Nissan Rasa Mercy, Frontier Baru Pakai Suku Cadang X-Class

Nissan Rasa Mercy, Frontier Baru Pakai Suku Cadang X-Class
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Mercedes-Benz membuat double cabin pertama mereka yang bukan berasal dari sasis G-Wagen, Mercedes-Benz meminta bantuan dari Nissan untuk mempelajari basis double cabin mereka. Hasilnya, lahirlah Mercedes-Benz X-Class yang notabene masih saudara beda KTP dari Nissan Navara. Awalnya Mercedes-Benz membuat ini untuk pasar Amerika Latin, tapi mobil ini sangat jauh dari kata sukses dan akhirnya disuntik mati.

Sementara Mercedes-Benz sudah cukup tahu dengan nasib X-Class, Nissan yang sedang mencoba bangkit ingin mencoba peruntungan lain. Nissan memang sedang berusaha menyegarkan model-model lamanya seperti X-Trail, Terra, Fairlady Z, Patrol dan Navara. Nah, Navara dan Frontier konon akan menggunakan satu-dua komponen hasil kolaborasi Nissan dan Mercedes-Benz. Wah, Nissan rasa Mercy nih.

Autoblog Argentina mendapat sumber yang “sangat dekat dengan proyek tersebut” bahwa Navara dan Frontier akan berbagi suku cadang dengan Mercedes-Benz X-Class, khususnya bagian cross member. Unit uji coba memang sudah wara-wiri sebelumnya, tapi informasi yang bisa didapat juga tidak banyak-banyak amat. Menurut publikasi tersebut, bagian hasil pinjam dari Mercedes-Benz eksklusif untuk Frontier, tapi tidak menutup kemungkinan Navara juga dapat meski jumlah kontennya beda.

Kode Navara dan Frontier yang saat ini ada adalah D23 dan dihitung sebagai generasi ketiga. Mesin Nissan Navara memakai mesin turbo diesel 4 silinder dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau otomatis 7 percepatan. Nissan Navara bisa dibilang sebagai salah satu double cabin paling ramah aspal karena suspensi belakangnya memakai per keong, bukan per daun macam double cabin lain yang lazim dipakai supaya siap menanggung beban berat tanpa kendala berarti.

Meski yang dibahas adalah Nissan Navara, sumber tersebut tidak menyebut apa-apa soal kembaran lain Nissan Navara dari Renault, yakni Renault Alaskan. Menimbang-nimbang langkah Nissan untuk kembali sukses setelah terpuruk, penggunaan suku cadang Mercedes-Benz nampaknya bisa untuk menghemat ongkos produksi sekaligus meningkatkan spek mobil Nissan sendiri. Apa opiniu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: