MINI Cooper 60th Anniversary : Cuma 740 Unit!

MINI Cooper 60th Anniversary : Cuma 740 Unit!
0  komentar

Autonetmagz.com – MINI Cooper bisa dikatatakan sebagai mobil yang sangat melekat pada brand MINI. MINI Cooper saat ini sudah berusia enam dasawarsa mengaspal di jalanan-jalanan seluruh dunia. Untuk menghormati inspirasi dari nama mobil ini, yakni John Cooper, MINI meluncurkan edisi spesial dari MINI yang dinamai dengan nama MINI Cooper 60th Anniversary yang dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik yang membuatnya terasa langka. Apa aja? Mari kita simak.

Ada Varian JCW Guise Khusus Untuk Edisi Spesial Ini

MINI Cooper 60th Anniversary ini terdiri dari tiga varian yang bisa anda pilih dan semuanya berbasis dari MINI Cooper 3-doors, yakni MINI Cooper, MNI Cooper S dan varian khusus edisi spesial ini, yakni JCW Guise. MINI Cooper varian JCW Guise ini mengaplikasikan British Racing Green sebagai hero color-nya, dengan dua pilihan warna lainnya seperti Midnight Black, dan Rebel Green. Untuk membuatnya terasa mencolok, semua pilihan warna tersebut ditemani dengan beberapa campuran aksen warna seperti Piano Black dan Putih. Hal lain yang menjadi penanda bahwa ini adalah MINI Cooper 60th Anniversary diawali dari pengaplikasian nomor 74 pada kedua pintu yang merupakan pengingat dan penghormatan atas kemenangan perdana untuk mobil legendaris ini pada lomba Lombank Trophy tahun 1961.

Dimana prestasi gemilang tersebut diteruskan dengan mencatat kemenangan lainnya di reli Monte Carlo tahun 1965 & 1967. Varian ini juga mendapatkan badge “Cooper” pada fender depan dan pilar C. Sedangkan pelek alloy yang dipakainya berukuran 18 inci dengan memakai ban RFT (Run Flat Tires). Ketika masuk ke interior dari MINI Cooper 60th Anniversary ini, kita disapa oleh jok Dinamica atau jok sporty berbahan kulit, steering wheel berbahan kulit Nappa dengan badge “Cooper“. Selain itu, pernak-pernik interior MINI Cooper 60th Anniversary ini terdiri dari trim Piano Black dengan aksen merah, pedal gas dan rem berbahan stainless steel beserta dashboard beserta kode tulisan “1 of 740” dengan kalimat “60 YEARS OF MINI COOPER – THE UNEXPECTED UNDERDOG” beserta tanda tangan dari tiga generasi keluarga Cooper, yakni John Cooper Sr, John Cooper Jr, dan Charlie Cooper.

Ornamen ini sebagai penanda bahwa ini adalah edisi spesial dari MINI Cooper. Apabila anda menginginkan fitur tambahan, MINI menawarkan paket Navigation PlusPack yang terdiri dari head unit berukuran 8,8 inci dengan Apple CarPlay, HUD (Heads-Up Display), dan Digital Instrument Display. Paket Comfort Pack juga tersedia untuk kenyamanan tambahan dari MINI yang terdiri dari Automatic Climate Control, Pemanas Kursi, Kamera mundur, Sensor parkir, dan Front Park Distance Control System.

Hanya Diproduksi Sebanyak 740 Unit

Ada tiga pilihan mesin yang bisa anda pilih untuk menemani perjalanan anda bersama MINI Cooper 60th Anniversary ini, yakni mesin 1.500cc 3 silinder Turbo dengan tenaga 136 PS dan torsi 219 Nm, mesin 2.000cc 4 silinder Turbo untuk varian MINI Cooper S dengan tenaga 192 PS dan torsi 279 Nm. Apabila dua pilihan tersebut belum mampu membuat anda tergoda, varian MINI Cooper JCW yang memiliki mesin tersangar yang sudah di-upgrade yang membuat angkanya naik menjadi 231 PS untuk tenaganya dan 318 Nm untuk torsinya. Harganya adalah 672 juta rupiah untuk varian Manual 6-Speed dan untuk varian bertransmisi Otomatis 8-Speed dihargai sebesar 702 juta rupiah. Untuk menyegel status-nya sebagai mobil edisi spesial, produksinya pun terbatas hingga 740 unit, dimana Inggris mendapat jatah sebanyak 60 unit.

Semoga MINI Cooper 60th Anniversary ini menjadi momen bersejarah bukan hanya untuk para penggemar MINI Cooper di seluruh dunia, namun juga sebagai momentum warisan dunia otomotif yang perlu dilestarikan, terutama bagi para keluarga Cooper, karena tanpa Cooper, kita tidak akan mengenal MINI Cooper seperti sekarang ini atau mungkin brand MINI secara keseluruhan. Apa tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: