Nissan Kicks Akan Dijual di Malaysia, Mampir ke Indonesia kah?

Nissan Kicks Akan Dijual di Malaysia, Mampir ke Indonesia kah?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kita bicara segmen compact crossover, dan membahas siapa yang memulai segmen tersebut di Indonesia, maka tentu kita tak bisa melepaskan figur Suzuki SX-4 X-Over dan juga sosok fenomenal Nissan Juke. Nah, jika kawan sekaligus lawan dari sisi Suzuki sudah punya generasi penerus, beda cerita dengan Nissan Juke. Ada sih penerusnya, namanya adalah Nissan Kicks, dan kabarnya akan segera masuk pula, namun ke pasar Malaysia, bukan Indonesia.Yap, pasar Malaysia akan mendapatkan sebuah compact crossover yang baru yang ada dalam diri Nissan Kicks. Kepastian ini sendiri kami kutip dari PaulTan yang menyebutkan bahwa Edaran Tan Chong Motor (ETCM) sebagai agen pemegang merk Nissan di Malaysia membeberkan rencana produknya untuk paruh kedua tahun 2018 dan juga tahun 2019 mendatang. Dan di dalam rencana tersebut, ada beberapa mobil termasuk Nissan Kicks. Seperti yang kita tahu, Nissan Kicks sendiri punya bentuk yang lebih ‘normal’ jika dibandingkan dengan Nissan Juke. Punya segmen pasar yang sama, dan umur yang lebih muda membuat Nissan Kicks digadang – gadang menjadi penerus dari Nissan Juke yang sempat sukses itu.

Setahun yang lalu, Budi Nur Mukmin, GM Marketing & Strategy Nissan Motor Indonesia (NMI), mengatakan bahwa pihak NMI sedang melakukan studi untuk mendatangkan Nissan Kicks, namun bukan dari India atau Brazil tetapi dari negara ASEAN. Nah, salah satu negara ASEAN yang kabarnya akan memproduksi Nissan Kicks sendiri adalah Malaysia dan Thailand. Namun dengan kabar dari ETCM ini sendiri, nampaknya Malaysia yang akan memproduksi mobil penantang Honda HR-V dan Toyota CH-R ini. Pertanda sesuatu? Bisa jadi nantinya Nissan Kicks juga masuk ke pasar Indonesia, namun semuanya kembali lagi menjadi kebijakan NMI, karena hingga detik ini Nissan Juke masih dijual disini.

Nissan Kicks sendiri bukan jadi satu – satunya produk yang akan menyambangi Malaysia di dalam rencana produk tersebut. Ada beberapa nama tenar seperti Nissan Leaf generasi terbaru dan Nissan Serena e-Power yang akan menemani crossover ini. Hanya saja, memang tak ada timeline khusus yang menunjukkan kapan produk – produk ini, khususnya Nissan Kicks akan dimunculkan di Malaysia. Sejauh ini, capaian dari ETCM sendiri tak bisa dikatakan baik, karena penjualan dari pihak Tan Chong sendiri pada tahun 2017 silam telah turun cukup drastis, yaitu sebanyak 32% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dan nampaknya kehadiran produk baru sudah menjadi salah satu solusi yang harus dilakukan.

Nampaknya pihak ETCM juga cukup berharap pada Nissan Kicks, apalagi segmen crossover dan SUV memang sedang menjadi segmen yang ‘panas’ secara global. Kita lihat saja seperti apa Nissan Kicks versi Malaysia nanti, dan apakah cocok jika nantinya dibawa masuk ke Indonesia. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: