Michelin Luncurkan Prototipe Ban Tanpa Udara untuk Menjelajahi Bulan

by  in  Berita & International
Michelin Luncurkan Prototipe Ban Tanpa Udara untuk Menjelajahi Bulan
0  komentar

AutonetMagz.com – Michelin tengah mengembangkan ban tanpa udara untuk kendaraan rover pada proyek yang akan beroperasi di Bulan selama satu dekade. Dengan mengeksplorasi kutub utara Bulan yang sebelumnya belum pernah dijamah, menjadi tujuan utama Program Artemis NASA untuk mendapatkan data ilmiah dan mencari air dalam bentuk es. Michelin akan membawa dua astronot untuk menjelajahi area terpencil dan mengambil sampel disana.

Dirancang Khusus Menyesuaikan Kondisi

1. Adhesi: Gravitasi bulan hanya seperenam dari gravitasi bumi, terlepas dari ukuran atau berat kendaraan. Kendaraan akan menghadapi kondisi yang lebih kompleks karena harus melewati tanjakan 20 derajat dengan tanah gembur. Untuk itu, diperlukan ban khusus yang dapat memberikan cengkraman optimal di berbagai jenis permukaan dengan luas bidang kontak yang maksimal. Hal ini mirip dengan bagaimana kita mengenakan sepatu salju yang kaku agar titik beban lebih merata saat berjalan.

2. Tidak ada atmosfer: Permukaan bulan tidak dilindungi oleh lapisan atmosfer. Level UV yang jauh lebih tinggi akan menyebabkan material lebih cepat rusak secara signifikan. Ban rover akan secara permanen menempel pada permukaan dan akan terus menerus terpapar sinar matahari dan UV. Ban juga harus memiliki resistensi terhadap radiasi elektromagnetik yang akan berdampak pada kinerja kendaraan dan ban. Sehingga, penting untuk melakukan riset mendalam terhadap material dan karakteristik tribologi (ilmu dan teknik untuk memahami fenomena gesekan, pelumasan, dan keausan),

Ilustrasi ban tanpa udara Michelin

3. Rolling-resistance rendah: Sebagian besar waktu rover akan dihabiskan di tempat teduh sehingga kendaraan tidak akan dapat mengisi baterai melalui panel surya secara berkala. Untuk itu, semua material dan desain Michelin harus mampu meminimalisir kebutuhan daya untuk dapat mempertahankan performa kendaraan. Semakin rendah resistensi yang dihadapi oleh ban untuk bergerak, semakin rendah pula daya yang dibutuhkan.

4. Ketahanan terhadap abrasi: pasir pada kutub selatan Bulan hampir tidak mengalami erosi. Hal tersebut menyebabkan pasir menjadi sangat agresif dan abrasif terhadap semua permukaan yang menyentuhnya. Untuk dapat berfungsi secara optimal selama 10 ribu KM atau 10 tahun dengan kemampuan melintasi berbagai medan seperti pasir, batu, dan kawah, ban rover harus terbuat dari material yang tangguh dengan kemampuan untuk mempertahankan performanya di segala kondisi.

5. Iklim: para ilmuwan berharap dapat menemukan air dalam bentuk es dengan suhu yang dapat mencapai minus 250 derajat Celsius hingga 100 derajat Celsius. Hal ini tidak dapat ditemukan di bumi dan hanya material tertentu melalui komposisi dan kemampuan untuk berubah bentuk yang akan mampu bertahan.

Dikembangkan di Prancis

Meskipun sampel batu bulan telah dibawa kembali dari misi sebelumnya, publikasi ilmiah adalah sumber referensi utama untuk para peneliti di Michelin. Melalui hal tersebut, Michelin menyadari bahwa kawasan vulkanik di wilayah Auvergne, Perancis – tidak jauh dari Kantor Pusat Michelin di Clermont-Ferrand di Massif Central – memiliki kemiripan dengan tanah di bulan dan menjadikannya lokasi yang tepat untuk pengujian.

Read Prev:
Read Next: