Negosiasi Sukses, GM Korea Selatan Batal Bangkrut!

Negosiasi Sukses, GM Korea Selatan Batal Bangkrut!
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebuah angin segar dan juga kelegaan akhirnya menghampiri para petinggi dari General Motors Korea Selatan. Yap, tak bisa dipungkiri jika dua minggu ini merupakan minggu yang krusial bagi mereka, malahan hampir seperti kondisi hidup dan mati setelag pihak GM Pusat mengancam mereka untuk mengumumkan kebangkrutan mereka jika mereka belum keluar dari masalah pelik mereka.

Seperti yang kita tahu, GM Korsel memang tak berada dalam peforma dan kondisi terbaik mereka dalam beberapa periode terakhir. Dimana mereka harus menutup pabrik mereka di Gunsan, dan selain itu utilitas dari pabrik – pabrik mereka masih belum optimal. Masalah semakin pelik karena upah pekerja di Korea Selatan sendiri tidka bisa dikatakan murah, sehingga secara finansial semakin menekan perusahaan ini. Nah, kabar baiknya, setelah minggu lalu serikat pekerja sempat menolak negosiasi, kini pihak serikat pekerja justru menyetujui negosiasi dengan pihak GM Korsel dan membuat perusahaan ini bernafas lega, setidaknya tak jadi bangkrut.

Mengutip dari Reuters, seperti yang kita tahu bahwa GM Pusat sempat memberikan tenggat waktu hingga 20 April 2018 silam, namun pihak GM Korsel memang belum sanggup memenuhi tenggat waktu tersebut, dan meminta perpanjangan tenggat hingga tanggal 23 April 2018 kemarin. Dan di hari tersebut jugalah kesepakatan dengan Serikat Pekerja terjadi. Pihak serikat pekerja sendiri menyetujui permintaan GM Korsel untuk membekukan upah pokok dan melewatan bonus untuk tahun ini. Selain itu, tunjangan untuk pekerja juga dihapuskan, namun GM Korsel punya tanggung jawab untuk menaikkan upah pekerja di masa depan. Nah, namun pihak GM Korsel sendiri masih belum bisa sepenuhnya aman, karena masih ada voting yang harus dilakukan oleh serikat pekerja.

Voting ini sendiri dilakukan pada semua anggota serikat pekerja untuk menentukan apakah mayoritas suara mendukung atau menolak kesepakatan yang turun dari hasil negosiasi GM Korsel dan perwakilan serikat pekerja ini. Jika nantinya serikat pekerja menyetujui penuh negosiasi ini, maka pihak GM Korsel akan mendapatkan kucuran dana segar senilai 500 juta US Dollar dari pihak pemerintah Korea Selatan. Dana ini sendiri memungkinkan GM Korsel untuk membayar gaji pegawai dan juga supplier untuk produksi mobil mereka. Nah, sebagai respon jika nantinya semua langkah ini berjalan lancar, GM Korsel direncanakan akan memiliki dua buah produk baru yang diharapkan akan menopang perusahaan mereka.

Baca Juga : Serikat Pekerja Tolak Negosiasi, GM Korea Di Ujung Tanduk!

Jadi, sementara ini bisa dikatakan GM Korsel sudah berada di dalam kondisi yang aman, tinggal kita menantikan seperti apa hasil voting di akhir minggu ini dan seperti apa respon dari GM Korsel pasca menghadapi kondisi sulit ini. Jadi, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: