Next-Gen Mazda2 Berpeluang Menjadi Crossover, Hadir di 2021

by  in Berita&International&Mazda
Next-Gen Mazda2 Berpeluang Menjadi Crossover, Hadir di 2021
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu yang lalu kami sudah sempat membahas perihal prediksi wajah dari Honda Jazz yang diolah digital oleh salah satu media lokal Jepang. Nah, di artikel tersebut kami menyinggung bahwa pihak Honda dan Toyota sudah mempersiapkan jagoan baru mereka di kelas small hatchback tersebut, sedangkan pihak Suzuki malah baru melakukan update pada Suzuki Swift. Ketiganya meninggalkan Mazda yang masih menjual Mazda 2 tanpa adanya tanda – tanda kemunculan versi terbarunya pada waktu dekat. Nah, kini tanda – tanda kemunculan Mazda 2 generasi terbaru sudah mulai terendus, dan faktanya cukup mengejutkan.

Yap, kalian tentunya sudah membaca di judul apa isi bahasan yang akan kami jabarkan di artikel ini. Generasi terbaru dari Mazda 2 di kemudian hari berpeluang untuk berubah bentuk dari sebuah hatchback normal menjadi sebuah crossover. Tentunya pernyataan yang kami kutip via Drive Australia ini cukup mengundang tanda tanya. Kalau benar Mazda 2 akan menjadi crossover, lalu apa kabar Mazda CX3? Kami akan ungkap prediksi kami di akhir artikel. Sebenarnya, semakin kesini kami semakin memaklumi bahwa banyak pabrikan yang lebih tertarik dengan segmen crossover atau SUV, karena pasarnya cukup berkembang. Dan hal ini diamini oleh Ikuo Maeda, salah satu pentolan desain Mazda.

Maeda-san menyebutkan bahwa pihaknya sejatinya belum bisa berkomentar mengenai sosok Mazda 2 di masa depan. Namun beliau menjamin bahwa pihaknya akan menaruh fokus khusus untuk Mazda 2, termasuk apakah akan mengubah ukurannya. Maeda-san juga menyebutkan bahwa pasar mobil kompak yang dihuni oleh Mazda 2 masih sangat penting, namun pihaknya belum menemukan satu value khusus yang diperlukan untuk membenahi produknya di segmen ini. Beliau pun menutup dengan menyebutkan bahwa bisa saja nantinya segmen ini akan beralih menjadi SUV (Akan menjadi crossover). Sehingga, tak menutup kemungkinan jikalau nantinya Mazda 2 akan berubah bentuk menjadi sebuah mobil yang benar – benar berbeda dengan yang kita kenal saat ini.

Nah, lalu bagaimana dengan Mazda CX-3? Maeda-san memang tak menjabarkan perihal ini, dan kami pun menebak – nebak secara sotoy saja. Pertama, Mazda 2 bisa saja menjadi crossover dan berjalan bersama dengan mazda CX-3, mengingat Mazda CX-3 menggunakan mesin yang lebih besar. Jadi, ada kemungkinan Mazda 2 menjadi versi lebih ‘murah’ dari Mazda CX-3. Atau, pihak Mazda juga tertarik untuk mencoba peruntungan dari Toyota C-HR, seperti yang kabarnya akan dilakukan oleh Honda. Yap, Honda kabarnya akan mendorong naik pasar Honda HR-V menjadi coupe SUV dan menyiapkan CUV lain untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Honda HR-V. Bisa saja, hal serupa terjadi pada Mazda CX-3, dimana Mazda 2 di-crossover-kan, dan Mazda CX-3 Di-coupe-kan.

Namun sekali lagi, ini hanya prediksi sotoy kami saja. Yang jelas, ada peluang untuk Mazda 2 menjadi sebuah CUV seperti kata Maeda-san. Ada yang senang, ada yang sedih. Mengapa? Karena tenarnya CUV dan SUV sedikit banyak membunuh pasar hatchback dan juga sedan. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: