Mazda Siapkan Versi “Panas” Mazda 3

Mazda Siapkan Versi “Panas” Mazda 3
0  komentar

AutonetMagz.com – Di Amerika, Mazda 3 punya versi kencangnya yang bernama Mazdaspeed3. Mazdaspeed sendiri merupakan in house tuner Mazda, seperti halnya Nismo pada Nissan maupun GRMN pada Toyota. Namun, Mazdaspeed3 sudah berhenti diproduksi pada 2013 setelah 6 tahun wara-wiri di negeri Paman Sam. Dan akhirnya slot dari versi kencang hatchback Mazda pun kosong.

Nah, tahun ini kami mendapat kabar bahwa Mazda akan “menghidupkan kembali” hot hatchback ini. Menurut Autocar, seperti yang kami kutip dari Carscoops, hot hatch Jepang ini disinyalir baru akan muncul di 2021. Kemungkinan dapur pacunya adalah mesin SkyActiv-Turbo2.5L 4 silinder turbo seperti yang digunakan Mazda 6 Turbo dan Mazda CX-5 Turbo saat ini. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 250 HP dan torsi 420 Nm. Artinya, angka itu jauh lebih besar dari versi naturally aspirated (186 HP/ 252 Nm) SkyActiv-X yang digunakan saat ini.

Tidak banyak yang diketahui seputar mobil ini, termasuk akan menggunakan penggerak roda depan atau malah all- wheel drive. Untuk transmisi diharapkan Mazda menggunakan 6-speed manual untuk mengobati kekecewaan fans lantaran tidak tersedia di Mazda 6 versi Amerika. Manajer Program Mazda3, Kota Beppu enggan berkomentar lebih jauh soal mobil ini. Tapi Beppu memberi “kode” bahwa dia menginginkan ada versi Mazda3 yang lebih gahar dibandingkan dengan versi standar yang dijual saat ini.

Meskipun bertenaga besar, Beppu ingin agar mobil ini tetap “bersahabat dan bertanggung jawab, lebih bersahabat dari Golf GTI”. Itu berarti, Mazdaspeed3 akan mengimbangkan aspek kenyamanan dan juga aspek performa. Nah, kehadiran mobil ini sendiri bakal menjadi pelengkap dari varian Mazda3 yang sudah dijual secara global. Walau masih belum bisa disandingkan dengan Honda Civic Type-R yang punya tenaga maksimal diatas 300 PS, namun secara torsi, mobil ini masih bisa ngejabani si Type-R, malahan lebih tinggi.

Jadi, bagaimana menurut kalian terkait mobil ini?

Read Prev:
Read Next: