Mazda Carol Jadi Kembaran Suzuki Alto di Jepang

Mazda Carol Jadi Kembaran Suzuki Alto di Jepang
0  komentar
Cover-Mazda-Carol

AutonetMagz.com – Suzuki dan Mazda kelihatannya sedang akrab-akrabnya belakangan ini. Bukti nyata yang bisa dilihat di negara kita adalah munculnya Mazda VX-1 yang wujudnya sama persis dengan Suzuki Ertiga, tentu saja dengan secuil perbedaan. Lah, itu kan di Indonesia, kalau di negara lain ada juga nggak? Ada kok, dan kali ini terjadi di negara asal mereka berdua, di Jepang. Mazda baru saja me-rebadge kei car Suzuki Alto dan mengganti namanya menjadi Mazda Carol.

Sama dengan Ertiga dan VX-1, Alto dan Carol sebenarnya tidak memiliki perbedaan signifikan, baik di luar maupun di dalam. Lihat saja eksteriornya, hal yang membedakan Carol dari Alto hanyalah logo Mazda yang menggusur logo Suzuki dan dop velg berdesain baru.

Interior-Mazda-Carol

Di luar saja bedanya sedikit, apalagi bagian dalamnya. Tak ada yang berubah dari interior Alto selain logo Mazda di setir Carol. Sisanya, semua sama persis dengan Suzuki Alto, baik dari segi akomodasi, fitur, dan lain-lain. Fitur keselamatan seperti collision avoidance system, stability control dan hill hold function juga masih ada. Sayangnya, fitur terakhir tidak hadir di varian manual.

Di balik kap mesinnya yang mungil, ada mesin bensin 660 cc 3 silinder yang hadir dalam varian VVT dan non-VVT. Versi non-VVT punya tenaga 48 HP di 6.500 rpm dan torsi 58 Nm di 4.000 rpm, sementara versi VVT lebih baik dengan tenaga 51 HP dan torsi 63 Nm, dan semuanya diraih di putaran mesin yang sama dengan versi non-VVT. Carol juga hadir dalam pilihan penggerak FWD dan 4WD.

Mazda-Carol

Carol versi non-VVT hanya hadir dalam transmisi manual 5 percepatan, sementara versi VVT punya pilihan transmisi AMT 5 percepatan dan CVT. Berdasarkan hasil tes di Jepang, Carol VVT bisa meraih konsumsi BBM sehemat 37 kilometer per liter, sementara versi non-VVT ‘hanya’ meraih 27,3 kilometer per liter. Selisih 10 kilometer per liter kelihatannya memang besar, tapi versi non-VVT masih sangat irit, ya kan?

Mazda akan mulai menjual Carol di tanggal 30 Januari, dengan harga pembuka 847,8 ribu yen atau ada di kisaran 88,5 juta rupiah, sama persis dengan harga Suzuki Alto. Ehem, setelah VX-1 dan Ertiga, sekarang Carol dan Alto. Menurut anda kira-kira nanti apa lagi ya yang kembar dari Mazda dan Suzuki? Sampaikan di kolom komentar ya!

Read Prev:
Read Next:
  • okisyauqi

    Itu ada audionya gak sih?

    • Hillarius Satrio

      nggak ada, kosongan

  • Adrian Nugraha

    Bagus,tapi kok ngak pakai kodo desing sih???

    • rizki

      Biasanya kalo rebadging sesuai model asalnya cuma diganti dikit