Mazda CX-X, SUV Hasil Kolaborasi Mazda & Toyota di Amerika

by  in Berita&International&Mazda
Mazda CX-X, SUV Hasil Kolaborasi Mazda & Toyota di Amerika
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita mengetahui bahwa Mazda dan juga Toyota punya hubungan yang baik, dan menjurus harmonis di kawasan Amerika Utara. Lihat saja kenyataan bahwa Toyota Yaris Sedan yang dijual di Kanada yang merupakan rebadge dan redesign dari mobil yang dikenal sebagai Mazda 2 Sedan. Dan kerjasama yang harmonis ini sendiri juga berkembang dan menghasilkan produk – produk baru, termasuk yang akan kita bahas kali ini.

Yap, sebuah kabar mengapung dari situs Motoring, dimana pihak Mazda dan Toyota memiliki sebuah gambaran dari sebuah SUV baru yang akan mereka jual di pasar Amerika. Mengapa SUV lagi? Ya, jawabannya sudah jelas, bahwa tren pasar di Amerika secara khusus, dan di pasar global secara umum memang bergeser ke segmen mobil ini. Dan jika ditelusuri, sebanyak 60% dari penjualan Mazda di Amerika Serikat adalah dari segmen ini, dimana di dalamnya bercokol Mazda CX-3, Mazda CX-5 dan Mazda CX-9. Lalu, apa yang spesial dari SUV terbaru Mazda ini? Dan apa namanya?

Ya, kalian sudah membacanya di judul, namanya sementara ini adalah Mazda CX-X atau kalau kita melihat tren jaman now dimana salah satu brand  smartphone kenamaan menggunakan ‘X’ yang berarti 10, maka bisa kita artikan bahwa CX-X adalah CX-10. Dan jika melihat nomenklatur dari Mazda, CX-X berarti akan berada di posisi yang lebih tinggi dari CX-9. Dan hal ini diamini oleh Head of Mazda North America, Masahiro Moro, dan juga President dan Global CEO Mazda, Masamichi Kogai. Kogai-san menyebut mobil ini sebagai CX-X, dan Moro-san menyebut bahwa pasar di Amerika Serikat menyukai SUV yang besar, dan juga dengan karakter yang commanding.

Jadi, bisa dipastikan Mazda CX-X tidak akan menjadi sebuah CUV yang kecil ataupun kompak, walaupun menurut Moro-san, pihak Mazda hingga saat ini belum menentukan seperti apa mobil ini ataupun seberapa besar dimensi dari mobil ini. Tak salah memang, karena mobil ini sendiri baru akan hadir di tahun 2021 mendatang, kok lama ya? Jawabannya adalah karena pabriknya belum ada, kawan. Masih ingat saat Mazda dan Toyota berencana membangun pabrik di Amerika Serikat? Nah, disanalah nantinya Mazda CX-X akan diproduksi, klop dengan bocoran kami sebelumnya kan. Namun Moro-san tak khawatir, karena pengembangan Mazda CX-X bisa dilakukan dengan cepat. Pihaknya memberi tahu, bahwa dengan platform yang mereka miliki sekarang, sangat memungkinkan untuk mengembangkan mobil dengan tempo yang singkat.

Mazda CX-X sendiri memang belum ketahuan seperti apa bentuk ataupun desainnya, namun ada selentingan bahwa garis desain dari model konsep Mazda Koeru yang muncul di 2015 bisa menjadi salah satu clue seperti apa garis desain Mazda CX-X akan dibuat. Sejauh ini, pihak Mazda dan Toyota sendiri memang bekerja sama untuk mengembangkan sebuah mesin bertenaga listrik, dan bisa jadi Mazda CX-X akan mendapatkan kehormatan untuk menggunakannya di masa depan. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: