukan di tanah air yang serba dipersulit ini)
    Ga usah berkarya di sini. Ntar kalo udh sukses aja kalo masih cinta tanah air baru balik. Kalo sekarang? Malah kaya gitu

  • Mark Buana

    turut berduka

  • Kucing Mengeong

    Dari sisi hukum, kuncinya ada di isi kontrak 30M antara BUMN dan Sarimas. Apakah memang dana untuk riset atau dana untuk pembelian mobil.

    Secara personal, sepertinya Pak Dasep OK, cuman saat itu juga Pak DI terlalu buru-buru dan tidak terlalu terlalu memikirkan birokrasi.. 6 bulan coy! Gila!
    Perlu gerakan untuk mengumpulkan dana menolong Pak Dasep sepertinya.

  • froxanony

    Tak akan dapat maju bila komedi terus dimainkan.

  • Yuscobain Jibril Mahawira

    Seharusnya tetap di support. Dana miliar kok sseperti pak dasep pergi beli sendiri kesana kemari onderdilnya.pastinya ada struktural. Hukumnya di beli dgn uang.jgn surut maupun patah arang bagi orang2 indonesia yg jenius.idealismu lebih berharga dari apapun.kalau hanya 7th di penjara itu bentar. Keluarkan semua ide anak negeri.jgn mau di gertak dgn kasus 1 pak dasep. Negara2 lain sudah memberikan idenya kpd rakyat dgn mobil murah.maju terus pantang mundur.

    • Nathanael Alex Wijanarko Wong

      7 tahun bentar? Coba deh bikin kasus apa gitu biar dipenjara sampai 7 tahun abis tu bilang ke orang2 7 tahun penjara sebentar? Ada yang mau dipenjara 7 tahun ga? Bentar aja koq kata yuscobain…

  • DANIEL MAHARDHIKA

    Apa kesalahan nya kok sampe dihukum seberat itu?

  • ahmadi

    Orang pinter malah dipenjara, bukannya dibantuin biar sukses,,
    Kalau begitu kapan indonesia bisa maju?????

  • jerrymaheswara

    Namanya juga Indonesia…. Itu mah belum seberapa… Bapak proklamator negeri kita saja (Bung Karno) di cap sebagai penghianat bangsa, kurang apa coba? Gajah Mada yang karena sumpahnya, berhasil “Mempersatukan Nusantara” juga dinobatkan sebagai penghianat bangsa. Wes… gak usah ikut nangis… “Asu gede menang kerahe”… Anjing besar menang berkelahi, itu udah jadi hukum alam… arep dadi asu kabeh po piye…? hehehe…

  • Ga

    Saya saja yg orang bodoh, sampai berpikir, seandenya saya orang pintar cerdas atau bahkan ilmuwan berbakat, mungkin saya kecewa dg negeri ini, dlm kata laen berpikir 100x lg buat bekerja di dlm negeri. Lebih baik keluar negeri yg lebih butuh dan bahkan sangat2 butuh SDM yg mumpuni utk membuat inovasi baru mungkin. Dan menghargai ilmu pengetahuan dg ilmu pengetahuan pula & hasil kerja keras. Bukan menghargai dg adanya uang. Ilmu lebih mahal dr pd uang.

  • Agung Brontosaurus Ghacul

    Bukan hanya terganggu tp jg tkt klo indonesia jd bener² merdeka haha ga sadar yah klo indonesia sdang d jajah kembali dgn cara teknologi menjajahnya ?bantai tuh antek² para penjajah

  • Bobby

    Ini berita sedih. Hantaman keras untuk upaya pembangunan teknologi indonesia.. Bangsa yang terjajah dirinya sendiri

  • kaneki

    ga heran yah banyak yg pindah ke luar negeri, di indo aja kayak begini. ga dri pemerintah jg sih, namun masyarakat sini tidak bisa jauh dri kata “gengsi” dengan brand luar demi prestise dan nama, macam battle of surabaya aja penontonnya ga ampe 20 org, giliran inside out yg dibangga²kan org karena sedih pas bing bong mati padahal overall story biasa banget di opini sy bisa banyak bgt audiencenya. kenapa? nama disney.

    cb skrg kita tidak membicarakan indonesia, tp kita masih di topik yg sama; gengsi. seperti oppo neo yg fiturnya lumayan dibandingkan dengan iphone skalipun, meskipun oppo jauh lbh murah dri iphone cmn, demi nama untuk gengsi tanpa peduli cara penggunaannya, apple laku banget kan? padahal skrg apple itu craptacular banget di jamannya tim cook ini. tidak hanya apple, samsung pun begitu, sy dulu pake samsung kecewa bgt, ga ngelek restart sendiri 100x kali tuh kayaknya

    kita kembali ke tentang otomotif, dan indonesia, tidak hanya pemerintah yg seperti ini, namun anda bisa lihat para haters jokowi dan banyak yg lainnya yg membenci esemka. kenapa? mereka anggap mbl itu adalah mbl cina. sementara, saya pikir lbh baik dulu rebadge daripada mbl buatan/desain sini cmn ditempel emblem brand jepang seperti toyota dan honda yg begitu disembah oleh org sini. dan iya, yang saya lihat org memilih kendaraan itu bukan dri budget sebisanya, namun demi kegengsian.

    saya berharap pa jokowi bisa memperhatikan hal buruk ini.

    (maaf klo ga nyambung)

  • Zakwan Umarella

    “prototype sebagai pemborosan apbn…”

    kapan majunya ni negara kalo mindset pemerintahnya “stay in your comfort zone”
    dan inilah GEBLEKnya pemerintah, giliran rakyatnya pinter dikit dihina-hina (meskipun udah sukses diluar), contoh : pak B.J Habibie, beliau bikin pesawat aja dihina di kandang, tapi diborong diluar. “obat memang pahit, tapi tetap harus diminum untuk kesehatan”, begitu juga sm negara. kalo ga berani berkorban, kapan mau majunya?! masa iya mau jd negara berkembang mulu?

    dan untuk pak dasep (kalau baca juga:v)
    “kalau ada yg menghina anda, anggap saja itu sebagai pujian. karena mereka berjam-jam memikirkan ttg anda.” –B.J Habibie