Mercedes-Benz Tak Lagi Tawarkan Transmisi Manual

by  in Mobil Baru
Mercedes-Benz Tak Lagi Tawarkan Transmisi Manual
0  komentar

AutonetMagz.com – Semakin hari, mobil-mobil baru dengan transmisi otomatis hadir dengan segala macam keunggulan dibanding transmisi manuak. Tidak perlu bikin pegal kaki kiri, tidak perlu oper gigi sendiri kalau tidak harus, perpindahan gigi makin cepat dan halus (Kecuali CVT yang tidak punya gigi), penyaluran tenaga makin efisien, akselerasi makin kuat dan banyak keunggulan lainnya. Tidak heran transmisi manual makin ditinggalkan.

Merek yang masih menawarkan transmisi manual tentu masih ada, khususnya di segmen mobil murah meski jumlahnya tak banyak. Naik ke level yang lebih mewah, kencang dan mahal pun, yang menawarkan transmisi manual hanya Honda, Mazda, Porsche, BMW, Aston Martin, Nissan dan segelintir merek lainnya. Merek-merek seperti Ferrari dan Lamborghini sudah ogah bikin mobil bertransmisi manual lagi, dan kini Mercedes-Benz mengikuti jejak mereka.

Jurnalis Autocar Inggris menyampaikan bahwa Kepala Operasi Litbang Mercedes-Benz, Markus Schaefer sudah mengonfirmasi bahwa Mercedes-Benz akan menghentikan pembuatan transmisi manual sebagai inisiatif untuk menghemat biaya, tak lupa juga akan adanya gerakan mengurangi platform secara substansial dan juga reduksi secara dramatis di mesin pembakaran dalam konvensional mereka. Singkatnya, sasis Mercedes-Benz dari model ke model akan kurang lebih sama saja, ukuran mesin juga akan mengecil.

Tentu saja ini untuk memudahkan Mercedes-Benz mempersiapkan masa depan mereka dengan mobil listrik. Daimler sendiri memang sudah punya rencana untuk mengurangi investasi untuk pengembangan mesin biasa secara besar-besaran. Kemungkinan besar yang akan jadi korban pertama adalah mesin diesel, mengingat standar gas buang di Eropa kian ketat dan mesin diesel susah untuk mencapat target tersebut.

Melalui gerakan ini, Mercedes-Benz berharap bisa mengurangi pengeluaran tetap hingga 20 persen di sekitar tahun 2025 dan mengurangi model bermesin bakar biasa hingga 70 persen menjelang 2030. Nampaknya gerakan untuk membuang transmisi manual tidak akan diprotes oleh konsumen Mercedes-Benz, toh semua model yang ditawarkan Mercedes-Benz di sini bertransmisi otomatis semua. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: