Mazda : Penerus Mobil Sport Rotary Kami Mungkin Pakai Turbo Elektrik

Mazda : Penerus Mobil Sport Rotary Kami Mungkin Pakai Turbo Elektrik
0  komentar
mazda rx vision

AutonetMagz.com – Harusnya, mobil sport rotary Mazda masih jauh di depan, karena diklaim baru siap dilempar ke publik pada tahun 2017 atau 2018, menjadi penerus dari klan Mazda RX-7 dan RX-8 yang sempat putus beberapa lama. Sejauh ini, tidak ada spy shot versi produksi yang berhasil ditangkap paparazzi, mungkin karena Mazda masih sibuk memikirkan mesinnya bisa kompetitif, utamanya dibanding mesin piston bensin turbo baru saat ini.

Berita terakhir, kami menyampaikan bahwa Mazda akan memakai hingga 50 engineer spesialis rotary agar mesin ini bisa selesai tepat waktu dan mencapai target yang diinginkan, di samping penggunaan sasis Mazda MX-5 sebagai tulang punggungnya. Yang sudah dikonfirmasi adalah, mobil yang konon akan dinamai Mazda RX-9 ini bisa saja memakai twin turbo seperti Mazda RX-7, demi mencapai target tenaga 450 hp.

mazda rx vision rear

Secara pribadi, mesin rotary dengan turbo atau kompressor saya rasa akan jadi mesin yang bagus. Dalam opini saya, mesin rotary itu perlu torsi besar di putaran rendah dan kecepatan rendah, dan versi sebelumnya tidak punya hal itu. Jika kami pakaikan turbo atau kompressor berukuran kecil, mungkin itu solusinya,” ucap asisten manajer drivetrain and powertrain Mazda, Tetsushi Marutani. Bukan opini lagi itu sih, memang fakta, karena torsi low-end RX-8 itu sangat kecil, misalnya.

Laporan lain menyatakan Mazda mau mempelajari sistem turbo atau kompresor elektrik seperti yang dipakai Audi. Sistem ini membuat turbo bisa nyala tidak hanya berkat tendangan gas buang dari mesin saja, melainkan dari tenaga listrik yang disuplai aki, tujuannya supaya tidak ada turbo lag. Jika takut membebani aki, bisa saja Mazda memberikan sumber listrik terpisah dalam bentuk lain, entah apa itu.

mazda rx vision interior

Namun mesin rotary 1.600 cc rotor ganda milik Mazda RX-Vision yang konon dinamai 16X ini akan membagi jenis turbonya, karena kemungkinan dari 2 turbo bawaannya, 1 merupakan turbo elektrik untuk putaran bawah-menengah dan 1 turbo biasa untuk putaran menengah-atas, supaya tenaganya selalu dapat. Kita doakan saja biar para engineer bisa berhasil dalam risetnya, karena kami sangat penasaran, apakah mesin rotary punya masa depan di tangan Mazda. Bagaimana opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Rockmeo

    mau usul donk autonetmagz bisa buat artikel mengenai jenis-jenis mesin yang ada saat ini seperti mesin rotari, boxer, V dll
    thx

    • Don Giovani

      betul…..saya yakin masih banyak pembaca yg belum sepenuhnya paham dg istilah2 tersebut.

    • R18A

      Iya bener, coba dong autonetmagz diulas artikel tentang apa itu mesin rotary, mesin boxer, mesin dengan konfiigurasi V, valvetronic, vanos, dll nya. Kaya yang waktu itu bikin artikel khusus tentang pengertian all new, biar semua orang jadi lebih paham tentang jenis-jenis mesin. Mungkin cukup lumayan jumlahnya pembaca yang belum begitu paham dengan jenis2 mesin tersebut.

    • Davis Jenson

      banyak di youtube kok

    • Davis Jenson

      di wikipedia juga ada

      • Rockmeo

        Yaelah ngapaen juga liat wikipedia kalo ada langsung sumber petrolhead ny di autonetmagz
        Lebih enak mas hanif,yuda or hilsat daripada wiki lah

        • Davis Jenson

          waduh dikasih tau malah ngeyel, lagian udah pernah dibahas kok mesin2 kayak V,Inline,Boxer,dll di grup autonetmagz fb, kudet banget ni orang haha

          • Hillarius Satrio

            ya kalo dia nggak join grup fb wajar dong kalo nggak tau, masalahnya nggak semua orang aktif fb (termasuk gue)

            boleh-boleh, nanti kita bikinin ya

          • Rockmeo

            Y kalo bisa minta dibuat artikel tersendiri g boleh gt?

    • Levy Simanjuntak

      Boxer tuh mesin piston yang posisinya tidur ky motor bebek dipake di veyron, subaru; V itu piston nya nyambung mbentuk ‘V’; inline piston jg cm dia b’baris lurus..; rotary… youtube aja deh ada semua kok :v

      • Aryo Wicaksono

        veyron boxer? salah Bang. veyron tuh W16. mesin boxer memang tidur, tapi harus ada pasangan berlawanan secara horizontal seperti gambar kanan atas. sebelah kiri berlawanan arah jarum jam mesin segaris, kemudian V flat plane, dan V cross plane.
        belum lagi ada mesin piston radial dan W. Rotari juga ada wankel dan quasi-turbine. mesin jet juga ada turbojet, low bypass turbofan untuk pesawat tempur, high bypass turbofan yang irit, turboprop, dan scram jet.
        aku serahkan kepada Bang Hilsat untuk penjelasan lebih lanjut.

      • Hillarius Satrio

        set dah, sejak kapan veyron pake boxer…

        • Levy Simanjuntak

          Iya om, ane salah hehe :v

      • Levy Simanjuntak

        Iya om om, ane salah om hehe :v

  • Rafi M. P.

    Sumber listrik mungkin yg dia maksud itu i-ELOOP

  • reyhan apriathama

    Mungkin ini mobil mazda pertama yang akan menganut sistem KERS (Kinetic Energy Recovery Systems) mantap nih klo jadi

  • Aryo Wicaksono

    asik, jadi turbo putaran rendah kalau mau lebih hemat bisa dimatikan, dong. 😀

  • nusantara nusantara

    turbo elektrik, sama kayak audi donk, katanya bisa dapet torsi di 1500 rpm y, mantab, semoga mesin rotary pake turbo jadi gak boros dan lolos euro 4

  • SemuaSukaTurbo

    Setuju dengan comment Rockmeo dibawah.

    Ayo Autonetmagz buat video penjelasan mengenai jenis-jenis mesin seperti in-line, boxer, rotary, V, dll. Biar masyarakat Indonesia makin “pintar” memilih mobil dan bisa mengapresiasi mobil-mobil yang bermesin tidak lazim.

    Maju terus Autonetmagz!

    • Davis Jenson

      perasaan di indonesia jarang deh mesin V,Boxer, apalagi rotary. banyaknya inline 4 doang, oiya, masyarakat indonesia yg anda maksud masyarakat yang mana ya? kalo orang awam disuruh apresiasi ga akan ngerti lah sama mesin2 gitu

      • Hillarius Satrio

        enggak apa-apa, kita mbahas mesin2 itu juga nggak ada salahnya. toh kalo pembaca seneng kita juga yang seneng, lagian ilmunya bermanfaat juga untuk bedain jenis-jenis mesin.

        kalo gue bahas ilmu cara mendapatkan pacar di sini, baru deh boleh protes.

        • Aryo Wicaksono

          kalau bahas pakai mobil apa yang paling gampang dapat pacar masih boleh, lah, Bang.

        • Davis Jenson

          oke deh