Next Gen Subaru WRX STI Gunakan Mesin BRZ, Ditambah Turbo!

Next Gen Subaru WRX STI Gunakan Mesin BRZ, Ditambah Turbo!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak seperti ‘merek sebelah’ yang kebanyakan legendanya sudah graduate, Subaru WRX masih diproduksi dan dijual hingga kini. Subaru boleh saja bersiap untuk era elektrifikasi di masa depan, namun ternyata mereka tidak lupa siapa yang membuat nama mereka naik, Subaru masih memperhatikan Subaru WRX. Bahkan generasi barunya akan segera meluncur dalam waktu dekat. Dikutip dari Motor1, Subaru WRX STI generasi terbaru diperkirakan akan memulai debutnya pada awal musim panas 2022. Video teaser tentang Subaru WRX standar sudah berlangsung, jadi bisa saja akan didistribusikan ke dealer-dealer di Jepang dalam beberapa bulan kedepan.

Prediksi Mesin yang Digunakan

Ada sebuah rumor yang terus mengeluarkan laporan bahwa Subaru WRX dan STI generasi berikutnya mengadopsi versi keluarga mesin FA24. Model baru ini diduga akan debut pada awal musim panas 2022, menurut situs Jepang Goo-Net.com. Menurut rumor ini, versi mesin di Subaru WRX akan menghasilkan 296 tenaga kuda (230,6 kilowatt atau 300 tenaga kuda metrik). Sebagai perbandingan, Subaru WRX yang ada di AS menggunakan mesin FA20F 2.0 liter yang menghasilkan tenaga 268 hp (200 kW).

Pada WRX STI, mesin berkode FA24 yang telah dituning diperkirakan dapat menghasilkan 345 hp (257,4 kW atau 350 tenaga kuda metrik) atau lebih, menurut klaim rumor ini. Model yang dijual saat ini di Amerika dapat menghasilkan 310 hp (231 kW) dari mesin flat empat silinder 2.5 liter turbocharged. Figur ini lebih sedikit dari angka di beberapa rumor sebelumnya. Salah satunya mengklaim Subaru STI akan memiliki 400 hp (298 kW) dan torsi 361 lb-ft (490 Nm). Ada juga laporan tentang Toyota yang berkolaborasi dalam proyek tersebut, terutama pada sistem penggerak All wheel drive kendaraan.

Mesin berkode FA24 2.4 liter sudah menjadi powerplant umum di jajaran produk Subaru. Versi turbocharged dari mesin tersebut dapat dijumpai pada Subaru Ascent, Subaru Legacy XT, dan Subaru Outback XT. Sementara versi naturally aspirated ada pada generasi terbaru duet kembar Subaru BRZ dan Toyota GR 86. Subaru WRX juga diperkirakan akan datang dengan gearbox CVT, dan Subaru WRX STI akan mendapatkan opsi gearbox manual. Nantinya Subaru WRX dan WRX STI akan berbagi platform dengan Subaru Levorg generasi kedua.

Generasi Terakhir? Next WRX STI EV?

Goo-Net.com juga memperkirakan bisa saja ini adalah generasi terakhir dari Subaru WRX dan STI tanpa beberapa bentuk elektrifikasi. Aturan emisi di seluruh dunia menjadi lebih ketat dengan cepat, dan tidak ada banyak waktu tersisa untuk mesin pembakaran konvensional. Apakah generasi setelah ini lagi akan sepenuhnya elektrik? atau mungkin beberapa tahun lagi Subaru akan menawarkan Subaru WRX dan Subaru STI generasi ini dengan versi listrik? kita tunggu saja keputusan selanjutnya. Semoga tidak berujung seperti ‘merek sebelah’ ya. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: