Mitsubishi Mirage Torehkan Efisiensi BBM Hingga 24 Km/Liter

by  in Mitsubishi&Nasional
Mitsubishi Mirage Torehkan Efisiensi BBM Hingga 24 Km/Liter
0  komentar

AutonetMagz.com – Kunci bersaing di kelas city car salah satunya adalah irit bahan bakar. Bukan hanya sekedar kunci, tapi itu adalah faktor yang krusial bagi beberapa golongan. Untuk itu, PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) yang menjadi APM Mitsubishi di Indonesia menggandeng Lembaga Teknologi Fakultas Teknik (LEMTEK) Universitas Indonesia untuk mencari tahu seberapa efisien Mitsubishi Mirage facelift menenggak bensin.

Pengujian efisiensi ini dilakukan pada 26-27 Oktober kemarin, dengan menempuh total jarak 407 km dan berbagai kondisi jalan (tol, dalam kota, perbukitan) dengan rute Jakarta-Ciawi-Bandung-Purwakarta. Dengan metode eco driving, hasil rata-rata konsumsi bahan bakar Mitsubishi Mirage facelift adalah 24,2 km/liter untuk yang manual dan 22 km/liter untuk yang CVT. Sementara angka terbaiknya adalah 28,72 km/liter (manual) dan 24.95 km/liter (CVT).

mitsubishi-indonesia-dan-mahasiswa-lemtek-ui

Bagaimana kondisi pengetesan? Untuk beban, setiap Mitsubishi Mirage membawa beban kisaran 136 kg, dan dengan kondisi AC menyala di fan speed level pertama. Tekanan ban pun sedikit dilebihkan hingga 3 Psi dibanding rekomendasi yang ada, dan bahan bakar yang dipakai adalah oktan 92. Oh ya, metode pengukurannya adalah dengan metode full to full dan semua varian Mirage ikut serta dites, mulai dari GLS, GLX hingga Exceed.

Sedikit tips dari salah satu mahasiswa UI yang mengendarai Mitsubishi Mirage manual, pergantian gigi sebaginya dilakukan di sekitar 2.500-3.500 rpm. Ia melakukannya karena setelah mencoba anjuran rekannya yang menyarankan ganti gigi di bawah 2.000 rpm, mobil ini tidak punya torsi yang cukup untuk berakselerasi dan terasa berat. Makanya, ia mengabaikan saran temannya dan mencoba perpindahan gigi di rpm yang lebih tinggi. Hasilnya? Tidak ada Mirage manual yang konsumsi BBM-nya di bawah 20 km/liter selama pengetesan.

review-new-mitsubishi-mirage-facelift-indonesia

Dari hasil pengujian, memang terdapat variasi angka yang diperoleh. Salah satu yang berkontribusi terhadap deviasi tersebut adalah karakter pengemudi. Tetapi perbedaan tersebut masih dalam range wajar untuk eco-driving,” tukas Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M. Eng, Direktur LEMTEK UI. Sebagai pengakuan, kemarin diadakan penyerahan sertifikat kepada KTB yang mengukuhkan pencapaian Mitsubishi Mirage.

Bagi user Mitsubishi Mirage, berapa konsumsi BBM terbaik yang pernah kamu capai? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: