Mercedes-Benz S-Class Segera Berstatus Made in India!

Mercedes-Benz S-Class Segera Berstatus Made in India!
0  komentar

AutonetMagz.com – Siapa sih yang nggak kenal dengan Mercy S-Class?? Yap, mobil yang identik dengan kenyamanan dan kemewahan kelas wahid ini memang selalu menjadi opsi untuk pecinta saloon premium. Bahkan, tidak sedikit pejabat ataupun kepala negara yang menggunakan Mercedes-Benz S-Class sebagai kendaraan dinas mereka, tentunya dengan sejumlah upgrade keamanan seperti yang digunakan oleh Presiden Jokowi. Nah, apakah kalian tahu dimana Mercedes-Benz memproduksi S-Class? Di Jerman? Benar sekali, namun tak komplit. Karena sebentar lagi, Mercedes-Benz juga akan diproduksi di Negeri Bollywood, India. Yuk kita bahas.

Produksi di Pabrik Mercy di Chakan

Selama ini, Daimler memang hanya menggunakan pabrik di Sindelfingen, Jerman Selatan sebagai basis produksi untuk sonderklasse mereka. Namun, ternyata Daimler kini memiliki opsi lain untuk menjadi basis produksi S-klasse. Dalam waktu dekat ini, Mercedes-Benz akan memulai perakitan lokal Mercedes-Benz S-Class di India. Sementara, unit Mercedes-Benz S-Class rakitan India akan difokuskan untuk pasar lokal di sana saja. Dimana harga jual dari Mercedes-Benz S-Class terkoreksi cukup signifikan berkat status rakitan lokal India. Sebagai gambaran, Mercedes-Benz S-Class CBU Jerman dijual dengan banderol 21,7 hingga 21,9 juta Rupee. Kalau dirupiahkan, setara 4,15 hingga 4,18 Milyar Rupiah. Sebagai catatan, Mercedes-Benz S450 4MATIC Lux dipasarkan di Indonesia dengan harga 3,099 Milyar Off the Road. Lalu, berapa harga Mercedes-Benz S-Class rakitan India? Turun menjadi 17,5 juta Rupee atau setara 3,3 Milyar Rupiah menurut AutoCar India. Masih mahal sih, namun jelas perbedaan harganya mencapai seperempat dari harga awalnya.

Belum ada detail yang jelas mengenai Mercedes-Benz S-Class rakitan India, namun kabarnya beberapa fitur standar masih akan diberikan. Sebut saja sistem infotainment berukuran 12,8 inci dengan komposisi potrait, lalu digital instrumen cluster berukuran 12,3 inci, dan juga ambient light. Namun, ada isu juga bahwa sistem audio 4D lansiran Burmester dan juga rear seat entertainmentscreen akan absen di sonderklasse rakitan India. Hmm, tentunya agak sedikit suram jika kita melihat bocoran ini. Namun, yang jelas Mercedes-Benz S-Class rakitan India tidak akan berbeda secara spesifikasi umum yang digunakan. Mobil ini tentunya akan dibangun dengan basis MRA Platform milik Daimler, dan menawarkan sejumlah opsi mesin yang akan terbagi menjadi beberapa opsi. Tentunya, varian Mercedes-Benz S450 4MATIC yang juga dipasarkan di Indonesia juga akan dipasarkan di sana. Apakah nantinya model yang dijual di Indonesia akan didatangkan dari India? Bisa saja, namun kami ragu akan hal itu.

Diperkenalkan 7 oktober 2021

Selain varian S450 4MATIC yang memiliki tenaga 367 hp dan torsi 500 Nm, nampaknya Mercedes-Benz S-Class juga akan dijual dengan opsi S400d bermesin diesel dengan tenaga maksimal 335 hp dan torsi 700 Nm. Kok Diesel? Eits, ingatlah bahwa konsumen di India menyukai produk bermesin diesel. Terlihat dari banyaknya pabrikan yang menawarkan opsi mesin diesel untuk model – model yang kita kenal bermesin bensin di Indonesia ataupun pasar global. Mercedes-Benz sendiri kabarnya akan memperkenalkan secara resmi Mercedes-Benz S-Class rakitan India pada hari Kamis, 7 Oktober 2021 mendatang. Mereka akan memperkenalkan juga opsi varian yang dijual beserta harga jual resminya. Dengan diresmikannya Mercedes-Benz S-Class rakitan India, maka S-klasse akan melengkapi portfolio produksi Mercedes-Benz di Negeri Bollywood. Sebelumnya, Mercy India juga sudah memproduksi banyak mobil CKD seperti GLE Class, GLC Class, C-Class, dan banyak lainnya.

Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: