Toyota & Suzuki Bahu Membahu Hadirkan Medium MPV Baru, Pakai Sasis Monokok!

Toyota & Suzuki Bahu Membahu Hadirkan Medium MPV Baru, Pakai Sasis Monokok!
0  komentar

AutonetMagz.com – Selama beberapa bulan terakhir ini jika ada kabar yang membahas pabrikan asal Jepang, yaitu Toyota dan Suzuki secara bersamaan, pasti kabar tersebut berkutat dalam hal kerjasama keduanya yang semakin lama semakin intens. Nah, setelah sebelumnya pihak Suzuki bakala menyediakan Suzuki Baleno dan Suzuki Vitara Brezza untuk di-rebadge oleh Toyota, serta Toyota yang menyediakan Toyota Corolla untuk di-rebadge oleh Suzuki, maka kini keduanya bakal bahu membahu untuk membuat sebuah produk baru secara bersama – sama.

Mengutip dari laman IndianAutosBlog, produk baru dari Suzuki dan Toyota kali ini adalah sebuah MPV. Namun, bukan sembarang MPV, karena MPV yang dimaksud adalah sebuah segmen yang cukup baru untuk keduanya. MPV ini sendiri berada di segmen medium, pasar yang sudah dihuni oleh Toyota Innova. Namun, produk hasil kolaborasi ini tidak akan menggunakan basis dari Toyota Innova, melainkan menggunakan basis baru dan bertipe monokok. Nantinya, pihak Toyota juga bakal menyuplai MPV ini kepada Suzuki untuk dijual dengan label pabrikan berlogo S tersebut.

Jika kita melihat segmen pasarnya, sebenarnya pihak Toyota sudah memiliki nama tenar seperti Toyota Sienta, Toyota Wish, Toyota Previa, hingga Toyota Isis. Nah, bisa jadi basis produksi dari mobil kolaborasi Suzuki dan Toyota ini menggunakan basis dari salah satu produk tersebut, atau mungkin malah benar – benar baru. Yang jelas, ada satu keistimewaan yang sudah terendus dari MPV Suzuki-Toyota ini, yaitu bakal menggunakan mesin bertenaga hybrid penuh. Bahkan, kedua pabrik ini dengan percaya diri menyebut MPV ini sebagai “Self-charging electric vehicle”. Peluncuran dari MPV hasil kerjasama antara Toyota dan Suzuki ini bakal diperkenalkan di tahun 2022 ataupun 2023 mendatang.

Oiya, selain membuat sebuah MPV baru yang dikerjakan bersama, pihak Toyota dan Suzuki juga sudah sepakat untuk menambah product sharing diantara keduanya selain sosok Suzuki Baleno, Suzuki Vitara Brezza, dan Toyota Corolla. Produk apa saja? Kita akan bahas di artikel yang berbeda, karena produk – produk baru ini akan sangat menarik saat di-rebadge oleh masing – masing merk. Sayangnya, kolaborasi antara Suzuki dan Toyota sejauh ini belum menyentuh hingga ke negeri kita tercinta, Indonesia. Hanya India, Kenya, dan pasar Eropa yangs sejauh ini bakal menikmati hasil kolaborasi keduanya.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Berhubung Suzuki Indonesia dan Maruti Suzuki India cukup intens bekerja sama, mungkin saja ada peluang jika nantinya MPV berukuran medium dari Suzuki-Toyota ini juga bakal masuk dengan emblem Suzuki. Yuk sampaikan tanggapan kalian.

Read Prev:
Read Next: