Paris Bakal Terapkan Biaya Parkir Yang Lebih Mahal untuk SUV

by  in  Berita & International
Paris Bakal Terapkan Biaya Parkir Yang Lebih Mahal untuk SUV
0  komentar

AutonetMagz.com – Di Prancis, khususnya Paris, pemerintah setempat berencana untuk memberlakukan biaya parkir yang lebih tinggi untuk mobil SUV. Ini karena SUV dianggap sama sekali tidak berguna untuk penggunaan di dalam kota. Dikutip dari The Guardian keputusan tersebut diperkirakan akan dimulai pada awal tahun 2024. Tetapi meskipun hanya tersisa lima bulan sebelum diberlakukan, peraturan parkir tersebut belum menentukan detail SUV seperti apa yang terkena imbasnya.

Ditentukan Dari Ukuran

Harga untuk kenaikan biaya parkir SUV belum ditentukan. Tetapi laporan itu mengatakan kemungkinan akan mengedepankan skema progresif. Misalnya, Cadillac Escalade yang memiliki ukuran besar mungkin lebih mahal untuk diparkir di City of Light daripada Citroen C5 Aircross atau Peugeot 3008 yang lebih kecil. Namun, rasanya kurang adil bila melihat dari ukuran dimensi mobil. Sebab, mobil sedan sekalipun juga ada yang memiliki ukuran besar, Maybach misalnya.

Menurut pejabat Paris, jumlah SUV yang melintasi jalan di ibu kota Prancis telah meningkat 60% dalam empat tahun terakhir ini. Jumlah itu sama dengan 15% dari total 1,15 juta kendaraan yang diparkir di kota Paris setiap harinya. Namun, peraturan parkir ini pada suatu waktu tampaknya akan banyak yang mengekang peraturan ini, dengan membeli mobil yang lebih kecil.

Dianggap Tidak Berguna

SUV menjadi sasaran utama karena, seperti disebutkan di atas, pemerintah kota Paris menganggap orang tidak membutuhkan SUV untuk bepergian. “Tidak ada jalan tanah, tidak ada jalan pegunungan, Lebih buruk lagi, mereka berbahaya, tidak praktis, dan menggunakan terlalu banyak sumber daya untuk diproduksi” kata David Belliard selaku wakil walikota yang bertanggung jawab atas ruang publik dan kebijakan mobilitas.

Ungkapan itu rasanya tidaklah salah, apalagi mengingat jalan di sana yang cukup mulus. Rasanya penggunaan SUV dirasa terlalu berlebihan. Selain itu, diharapkan juga untuk model SUV bertenaga listrik dibebaskan dari biaya parkir yang lebih mahal. Namun, rasanya akan lebih fair apabila diterapkan menurut dimensi, karena mobil-mobil yang makan tempat tidak hanya SUV saja, bisa van, MPV, atau bahkan sedan. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: