Mitsubishi Indonesia Pisahkan Segmen Niaga dan Mobil Penumpang

by  in Mitsubishi&Nasional
Mitsubishi Indonesia Pisahkan Segmen Niaga dan Mobil Penumpang
0  komentar

AutonetMagz.com – Apa maksud dari judul di atas? Sebelumnya, biar kami ingatkan sedikit bahwa PT. Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang menjadi ATPM Mitsubishi di Indonesia sudah menjalankan bisnisnya selama 40 tahun lebih dengan mengurus segala jenis kendaraan Mitsubishi dalam satu atap. Segala jenis kendaraan berarti baik truk seperti Fuso atau mobil penumpang seperti Lancer, mereka semua yang mengurus dan bertanggung jawab.

Namun belakangan ini Mitsubishi Indonesia telah menyampaikan bahwa mereka akan mengubah struktur bisnis mereka.” Pada saat pasar otomotif Indonesia berkembang dengan pesat dan diprediksi akan terus meningkat, KTB bersama dengan para pemegang saham telah mempelajari bermacam kebijakan untuk mengoptimalkan bisnis, agar dapat memperluas bisnis kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini,menunjukkan bahwa hasil bisnis yang optimal akan dapat dicapai melalui pembagian operasional bisnis di bawah dua merek,” demikian pernyataan Mitsubishi.

Mitsubishi Fuso Canter HD-L

Untuk lebih rincinya, pasar kendaraan niaga atau Commercial Vehicle (CV) akan dinaungi merek Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), lalu untuk mobil biasa (Passanger Car/PC) dan kendaraan niaga ringan (Light Commercial Vehicle/ LCV) akan diurus oleh Mitsubishi Motors Corporation (MMC). Saat ini KTB adalah perusahaan manufaktur dan distributor untuk MFTBC dan MMC, rencananya bisnis yang terkait dengan MMC (PC dan LCV) akan dialihkan dari KTB saat ini.

Jadi, bisnis manufaktur MMC akan dialihkan ke PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), perusahaan baru yang berdiri pada Desember 2014 yang mengurus manufaktur produk-produk MMC. Lalu, bisnis distribusi MMC akan dialihkan ke perusahaan baru yang masih dipersiapkan, dan KTB akan ditata ulang sebagai perusahaan yang hanya bergerak di bisnis MFTBC, alias kendaraan niaga saja.

mitsubishi pajero mitsubishi delica dan mitsubishi outlander

Sistem baru ini akan efektif berjalan pada bulan April 2017, di tahun yang sama di mana pabrik baru Mitsubishi Indonesia sudah jadi dan Mitsubishi XM Concept akan menampakkan dirinya. Entah mengapa, kami merasa ini masih ada kaitannya dengan akuisisi Mitsubishi oleh Nissan, tapi… Ah, sudahlah, semoga saja sistem baru ini bisa memperlancar kiprah Mitsubishi.

Read Prev:
Read Next: