MG ZS EV Facelift Dirilis, Kapasitas Baterai Jadi Lebih Besar!

MG ZS EV Facelift Dirilis, Kapasitas Baterai Jadi Lebih Besar!
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingat dengan sosok MG ZS EV?? Yap, mobil listrik berbasis MG ZS yang sebelumnya sempat dipamerkan di IIMS 2021 dan pernah kami review walaupun hingga detik ini belum dijual. Pihak MG sendiri baru saja memberikan penyegaran pada MG ZS EV, dimana kini crossover bertenaga listrik ini telah menggunakan wajah baru yang senada dengan MG ZS facelift. Lantas, apakah ubahannya hanya di wajah depan dan desain semata? Ternyata tidak. Mari kita bahas lebih lanjut.

Wajah Baru, Baterai Baru

Sebelum membahas versi terbaru dari MG ZS EV, ada baiknya kita belajar sedikit mengenai sejarah mobil ini. Jadi, MG ZS EV pertama kali hadir di China pada tahun 2018 silam, dengan nama MG EZS. Nah, di China, MG ZS EV mencatatkan penjualan yang bagus berkat harga jualnya yang bersaing. Pun begitu saat MG ZS EV melebarkan sayapnya ke pasar Eropa. Nah, kini pihak MG memperbaharui crossover elektrik mereka ini dengan sejumlah ubahan. Pertama, secara desain, MG ZS EV facelift telah menggunakan wajah ala MG ZS facelift. Lampu depannya baru dengan desain yang lebih lancip dan modern. Selain itu, desain bumpernya juga kini mirip dengan MG ZS facelift, ada aura eropa-nya. Bedanya, di MG ZS EV tidak ada lubang grille seperti versi ICE. Oleh karenanya, wajah depan MG ZS EV facelift terlihat lebih clean dan minimalis. Di sebelah logo MG juga terdapat port untuk pengisian daya listrik. Selain itu, velg mobil ini juga baru, berbeda dengan velg bergaya tomahawk di versi ICE-nya.

Masuk ke sisi dalam, MG ZS EV juga mendapatkan ubahan yang senada dengan versi ICE. Kini MG ZS EV sudah memiliki sistem infotainment bernama iSMART dengan ukuran layar sentuh 10,1 inci yang memiliki fitur dan konektivitas yang lebih komplit. Kasarnya, ubahan secara eksterior dan interiornya sama masifnya seperti versi ICE. Lantas, selain maslaah estetika dan fitur, apa lagi yang berubah dari MG ZS EV facelift? Baterainya. Yap, MG ZS EV facelift dibekali baterai yang lebih besar dibandingkan versi terdahulu. Versi lawas menggunakan baterai 44,5 kWh yang mampu membuat MG ZS EV berjalan dari kondisi penuh hingga habis sejauh 262 kilometer. Sedangkan di MG ZS EV facelift menggunakan baterai berkapasitas 72 kWh yang memiliki range berkendara lebih jauh yaitu 439 kilometer. Namun, kalau kalian merasa opsi berbaterai 72 kWh terlalu wah, maka kalian bisa membeli opsi baterai lain dengan kapasitas 51 kWh. Opsi dengan baterai 51 kWh bisa berjalan sejauh 319 kilometer. Jadi, ada 2 opsi baterai di MG ZS EV facelift.

Harga Sekitar 500 Jutaan Rupiah

Walaupun sudah diperkenalkan secara resmi, namun pihak MG baru akan mengumumkan harga jual MG ZS EV facelift pada bulan November mendatang. Sebagai gambaran, prediksi harga jual MG ZS EV facelift dengan baterai 72 kWh ada di angka 34.990 Euro atau sekitar 575 jutaan Rupiah, sedangkan varian 51 kWh diprediksi di angka 30.990 Euro atau sekitar 509 jutaan Rupiah. MG sendiri mengklaim bahwa pengisian daya mobil ini jadi lebih cepat di versi terbaru. Sebagai gambaran, varian dengan baterai 72 kWh hanya perlu waktu 40 menit dari kondisi kosong hingga penuh menggunakan rapif charger 100 kW. Sedangkan di charger standar 7kW membutuhkan waktu 10,5 jam. Masih terbilang cepat kalau dibandingkan sejumlah mobil listrik lain yang dipasarkan di Indonesia. Lantas, apakah kalian juga berharap MG ZS EV versi terbaru ini segera menyusul versi ICE-nya di Indonesia?

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: