Pabrik Mesin Volvo Sabet Predikat Bersih dari Jejak Karbon

by  in International&Volvo
Pabrik Mesin Volvo Sabet Predikat Bersih dari Jejak Karbon
0  komentar

AutonetMagz.com – Soal mobil ramah lingkungan, kami yakin sudah banyak yang bergerak ke sana. Pabrikan seperti Toyota, Honda, Nissan, Tesla, BMW, Mercedes dan Audi misalnya sudah punya visi masing-masing soal mobil ramah lingkungan. Itu mobilnya, tapi kalau pabrik ramah lingkungan bagaimana? Belum banyak sih yang berpikir untuk membuat pabriknya lebih bersih, mungkin karena lebih fokus untuk membuat mobil bersih jadi lupa sama pabriknya sendiri.

Untungnya Volvo lumayan peka soal hal ini, di mana kini mereka telah mengurangi jejak karbon salah satu pabriknya di Swedia menjadi nol. Mereka sudah memperkenalkan sistem pemanasan “climate-neutral” ke pabrik mesinnya di Skövde, yang seluruhnya bersumber dari limbah insinerasi, biomass, dan bahan bakar biofuel.

Dikawinkan dengan tenaga listrik yang dimiliki Volvo sejak 2008, ia jadi sumber tenaga untuk semua pabrik mereka Eropa dari sumber daya yang terbarukan, dan ini menjadikannya sebagai pabrik pertama Volvo yang netral dari karbon. “Ini adalah saat yang membanggakan baik untuk pabrik Skövde maupun untuk Volvo Cars,” kata Stuart Templar, Direktur Keberlanjutan Lingkungan Hidup Volvo.

Perawatan lingkungan adalah salah satu nilai inti kita. Seiring dengan rencana kami untuk memberi tenaga listrik bagi semua mobil Volvo baru yang diluncurkan dari tahun 2019, operasi manufaktur climate-neutral akan mengurangi jejak karbon secara keseluruhan, mendukung upaya global untuk mengatasi perubahan iklim,” tambahnya.

Volvo berencana untuk membuat semua proses manufakturnya di seluruh dunia menjadi bersih dari karbon seperti pabrik Skövde pada tahun 2025. Apa ia punya saingan? Punya, soalnya BMW baru-baru ini mengumumkan keinginannya untuk menyediakan semua kebutuhan energinya di seluruh dunia dari sumber energi terbarukan pada tahun 2020.

Meningkatkan efisiensi energi adalah prioritas pertama kami, dan untuk energi yang perlu digunakan, kami menargetkan pasokan yang dihasilkan dari sumber daya terbarukan,” kata kepala manufaktur Volvo, Javier Varela. “Pencapaian pabrik Skövde merupakan tambahan penting untuk upaya yang lebih luas dalam meminimalkan jejak lingkungan kita. Kami senang menjadi pemimpin dalam industri otomotif dalam bergerak menuju manufaktur climate-neutral.

Terletak sekitar 144 km di arah timur laut kantor pusat Volvo di Gothenburg, pabrik Skövde adalah fasilitas manufaktur mesin utama tidak hanya untuk mobil Volvo, tapi juga untuk truk Volvo. Ini adalah salah satu pabrik terbesar di kota ini, yang mempekerjakan lebih dari 4.000 orang dari sekitar 70.000 penduduk kota tersebut. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: